Cara Tepat Optimalkan Tumbuh Kembang Buah Hati

Bagaimana cara optimalkan tumbuh kembang si buah hati dengan baik dan tepat? Ingin pertumbuhan si kecil berjalan secara optimal di usia toddler, prasekolah, dan usia sekolah? Agar kebutuhan anak terpenuhi dengan baik pada masa-masa ini mesti dijalankan dengan benar dan menyenangkan. Hal ini tentunya membutuhkan perhatian khusus Ayah dan Bunda secara intens.

Dalam masa toddler umur 1-3 tahun, prasekolah usia 3-6 tahun, dan sekolah 5-6 tahun merupakan moment yang paling krusial bagi orangtua untuk menyiapkan fase tumbuh kembangnya, supaya si kecil mempunyai fondasi pada pertumbuhan mental, fisik, maupun kecakapan dalam bersosialisasi. Sehingga saat buah hati Bunda mengeksplorasi berbagai hal tetap terlindungi dan mampu mencapai impiannya.

Baca juga

Manfaat MPASI dari Bahan Organik untuk Buah hati Bunda


optimalkan-tumbuh-kembang-si-buah-hati
foto dari wyeth nutrition

Demi memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati tetap terjaga di masa-masa itu Dancow https://www.dancow.co.id/ menghadirkan Dancow Nutritod 1+ untuk anak masa toddler, Dancow Nutritod 3+ bagi si kecil yang menginjak usia prasekolah, dan Dancow Fortygrow untuk anak usia sekolah. Jadi Bunda tak perlu bingung atau risau sebab produk Dancow telah terbukti aman plus bisa diandalkan mengenai hal tersebut.

Adapun nutrisi yang harus dimiliki anak di moment itu seperti zink, zat besi, probiotik serta prebiotik, vitamin C, vitamin D, dan 0 gram sukrosa. Nutrisi ini bisa diperoleh dari makanan berupa buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu.

Tahapan Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Buah Hati

Tahapa Toddler 1-3 Tahun

Di usia dini ini akan menunjukkan kemampuan berkembang seiring bertambahnya umur. Ketika anak beranjak 1 tahun dia mulai belajar berjalan sendiri, menunjuk sesuatu, dan mencoba menyebut objek yang ia ketahui. Usia 2 tahun kemampuannya dalam hal bahasa, social, motorik, dan kognitif akan makin meningkat. Umumnya ia mulai berinteraksi dengan teman sebaya.

Umur 3 tahun terbilang masuk masa usia prasekolah, si buah hati tentu akan semakin bertambah kemampuannya apabila Ayah Bunda memberikan stimulasi yan tepat. Ia mulai pandai berhitung dan memperlihatkan emosinya.

Mengoptimalkan pertumbuhannya di masa toddler dapat Bunda lakukan dengan berbagai hal seperti membacakannya dongeng, mengajak anak bergerak dengan lagu, dan mengenalkan serta mengapresiasikan perasaan.

Tahap Prasekolah 3-6 Tahun

Tahapan ini anak akan menyerap semua info yang diterima untuk merangsang saraf di otaknya. Bukan hanya fungsi kognitif yang dibutuhkan saat proses tumbuh kembangnya, peran lingkungan sekitarnya juga turut andil untuk buah hati mencapai keberhasilan perkembangannya secara optimal. Namun masa inipun memungkinkan anak terkena skrining autism dimana si kecil mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan.

Supaya mencegah hal-hal yang bersifat negative kamu bisa mengaplikasikan beberapa cara ini selama masa prasekolah si kecil, yakni;

- Memperkuat Mental Buah Hati

Keterampilan kognitif pada masa prasekolah seperti mengingat, berpikir, memahami, menalar, memecahkan masalah, dan belajar. Mesti Ayah Bunda optimalkan saat usia tersebut sebab hal ini menjadi pendukung untuk membentuk mental si kecil jadi lebih kuat.

- Memenuhi Semua Asupan Nutrisinya


- Mengajak Bersosialisasi


- Memberi Perlindungan Tubuh


- Stimulasi Gerak Si Kecil


Tahap Usia Sekolah

Tak jauh beda dengan masa prasekolah tahap ini juga terdapat warning pada masalah anak yang terhambat pertumbuhannya atau biasa dikenal stunting. Hasil riset menunjukkan kalau anak Indonesia yang menghadapi problem stunting ini ada 31% dan diperkirakan 70% anak Indonesia hanya mendapatkan sedikit nutrisi dan makanan yang dikonsumsi harian.

Adapun cara terbaik mengoptimalkan pertumbuhannya di masa usia sekolah ini ialah:

- Memberikan Asupan dengan Gizi Seimbang

- Minimal 1 Jam Per Hari Mengajak Anak Beraktivitas

- Contoh yang Baik untuk Si Kecil

- Memberi Minum Susu Bernutrisi Secara Rutin

- Tidur dengan cukup dan teratur

Melihat banyaknya hal positive dan juga terdapat beberapa hal negative selama perjalanan semua tahapan ini, tentu sangat dibutuhkan peranan orangtua untuk melindungi langkah eksplorasi si kecil. Sangat dianjurkan untuk Ayah dan Bunda Memberikan Dancow sesuai masa pertumbuhannya, yakni Dancow Nutritod 1+, Dancow Nutritod 3+, dan Dancow FortiGrow. Optimalkan tumbuh kembang si buah hati dengan Dancow.

No comments for "Cara Tepat Optimalkan Tumbuh Kembang Buah Hati"