Tuesday, October 23, 2018

Kuliner cookies macaron


Macaron Si Imut Manis Bikin Lidah Bergoyang.


Macaron berbentuk biskuit kecil yang biasanya terbuat dari putih telur, gula, serbuk almond dan Icing sugar. Kue imut berwarna cerah ini sudah lama populer di Eropa. Rasa manis gurih berpadu dengan aneka genache ( isian ) seperti vanila, coklat, selai dan lain - lain pada saat dimakan hmm teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam asli bikin nagih.

Untuk membuat ini memang tidak mudah, butuh ketepatan dan ketelitian dalam penggunaan bahan, mengolah adonan dan menentukan suhu oven untuk memanggang, tapi jangan berkecil hati dengan terus berlatih dan mengikuti resep dengan benar kamu pasti bisa membuat macaron yang sempurna.

Ada dua metode untuk membuat macaron yaitu metode Perancis dan metode Italia. Nah sekarang kita bahas satu persatu cara buatnya ya Dears.

1. Macaron metode Prancis
Salah satu kue kekinian yg imut dan warna warni ini sudah lama di kenal di Paris, harga perboksnya bisa sampai jutaan tapi tenang aja di Indonesia harganya masih bersahabat walau dari segi rasa maaih jauh berbeda.

Macaron dengan teknik Perancis ini yang sering digunakan karena memang lebih mudah dibanding dengan teknik Italia.

Adapun bahan - bahan untuk macaron Perancis
~ 120 gram tepung almond
~ 3 buah putih telur
~ 2 sdm gula kastrol
~ 200 gram gula icing
~ pewarna makanan secukupnya.

Untuk bahan isian macaron antara lain
* 100 gram coklat putih yang sudah dipotong - potong
* 2 sdm krim kental
* 1/2 sdt vanila bubuk

Cara buat isiannya mudah
Masak coklat putih yang dicampur krim kental dengan api kecil, aduk hingga rata dan setelah tercampur, angkat lalu diamkan sampai dingin dan kental.

Sekarang kita buat macaron Perancisnya
•> kocok telur dengan kecepatan tinggi hinnga lembut.
•> setelah itu masukkan gula kasteol mixer sampai gula larut, kemudian matikan mixer.
•> masukkan gula icing dan tepung almond aduk sampai rata dengan spatula.
•> untuk proses pewarnaan kalau kamu mau 1 adonan untuk 3 warna maka kamu harus membagi adonan di 3 tempat lalu beri pewarna makanan yang berbeda ditiap mangkuknya, jika kamu hanya ingin 1 warna untuk 1 adonan maka langsung saja beri pewarna tanpa membaginya. Kemudian masukkan adonan kedalam pelastik segitiga.
•> nah selanjutnya ini bagian penting, cetak dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti atau silicon mat. Kemudian hentakkan loyang 2 - 3 kali agar tidak ada gelembung udara.
•> eiits jangan langsung dipanggang diamkan dahulu selama 1 - 3 jam ya Dears, hindari tempat yang lembab karna ini penting agar saat dipanggang membentuk "kaki" yang indah. Jika kulit macaron kering tidak lengket lagi saat disentuh macaron bisa dipanggang, panggang pada suhu 140° selama 13 - 14 menit.
Jadi deh macaron Perancis si mungil yang manis dan chewy, eh jangan lupa di kasih filling yah Dears.

2. Macaroni metode Italia
Kalau mau menggunakan teknik Italia ini kamu harus punya candy atau sugar thermometer, untuk metode ini memang agak rempong butuh ketelitian kalau tidak tepat bisa dipastikan macaronmu gagal.

Tapi kalau kamu sudah expert pasti kamu bisa buat macaron yang legendaris ini. Karna kegagalan hanya keberhasilan yang ditunda, belajar dari kesalahan dan terus berusaha suatu saat pasti kamu bisa Dears.

Ini bahan yang kamu perlukan untuk membuat macaron Italia
~ 200g almond bubuk
~ 150g putih telur ( dari 3 atau 4 telur )
~ 1/4 tsp cream of tartar
~ 200g gula kastrol
~ 50g air
~ pewarna makan secukupnya

Seperti ini cara buatnya
•> letakkan almond dan gula bubuk dalam food processor tekan tombol pulse ( on-off on-off ) sampai menjadi butiran yang lebih halus. Ayak lalu sisihkan
•> bagi putih telur dalam 2 mangkok besar masing - masing 75 gram atau untuk lebih mudah isi 2 buah putih telur tiap mangkok
•> dimangkung pertama tambahkan kream of tartar, siapkan mixer sisihkan. Untuk mangkok kedua campur putih telur dengan tepung almond dan gula bubuk, aduk rata hingga adonan menyerupai pasta sisihkan
•> siapkan panci kecil masukkan gula kastrol dan air, masak dengan api sedang hingga menjadi sirup lalu masukkan candy thermometer, jika suhunya sudah mencapai 110°C mulailah mengocok putih telur dengan speed rendah kemudian naikkan speed dan teruskan mengocok hingga putih telur mengembang.
•> saat suhu sirup mencapai 118°C dan putih telur sudah siap tuang perlahan sirup panas kebagian sisi mangkok sambil tetap dikocok dengan kecepatan rendah, mixer kira - kira selama 10 menit kemudian tambahkan pewarna
•> campur adonan kedua atau almond paste dengan adonan yang telah diberi warna. Aduk rata dengan spatula hingga adonan homogen lalu masukkan adonan kedalam plastik segita yang suda diberi spuit polos
•> lapisi loyang dengan kertas roti kemudian cetak lalu hentakkan loyang 2 - 3 kali, setelah itu diamkan macaron selama 60 menit atau lebih di ruang yang kering sampai macaron tidak lengket saat disentuh. Panggang dioven 16 - 18 menit

Untuk isian ini bahannya
* 60ml cream kental
* 150g coklat putih ( cincang kasar )
* 1 sdm selai stroberry
* 1 - 2 tetes pewarna

Cara buat fillingnya gampang kok
Panaskan cream kental hingga mendidih angkat lalu masukkan coklat putih aduk hingga rata, masukkan selai dan pewarna aduk cepat. Simpan dalam kulkas sampai cukup kental untuk ditaruh ke macaron
Yey macaron Italia sudah jadi, bisa jadi teman minum teh atau kopi kamu diwaktu santai.

Bagaimana Dears, opsi teknik mana yang sreg dihati kamu? Apapun pilihan kamu, kalau mau bikin macaron hal yang perlu kamu ketahui buatlah kue pada siang hari menuju petang dan dihari cerah tidak mendung apalagi hujan karna iklim ruang mempengaruhi proses pembentukan "kaki" macaron yang indah.

Sumber ;
*Macaron Perancis pelajaricara.blogspot.com
*Macaron Italia mamadidapur.blogspot.com

#macaron #macaronprancis #macaronitali

No comments:

Post a Comment