SEO Moms Community Tempat belajar SEO Bareng Moms dan Calon Moms

SEO Moms Community merupakan wadah bagi para moms dan calon moms untuk belajar SEO atau Search Engine Optimization. Bagi orang-orang yang menggeluti dunia blog tentunya edukasi mengenai SEO sangatlah penting.

Nah, komunitas satu ini adalah salah satu pilihan terbaik bagi kaum hawa mendalami hal demikian dengan mudah sehingga para pemula pun dapat memahaminya. Menariknya walaupun terbilang baru yakni sekitar tahun 2020 didirikan namun member SEMOC saat ini ada banyak dan tersebar dibeberapa wilayah nusantara.

Baca juga

Cara Mencuci Jaket Kulit dan Perawatannya


seo-moms-community-tempat-belajar-seo


Menjadi blogger perempuan Indonesia tidak cukup hanya tahu menulis kemudian post konten, terdapat banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami diantaranya SEO ini. Jika kita mempelajari basic SEO maka artikel kamu akan cepat dirayapi mesin pencarian serta hinggap di tempat teratas terutama pada mesin pencari Google.

Semakain menarik bukan pembahasan komunitas emak-emak satu ini? Yuk, ulik lebih dalam community ini.

Kisah Terbentuknya SEO Moms Community

Awal terbentuk komunitas ini berasal dari seorang pria yang lahir dan besar di Borneo tepatnya Pontianak Kalimantan Timur, beliau bernama M. Sahlan tapi ia lebih dikenal dengan panggilan akrab mas Qbank. Pasti kamu bingung kok laki-laki jadi pendiri komunitas emak-emak? Umumnya kan perempuan yang menjadi founder forum wanita juga.

Ada apa gerang dengan pria satu ini!? Hal ini tak lain karena didasari rasa kasih sayang kepada almarhumah ibunda tercinta maka ia dedikasikan pembentukan komunitas tersebut, sehingga melalui community itu bang Q dapat mengajarkan semua moms dan calon moms agar mereka bisa mempelajari basic SEO secara cuma-cuma.

Cerita Founder SEO Moms dan Dunia Blog

Dears, sebelum mas Qbank terjun ke dunia SEO ia bekerja sebagai kuli bangunan loh. Lantas kok bisa kuli bangunan jadi seseorang yang ahli dibidang SEO? Pastinya semua ini tidak didapat secara instan dan banyak hal yang dilaluinya. 2003 merupakan permulaan tahun beliau menjelajahi dunia perblog-an tetapi belum dilakukan secara maksimal sebab warnet di Pontianak masih jarang dan pekerjaan utamanya yakni kuli bangunan.

Pada tahun 2005 barulah ia menekuni dengan serius ngeblog lalu mulai melek SEO 2007 ketika ada seorang staf BPN Kalimantan Barat meminta beliau untuk menjadi narasumber kampanye anti narkoba melalui bogging. Nah, staf ini mengenal beliau dari tulisannya yang muncul di pencarian Google, sejak saat itulah minat terhadap SEO makin meningkat.

Tahun 2008 dia mempelajari seluk beluk SEO dengan mengikuti forum SEO master Indonesia secara online mengandalkan alamat Email, komputer second, dan menumpang akses warnet. Lalu tahun 2011 ia mencoba ikut pelbagai kompetisi SEO hingga berhasil meraih peringkat 10 besar. Lanjut tahun berikutnya Bang Q mengasah sistem yang telah dipelajari menggunakan tes trial error sampai mendapatkan formula SEO yang diyakini dapat menyaingi pakar-pakar SEO.

Pada akhirnya tahun 2013 beliau memutuskan sepenuhnya bermain SEO dimana sebelumnya ia jalani sembari menjadi kuli bangunan. Akan tetapi sebelum terjun bebas ke dunia blog dan SEO mas Qbank meminta izin dahulu pada Ibunya. Tentu hal ini menjadi keputusan tersulit mengingat Ayahanda telah berpulang dan ia adalah tulang punggung keluarga.

Memilih melepaskan pekerjaan yang menjadi penghasilan utama kemudian beralih menjalani profesi yang mana pendapatannya masih belum pasti. Namun sang ibu yakni Mudiah Binti Sangaran merestui keputusan itu sehingga dari sana beliau bisa fokus dalam menekuni jasa SEO serta ikut kompetisi SEO.

Menilik kisah di atas dapat disimpulkan kalau menguasai ilmu SEO tidaklah mudah belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti kelas atau forum SEO dan lain-lainnya. Selanjutnya semangat juang patah arang menyelami dunia SEO dengan keadaan terbatas yang mana kebanyakan orang akan mundur perlahan bila dalam kondisi demikian.

Maka beruntunglah para emak-emak blogger yang ikut komunitas ini sebab memperoleh ilmu basic SEO dengan mudah secara gratis pula. Dan salut pada anak yang berbakti pada orangtua terutama kepada ibu itu sangat menyentuh, semoga amal kebaikannya diterima Tuhan Maha Esa Aamiin.

Pembagian Wilayah SEO Moms

Untuk memudahkan founder menyampaikan materi dan lainnya pada member lama, beliau dibantu beberapa koordinator untuk mendampingi member yang dibagi dalam beberapa wilayah sesuai domisilinya. Di antaranya:

- Wiwin Pratiwanggini Koordinator bagian Jawa Tengah dan Yogyakarta

- Rahma Chemist dan Dwi Adikara Koordinator bagian Jawa Timur

- Arda Sitepu Koordinator bagian Sumatera

- Lidya Fitrian Koordonator bagian Jabodetabek

- Reski Masdila Ananda Koordinator bagian Bali Nusra

- Mugniar Koordinator bagian Sulawesi

Hal yang Mesti Diperhatikan Pada SEO Basic

Dalam SEO terdapat teknik optimasi yang harus diperhatikan yaitu onpage dan offpage. Nah, optimasi onpage umumnya dengan mengoptimalisasi website atau blog dari dalam. Sementara optimasi offpage dilakukan dengan optimalisasi web atau blog dari luar berupa link building, link wheel, dan lainnya.

Lalu untuk struktur onpage apa saja yang harus dibenahi dalam blog ini? Berdasarkan pedoman Webmaster Google dapat disimpulkan ada sejumlah teknik terkait dengan struktur seo onpage yang mesti diaplikasikan seperti:

- Judul blog atau title

- Deskripsi blog

- Deskripsi penelusuran

- Tag no index txt

- Struktur konten

- Permalink

- Tampilan dan struktur widget

- Page speed (experience)

Itulah sekelumit pembelajaran SEO basic yang saya dapat dari komunitas emak-emak kece SEO Moms Community yang seru dan banyak manfaat.

No comments for "SEO Moms Community Tempat belajar SEO Bareng Moms dan Calon Moms"