Post Top Ad

Post Top Ad

9 Cara Lekas Bangkit dari Kegagalan

9 cara lekas bangkit dari kegagalan - Tak selamanya kenyataan sejalan dengan keinginan kita. Lika liku hidup menyadarkan akan kenyataan yang acap kali di luar ekspektasi, bahkan bisa menghempaskan kita dari harapan yang didamba-dambakan. Seperti halnya kegagalan, yang kedatangannya tak pernah diundang apalagi diharapkan numpang lewat. Tak seorang pun menginginkannya.

Namun nyatanya semua orang pasti pernah mengalami gagal. Nah, yang menjadi pembeda ialah bagaimana kita menyikapi kegagalan itu sendiri. Ada orang yang terus merutuki keadaannya sambil mencari-cari alasan maupun kesalahan orang lain, tapi ada juga yang bangkit dan menjadikan kegagalannya sebagai pijakkan agar tak jatuh di lubang yang sama.

Jasa Jam Tayang Youtube Pakai Pasarview Saja

9-cara-lekas-bangkit-dari-kegagalan
Lakukan 9 Cara Ini Agar Kamu Lekas Bangkit dari Kegagalan, foto Motifator

Meskipun kegagalan adalah momok yang menakutkan bagi banyak orang. Akan tetapi kamu harus mampu menghadapi serta bangkit lalu move on untuk menggapai kesuksesan. Memang tak mudah untuk bangkit dari keterpurukan, namun bukan hal mustahil untuk mencapai puncak, jika kamu terus mengobarkan semangat dan bekerja keras.

9 Tips Lekas Bangkit dari Kegagalan

Terus, bagaimana cara lekas bangkit dari kegagalan agar kita bisa kembali bersemangat? Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini beberapa cara menghadapi kegagalan supaya kamu bisa cepat bangkit dan move on.

Senyum

Kegagalan yang menaungi kamu pasti memberikan rasa kecewa hingga membekas karena segala usaha yang dilakukan terkesan jadi tak berarti dan sia-sia. Walaupun demikian, kamu harus tau dan ingat kalau kamu berhak bahagia. Jangan biarkan gagal menghilangkan senyum manis di wajah mu, Dears.

Jika kamu menghadapi kegagalan dengan hati lapang dan sabar serta diiringi senyuman, dijamin kamu jadi merasa lebih lega dan tak larut dalam keterpurukan lagi. Sehingga, kamu pun siap melangkah jauh untuk meraih sukses. Jadi, mulailah tersenyum, pasang senyum manis itu di wajah kamu, ya manis.

Kegagalan ialah Proses Menuju Keberhasilan

Gagal memang hal yang menyakitkan. Tetapi kamu harus percaya kalau kegagalan itu sendiri yang akan menguatkan dirimu agar dapat kembali bangkit. Ingat, tidak ada kesuksesan yang dicapai dengan instan, semua pasti dilalui dengan proses panjang yang penuh rintangan, salah satunya gagal.

Ketika mengalami kegagalan, jangan takut. Tetap positive thinking dan open mind, karena di saat itulah kamu akan belajar tentang banyak hal termasuk dirimu yang tengah ditempa sebelum menerima keberhasilan yang gemilang. Jadi, keep on positive and learn, Dears.

Belajar dari Pengalaman

Pelajaran hidup tak melulu dari pengalaman pribadi, kamu bisa mangambil dari pengalaman orang lain. Tak ada salahnya kalau kita belajar dari pengalaman orang lain, dari kisah kegagalan yang pernah mereka lalui. Agar kamu tidak mengalami kegagalan tersebut.

Kalaupun kamu pernah mengalaminya, cara lekas bangkit dari kegagalan ini bukan sesuatu hal yang buruk untuk dijadikan bahan renungan serta pelajaran. Dari pengalaman gagal itu setidaknya memberi kesempatan baru supaya kamu belajar lebih baik lagi. Sekalipun kamu gagal hingga berkali-kali, dari situ kamu punya banyak kesempatan untuk belajar berkali-kali pula.

Bukankah pengalaman merupakan guru yang terbaik? Begitupun dengan pengalaman kegagalan yang kamu alami, gunakan pengalaman tersebut dan jadikan hal ini sebagai guru terbaik untuk menghadapi tahapan selanjutnya dalam hidup mu, Dears.

Optimis

Kalau ingin bangkit dari kegagalan maka kamu wajib memiliki sikap optimis. Dengan selalu berpikir positif atas kegagalan yang pernah kamu alami kemudian mengubah rasa gagal itu menjadi semangat baru untuk membuka lembaran baru dan meraih sukses.

Kecewa ataupun bersedih saat gagal boleh-boleh saja, tapi bukan berarti hal itu membuat kamu larut dan lama-lama dalam kesedihan sampai-sampai merasa putus asa. Ambil lah hikmah dari segala kegagalan yang kamu hadapi dan jadikan semua itu sebagai pengalaman yang berharga agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Lebih Peka pada Kegagalan

9 cara lekas bangkit dari kegagalan selanjutnya yakni ditiap keputusan yang kamu buat apapun itu, pasti pilihan tersebut memiliki konsekuensi. Dari situ, kita akan lebih peka dalam mendeteksi dari berbagai potensi kegagalan.

Tiap pilihan yang diambil, pasti akan berujung di hasil yang berbeda. Bila kamu mengalami kegagalan hari ini, maka esok hari atau dilain kesempatan kamu bisa menghindari hal tersebut di lain waktu.

Oleh karena itu, mestinya ada kepekaan di dalam dirimu, Dears. Karena sering kali ditemukan orang yang gagal hingga ratusan kali, tapi tak mampu mengambil pembelajaran secuil pun dari pengalaman tersebut.

Melatih Ketabahan

Salah satu cara agar kamu sukses untuk bangkit dari gagal yaitu sikap tabah. Memang sikap ini tak bisa muncul pada dirimu begitu saja. Sebab tiap orang mempunyai kepribadian yang beda satu dengan lainnya.

Walaupun begitu, sebetulnya sikap ini bisa kamu latih, kok, Dears. Jika sudah mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memunculkan kemungkinan gagal, baiknya kamu harus merencanakan target-target baru.

Segera Bangkit dari Kegagalan

Sudah banyak orang telah mengalami berbagai kegagalan saat mereka mencoba tuk meraih target. Dan harus diakui, bangkit dari kegagalan ialah hal yang cukup sulit. Kendati seperti itu, kamu tak boleh langsung menyerah begitu saja tapi kamu harusnya bangkit dan tetap berjuang.

Tiap orang berhak untuk mengawali hidup barunya, pun dengan dirimu, Dears. Entah itu dalam hal karier, hubungan pasangan hidup, atau bahkan tuk menjalin kembali hubungan keluarga yang telah lama putus.

Apapun situasinya kamu harus tetap menjalani hidup, walaupun banyak hal-hal buruk tengah terjadi. Nikmati tiap prosesnya, supaya kamu dapat menerima kenyataan dengan legawa dan sesegera mungkin bangkit dari keadaan terpuruk.

Tidak Menyerah

Meskipun kamu diselimuti kegagalan bertubi-tubi, namun bukan berarti hidup mu berakhir, Dears. Rasa sedih, kecewa, hingga gagal siapapun pernah mengalami hal demikian. Hei! Bill Gates gagal dalam percobaannya tidak hanya sekali dua kali, lho. Ia gagal sampai berkali-kali setelah itu barulah beliau berhasil.

Gagal merupakan sesuatu hal yang mudah, namun tidak menyerah kemudian bangkit itu butuh keberanian dan keteguhan hati tuk melewatinya meski sulit hingga terseok-seok. Mungkin dirimu saat ini merasa hidup sudah hancur berkeping-keping, seolah bak pecahan kaca yang tak mungkin utuh seperti semula.

Walau demikian, percayalah, Dears, seiring waktu berjalan semuanya akan baik-baik saja. Mungkin jika kamu berdamai dengan waktu, kamu akan menemukan keyakinan mu kembali hingga dirimu berhasil menyingkirkan masa-masa kelam, asalkan kamu tidak menyerah.

Dukungan dari Orang Terdekat

Di saat-saat jatuh terpuruk atau tertimpa kegagalan, seseorang pasti butuh motivasi dan semangat dari orang terdekat. Di kala kamu mengalami gagal tak ada salahnya berbagi orang terdekat untuk mu misal dengan pasangan baik itu istri atau suami, sahabat, maupun orang tua.

Dukungan morel berupa hal-hal positif walaupun hanya sekadar kata semangat dari orang terdekat bagi mereka yang tengah terpuruk biasanya ampuh menambah semangatnya dan kembali bangkit untuk terus berjuang hingga meraih sukses.

Karena dengan dukungan tersebut kamu akan mendapatkan energi positif lebih dan membuat semangat hidup kembali. Di saat seperti ini pula kamu jadi lebih tau, mana saja orang yang benar-benar tulus mendukung mu meski keadaan mu jauh dari kata baik.

Pada mulanya mungkin dirimu sulit tuk menjalaninya hingga tertatih tatih bahkan jatuh bangun, namun semua itu proses yang harus dilalui agar kamu menjadi personal yang memiliki kualitas terbaik, baik itu dilihat dari outside or inside.

Semoga uraian langkah-langkah untuk bangkit dari keterpurukan ini dapat membantu teman-teman yang tengah down, dan setelah membaca artikel 9 cara lekas bangkit dari kegagalan bisa menata apa yang perlu diperbaharui dihidupmu. Dan tentunya semoga tulisan ini memberi manfaat dan memetik sisi positifnya bagi si pembaca maupun penulis.

Fight your weakness and get back your faith. God bless you, Dears.

21 comments:

  1. Aaah jadi terugugu sendiri dipojokan, baca ini bikin saya sadar betapa egoisnya kita terhadap diri sendiri. harus senyuuuum... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya saya tulis ini, lebih untuk semangati diri sendiri :),, dan moga² yang baca pun semangat kembali,, hehe

      Delete
  2. Bagus banget tipsnya mba, memang kadang ketika kita mendapatkan kegagalan dalam sebuah usaha, tidak mudah untuk menerima. Suka gondok juga sama yg berhasil. Kenapa dia bisa? Kenapa bukan saya? Itulah yg harus diperbaiki, ikhlas kunci utamanya ya. Terima kasih mba ..

    ReplyDelete
  3. Menjalani kehidupan tidak akan selalu berjalan mulus. Ada ujian yang akan menghadang, termasuk kegagalan. Tipsnya membantu menyemangati diri agar tidak terus terpaku dengan kegagalan yang dihadapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip mba, kegagalan itu dihafapi bukan diratapi yes :)

      Delete
  4. Poin pertama, jarang dilakukan, padahal ternyata efeknya dahsyat banget ya mba... mulai dari senyum untuk bangkit kembali... tetep semangat.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Lagi pula senyum itu ibadah nilai plus plus plusnya banyak,, hehe
      Syemangaaatsss

      Delete
  5. Dari kegagalan kita belajar untuk lebih baik. Meski awalnya pasti berat ya mbak.. Tapi kalau kita bisa memetik hikmahnya pasti ada hal baik di dalamnya. Terima kakas tipsnya mbak.. Bermanfaat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama
      Insya Allah hikmah yang didapat lebih besar :)

      Delete
  6. Ah saya jadi semangat baca ini! Hadapi dengan senyuman, kegagalan memang sulit untuk diterima, tapi bukan berarti tidak bisa diterima. Beri apresiasi ke diri kita bahwa kita brrharga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,, bener banget mba... Because we are precious

      Delete
  7. Betul. Setiap orang pasti pernah gagal. Yang membedakan hanyalah cara kita untuk bertahan dan bangkit. Sip, mbak ��

    ReplyDelete
  8. Kegagalan merupakan pembelajaran untuk melangkah ke depan. Gagal bangkit gagal bangkit ..lagi dan lagi sampai Yang Kuasa memanggil kita pulang!
    Tips yang inspiratif!

    ReplyDelete
  9. kalau aku lakukan ini: mengkhayal, bermimpi dan berlari hehehe

    ReplyDelete
  10. Mbak, aku salfok sama judulnya. Itu kok ada 2 ya? 🙈

    Lepas dari itu, tentang kegagalan. Rasanya semua orang memungkinkan untuk mengalami ini. Tinggal mau legowo untuk nerima dan bangkit atau nggak. Ini jadi ngingetin diri sama sekian banyak kegagalan yang pernah dilalui. Rasanya emang pahit. Tapi di balik rasa pahit itu, ternyata Allah kasih sesuatu yang jauh lebih manis untuk menggantikannya.

    ReplyDelete
  11. Yuo banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kegagalan ya Mbak. Bahkan orang yang sukses dan berhasil saat ini pun pastinya adalah orang yang juga pernah mengalami gagal dalam hidupnya namun tak pernah mengenal jata menyerah.

    ReplyDelete
  12. Thanks mba tipsnya. Cara terbaik vangkit dari kegagalaa adalah optimis untuk memulai kembali, dengan belajara dari pengalaman sebelumnya entah itu diri sendiri maupun orang lain.

    ReplyDelete
  13. gagal ya coba lagi, gagal lagi coba lagi dan coba terus, sampai jatah gagal ku habis

    ReplyDelete
  14. Yes, setuju jika gagal bangkitlah, karena gagal bukan akhir segalanya

    ReplyDelete
  15. memang super effort banget ketika mendapatkan kegagalan dan salut banget bagi orang-orang yang mengalami kegagalan namun bisa bangkit dan tetap optimis.

    ReplyDelete