Post Top Ad

Post Top Ad

5 Manfaat Gemar Silaturahmi Ketika Lebaran

Manfaat Gemar Silaturahmi Saat Lebaran

5 manfaat gemar silaturahmi - Pada dasarnya silaturahmi ialah suatu bentuk interaksi antar sesama manusia yang mana mereka saling membagi kebahagiaan, memberi senyum sapa dan harta untuk mempererat hubungan persaudaraan ataupun persahabatan yang dapat dilakukan dengan cara bertamu ke rumah saudara, teman dan lain-lain.

Dan hal ini pun umumnya sering menjadi tradisi dikebanyakan daerah ketika hari raya Idulfitri tiba. Agar kamu makin termotivasi untuk menjalin silaturahmi saat lebaran nanti, berikut merupakan beberapa kutipan ayat Alquran dan hadits yang menjabarkan tentang manfaat dan keutamaan luar biasa dari silaturahmi.

9 Cara Lekas Bangkit dari Kegagalan

5-manfaat-gemar-silaturahmi-ketika-lebaran
Sumber foto Alkhoirot.net (aliaarf.com)

Dengan Silaturahmi Kamu Telah Menjalankan Salah Satu Perintah-Nya

Agar tercipta rasa saling peduli dan kedamaian antar sesama manusia, Allah memerintahkan kepada seluruh hamba-Nya untuk silaturahmi. Hal ini bisa kamu lakukan kapan saja yang terpenting sesuai dengan syariat Islam. Khususnya saat momen lebaran yang menjadi waktu yang paling tepat untuk kamu bersilaturahmi.

Seperti halnya yang diterangkan dalam Alquran Surat An-Nisa ayat 1 yang memiliki arti bahwasanya Allah Azawazala berfirman untuk bertaqwalah pada Allah Taala yang dengan menggunakan nama-Nya kamu akan saling meminta satu sama lain, dan jagalah atau peliharalah hubungan silaturahmi tersebut. Dan sesungguhnya Allah SWT selalu mengawasi dan manjaga kamu, Maha Benar Allah atas segala firmannya.

Sebagai Tanda Beriman Kepada Allah SWT

Selain melakukan ibadah salat, zakat ataupun haji, silaturahmi juga termasuk perilaku yang menandakan seseorang beriman pada Allah SWT. Dengan begitu, agar meningkat keimanan kita ada baiknya upayakan untuk selalu menjaga silaturahmi atau bahkan menambah silaturahmi kita.

Hal inipun dijelaskan dalam hadis Bukhari yang artinya; 'Barangsiapa yang beriman pada Allah SWT dan hari akhir maka hendaknya ia memuliakan tamunya, barangsiapa yang beriman pada Allah SWT di hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi, dan barangsiapa yang beriman pada Allah Azawajallah dan hari akhir maka hendaknya ia berkata baik atau diam'.

Dipanjangkan Umur dan Dilapangkan Rezekinya

Namun, jika kamu memiliki masalah apabila kamu belum mempunyai harta yang cukup untuk melakukan sedekah pada orang lain, maka kamu bisa membiasakan diri untuk bersilaturahmi sebagaimana Allah Azawajalla menjamin atas rezeki yang luas dan dipanjangkan umurnya terhadap orang yang suka dengan bersilaturahmi. Jadi, Dears, manfaatkan dengan baik waktu lebaran mu nanti untuk silaturahmi ya.

Pernyataan di atas diperkuat dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, arti dari hadis tersebut ialah 'Barangsiapa yang senang diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.'

Dijamin Masuk Surga dan Dijauhkan dari Neraka

Sudah menjadi sebuah kepastian bila mana kita melakukan segala bentuk kebaikan maka akan mendapat balasan surga serta dijauhkan dari neraka termasuk jika melakukan silaturahmi. Dan yang pastinya orang yang menjalankan silaturahmi ini tidak mengabaikan ibadah lain yang lebih utama seperti salat dan lainnya sebagaimana yang perintah Allah Azawajalah.

Adapun hadis yang menerangkan hal ini ialah dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, dalam hadis tersebut kalau kamu menyembah Allah SWT dan tidak melakukan menyekutukan sesuatu apapun dengan-Nya, senantiasa mendirikan shalat, selalu menunaikan zakat, dan juga menyambung tali silaturahmi antar kalian.

Dan dalam suatu riwayat dari Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda; Apabila dia berpegang dengan apa yang kuperintahkan padanya, sesungguhnya orang itu akan masuk surga di akhirat kelak.

Silaturahmi ke Keluarga Dekat Didahulukan daripada Orang Lain

Rasulullah memerintahkan agar umat muslim lebih mengutamakan silaturahmi atau sedekah pada keluarga ataupun kerabat terdekat daripada ke orang lain. Jadi, kita sebagai umat muslim harus mendahulukan untuk mempererat silaturahmi pada keluarga dekat atau inti terlebih dahulu seperti kepada kedua orang tua kita maupun saudara kandung barulah kemudian ke kerabat dekat, tetangga, teman lalu pada orang lain.

Karena akan menjadi hal yang sia-sia bila hubungan seseorang dengan orang lain sangat baik namun pada keluarganya sendiri masih renggang bahkan tidak hangat dalam berkomunikasi dan seringnya saling berselisih serta bertengkar lantaran suatu hal.

Pada hadis riwayat Tirmizi dikatakan yang artinya 'Sedekah pada orang miskin ialah sedekah dan kepada keluarga sendiri mendapat 2 pahala; sedekah dan silaturahmi'.
Itulah beberapa firman Allah SWT dan hadis-hadis yang menjelaskan mengenai pentingnya silaturahmi. Bahkan kepada orang yang berbuat dzalim pun, dalam Islam silaturahmi tetap dianjurkan oleh Baginda Rasulullah SAW selama masih bisa disikapi dengan baik, tak membahayakan kita, dan tidak pula membawa pada hal negatif.

Karena pada hakikatnya tidak sedikit di kalangan manusia yang awalnya mempunyai hubungan buruk dan saling berselisih antara satu dengan yang lainnya. Namun, pada akhirnya kembali baik setelah terjalin hubungan komunikasi yang lebih baik, dekat dan lebih hangat seperti jalinan silaturahmi. Gimana, dears, sudah siapkan semua hal untuk menyambut lebaran dengan penuh kebahagiaan?

Sumber referensi IND times

No comments:

Post a Comment