Sunday, September 22, 2019

Apparalang Wisata Bahari dengan Hamparan Tebing Eksotik yang Mengagumkan

Apparalang Wisata Bahari dengan Hamparan Tebing Eksotik yang Mengagumkan


Hi, Gaes.. How do you do?

I'll hope that you all fine and get great time all day.

By the way, Dears. Apa kalian punya impian tentang area wisata yang ingin sekali dikunjungi dan belum terealisasikan sampai detik ini. Pasti punya dong, nah, kalau bahas destinasi wisata Indonesia tentu akan menjadi cerita yang panjang.

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata, dari Sabang hingga Merauke. Dari kesekian ribu wisata alam di Indonesia, Apparalang merupakan destinasi yang cukup menyedot perhatian saya. Mulai dari pantai, tebing, sampai air laut yang indah dan jernih. Wisatan yang pernah berlibur kesana pun sepakat bahwa Apparalang ialah surga tersembunyi yang masih asri, natural dan eksotik.

Apparalang Wisata Bahari dengan Hamparan Tebing Eksotik yang Mengagumkan, sumber foto FB vera mogs


Iyes, Dears, Apparalang adalah daerah wisata bahari yang terletak di pulau Sulawesi tepatnya ada di Desa Ara, Kec. Bontobahari Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tempat Wisata eksotik ini memiliki hamparan tebing yang membumbung tinggi dan juga batu karang alami.

Tapi, pantai disana tidak seperti pantai-pantai yang umunya kamu kunjungi, pantai Apparalang terdapat dibalik tebing bebatuan tersebut. Dari atas tebing keindahannya akan terlihat sempurna yakni perpaduan dari keindahan birunya air laut, karang-karang yang berada di antara air laut dan batuan dinding yang membuat keindahan dengan sendirinya, sangat disayangkan jika kita tidak jelajahi wisata yang menakjubkan ini, kan, Dears.

Akses ke Apparalang


Untuk menuju destinasi wisata Desa Ara ini, bila kamu pakai kendaraan bermotor atau roda dua selama 20 menit, dari Pantai Tanjung Bira dan atau sekitar 60 menit dari pusat Ibu Kota Kab. Bulukumba. Daerah pantai yang berjarak kurang lebih 200 Kilo meter dari Makassar ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor selama 30 menit perjalanan darat.

Selain itu, pantai Apparalang juga dimungkinkan untuk dapat diakses dengan angkutan umum antar daerah bertarif variatif antara 45-55 Ribu rupiah persatu orang penumpang. Disarankan menggunakan transportasi pribadi. Karena pantai ini belum dilewati oleh transportasi umum. Walaupun dilewati pun hanya sampai di Desa Ara dan dilanjutkan dengan berjalan kaki yang jauh.

Hal Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kamu Liburan


Hal Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kamu Liburan, sumber foto Travelingyuk.com


Dears, liburan tuh, identik banget dengan kegiatan yang menyenangkan dan yang pastinya bisa bikin kamu santai dari tumpukan pekerjaan yang kadang kala membuat stres. Namun, sebelum kamu liburan ada beberapa hal yang perlu dilakukan, jadi pas hari H keberangkatan liburan tidak menjadi holiday disaster. Alright, Guys, Sebelum liburan sebaiknya kamu lakukan tips berikut. Cekidot.

Budget


Sebelum berlibur kamu harus melakukan estimasi budget yang akan keluarkan selama holiday. Kamu mulai perkirakan biaya transportasi, kuliner, penginapan, dan lain-lain. Setelah mengetahui nilai budget untuk liburan, dari situ kamu dapat memulai menabung untuk memenuhi target anggaran liburanmu.

Menyusun Itinerary Perjalanan dan Liburan


Sebelum berangkat, tidak ada salahnya jika kamu membuat itinerary dahulu, agar perjalanan wisata kamu jadi lebih efisien dan lebih terarah. Cobalah untuk susun jadwal, berapa lama waktu liburan, dan berapa destinasi wisata yang ingin dan bisa kamu datangi.

Selain membuat susunan rute yang terarah dengan berurutan agar tidak bolak-balik. Kamu pun bisa membuat jadwal liburan kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan bersama, keluarga, sahabat, ataupun teman kantor, dengan begitu liburan kamu pasti makin seru, Gaes.

Mencari Agen Travel Terpercaya


Kalau kamu tipe orang yang biasa pergi sendirian tapi butuh teman sewaktu liburan, so kamu bisa ikuti paket liburan yang ditawarkan oleh agensi travel bisa jadi solusi yang tepat. Pada waktu tertentu, tiap agen travel pasti memberi paket liburan menarik dan juga promo-promo yang cukup besar. Nah, hal seperti ini jangan kamu lewatkan tapi manfaatkan dengan baik, jadi kamu bisa menghemat pengeluaran saat liburan.

Membawa Barang Sesuai Destinasi yang Dikunjungi


Dears, ingat selalu pada saat pergi berlibur untuk membawa barang dan keperluan penting lainnya yang harus sesuai dengan destinasi. Kalau ada barang penting untuk liburan namun belum dimiliki, kamu dapat membeli barang tersebut atau meminjam milik teman.

Misalkan destinasi liburan kamu ke Apparalang di Sulawesi Selatan. Karena yang akan dikunjungi itu adalah pantai tak lupa membawa barang-barang seperti tabir surya, kaca mata, power bank, sendal, kain pantai, dan lain sebagainya.

Tapi ada saja para wisatawan yang membawa benda atau barang persiapan dengan berlebihan, sedangkan perjalanan wisata tersebut barang-barang itu justru tak dipakai sama sekali. Oleh sebab itu, baiknya untuk memasukkan ke tas maupun koper peralatan yang benar-benar kamu butuhkan saja. Sehingga hal-hal demikian tak akan merepotkan.

Membawa Obat Obatan


Dears, ada baiknya jika kamu memang akan traveling agar membawa obat-obatan pribadi ketika packing. Kita tidak tahu apakah akan sakit atau tidak pada saat liburan. Oleh karenanya, bawalah obat-obat yang biasa kamu konsumai untuk jaga-jaga. Supaya jika nanti ditempat yang didatangi, tidak ada obat-obat yang dibutuhkan tersedia. Lebih baik untuk membawa obat-obatan dari rumah. Ya, tidak ada salahnya berjaga-jaga, kan, Dears.

Nah, itulah uraian singkat tentang destinasi wisata impian saya yakni Apparalang dan juga beberapa tips hal-hal yang perlu kamu lakukan sebelum on the way vacation, Guys.

Have nice day, Dears.

Artikel ini diikut sertakan dalam kompetisi lomba blog oleh @tmipartner
#LiburanBebasCEMAS
#NewTravelPartner
#TokioMarineIndonesia
#AsuransiPerjalanan

Saturday, September 14, 2019

5 Cara Efektif Menjaga Hidung Bersih dan Sehat

5 Cara Efektif Menjaga Hidung Bersih dan Sehat


Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh terdiri dari organ-organ yang sangat penting untuk menunjang kehidupan, di mana masing-masing organ tubuh mempunyai tugas dan fungsi tersendiri. Untuk itulah, Dears, kamu harus selalu berusaha menjaga organ tubuh tersebut agar tetap dalam keadaan yang sehat dan prima.

Dengan begitu semua organ vital dan lainnya dapat melakukan tugas dengan baik sehingga kamu pun menjadi pribadi yang sehat. Salah satu organ tubuh yang tak kalah penting untuk dijaga dengan baik adalah hidung, selain untuk bernafas, organ ini juga bertindak sebagai indera penciuman.

5 Cara Efektif Menjaga Hidung Bersih dan Sehat, foto Rakyatku.com


Pendapat ahli mengenai hidung bersih dan sehat menurut Josep E. Kelleher, MD, seorang ahli imunologi mengatakan bahwa sinus dan hidung ialah garis pertahanan pertama pada sistem pernapasan, terdiri dari beberapa jaringan yaitu membran mukosa dan silia yang berguna untuk menyaring dan melembabkan udara yang dihirup.

Lalu hal apa saja yang mesti dilakukan agar hidung mu tetap dalam kondisi yang sehat dan juga bersih? Ada beberapa cara yang efektif untuk kamu coba guna memperoleh indera penciuman prima alias gak mampet dan hal negative lainnya, diantaranya yaitu :

Menghindari Sumber Alergi

Dears, jika kamu seorang penderita alergi, maka yang harus dilakukan adalah meminimalkan kontak dengan sumber alergi seperti bulu binatang, debu, serbuk sari, bahaya asap rokok, atau dari sumber lainnya, supaya mencegah kerusakan pada organ hidung serta sinus kamu, sehingga membuat hidung mu bersih dan sehat.

Lindungi Hidung Dari Debu dan Polusi

Saat kamu akan melakukan aktivitas di tempat yang terdapat banyak debu atau ketika sedang berkendara, secara langsung ataupun tidak hal ini tentunya akan menyebabkan hidung menghirup zat-zat yang berbahaya hingga akan berpengaruh pada kesehatan kami.

Debu dan udara yang sudah tercemar lalu terhirup akan membuat hidung jadi kotor. Untuk melindungi organ ini, maka baiknya kamu menutup hidung atau menggunakan masker selama beraktivitas di tempat yang kondisinya seperti itu.

Menjaga Kelembapan Udara di Dalam Ruangan

Udara yang kering akan menyebabkan organ sinus jadi kering. Akibatnya organ ini akan rentan terinfeksi bakteri yang berbahaya. Untuk itu, jaga dan tingkatkan kelembaban udara pada ruangan, terutama saat musim dingin. Agar hidung bersih dan sehat jagalah kelembaban udara, hal ini juga baik bagi kesehatan organ sinus maupun kulit.

Lengkapi Rumah dengan Jendela Agar Sirkulasi Udara Lancar

Apabila kelembaban udara di atas 60%, maka hal ini dapat dipastikan meningkatkan pertumbuhan debu, jamur, dan tungau. Kelembaban udara yang tepat akan membantu menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit misal asma atau penyebab alergi kulit yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan alat humidifier atau vaporizer.

Meningkatkan Kualitas Udara yang Bersih

Ini merupakan langkah sederhana dalam upaya melindungi agar hidung bersih dan sehat dan menjaga dari suatu hal yang dapat merugikan kesehatannya. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan supaya menciptakan udara yang bersih di lingkungan kamu.

Hal itu pun dapat menurunkan risiko indera penciuman mu dari gangguan kesehatan adalah dengan mencuci gorden atau sprei tempat tidur secara rutin, Bersihkan mainan anak dari debu dan kotoran, dan lain sebagainya. Hal ini tentu tak hanya baik pada organ hidung kamu, Dears. Lingkungan sekitar rumah jadi lebih bersih, sehat dan nyaman.

Nah, itulah 5 cara efektif untuk menjaga hidung bersih dan sehat, dengan menjaga kelembapan dan sirkulasi udara serta lingkungan bersih dan sehat, bisa dipastikan kamu pun dapat menghindari dari berbagai penyakit terutama penyakit organ pernapasan.

#ODOP day 7
#Estrilook Community

Saturday, September 7, 2019

Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah


Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah. Banyaknya masalah kesehatan yang membuat kamu tidak percaya diri. Seperti masalah kesehatan kulit wajah, terutama seputar flek hitam, hal ini tentu sangat mengganggu karena wajah adalah bagian vital.

Hal ini jelas meresahkan, sebab wajah bagian tubuh yang pertama kali dilihat atau pusat perhatian saat bertemu seseorang. Ini pun menjadi masalah utama bagi kaum hawa.

Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah, foto Dream.co.id


Bila ada sedikit flek hitam saja, tentu kita ingin bergegas mencari cara untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Nah, untuk itu kamu perlu mengikuti beberapa cara simple ini agar wajah terbebas dari flek hitam dan kulit wajah tetap sehat.

Hilangkan Flek Hitam dengan Cara Mudah Untuk Kamu Ikuti yakni Menggunakan Masker

Adanya flek hitam di wajah membuat perasaan tidak nyamanan, terkadang ada saja orang yang berasumsi kalau kamu merupakan orang yang malas membersihkan wajah. Padahal berbagai merek sudah dijajal hingga menguras habis isi dompet, namun hasilnya nihil.

Oleh kerena itu Dears, ada baiknya kamu coba membuat masker dari bahan alami. Berikut pilihan masker menghilangkan flek hitam pada wajah menggunakan bahan - bahan alami untuk perawatan.

Masker dengan Madu

Madu adalah salah satu cara menghilangkan flek hitam pada wajah secara alami. Madu merupakan campuran gula dan campuran berbagai senyawa lain, rasa manis ini diperoleh dari unsur glukosa dan monosakarida fruktosa, sehingga terasa manis di mana rasa manis madu ini hampir sama dengan gula.

Madu pun memiliki kandungan enzim, antibakteri dan antioksidan, hal ini membuat madu bisa dijadikan alternative untuk hilangkan flek. Pemakaian madu 3 kali seminggu cocok untuk orang yang mempunyai kulit sensitif.

Tak perlu campuran bahan lain, cukup oleskan madu ke bagian wajah yang terdapat flek hitam lalu tunggu hingga kering kemudian bersihkan dengan air hangat.

Masker dengan Beras

Besar selain sebagai bahan pangan ternyata dapat menghilangkan flek hitam pada wajah lho. Beras sendiri mengandung vitamin B1, C, dan E yang sangat tinggi, sehingga bisa mengecilkan pori-pori serta membuat kulit wajah kamu jadi lebih putih.

Tak hanya itu, beras pun mengandung asam feluric yang mempunyai fungsi sebagai anti oksidan yang bisa mengontrol lepasnya sel-sel kulit mati dan menjalankan proses regenerasi sel dengan cepat. Hal ini akan membuat kulit mu tampak segar dan awet muda.

So, siapkan beras yang telah dicuci bersih, lalu rendam beras dengan air dingin. Setelah itu, hancurkan beras menggunakan ulekan sampai halus, kemudian oleskan di wajah. Diamkan masker beras kurang lebih 30 menit, bersihkan wajah mu pakai air hangat.

Masker dari Bahan Kunyit

Salah satu bahan alami yang diyakini ampuh untuk mengilangkan flek hitam selanjutnya ialah Kunyit. Curcuma Longa atau kunyit ini memang telah populer dalam dunia kecantikan, karena turmeric -kunyit dalam bahasa Inggris-mampu mengatasi kerusakan pada kulit akibat radikal bebas dan juga mengurangi pigmentasi pada kulit. Bahkan kunyit diketahui sebagai bahan alami yang sangat cepat menumpas habis flek hitam.

Nah, cara pembuatan masker kunyit pun cukup mudah, ambil dua sendok teh kunyit bubuk, tambahkan sedikit susu cair dan perasan air jeruk (takarnya pakai hati aja ya,  Dears :) ), aduk semuanya sampai merata di mangkuk kecil, kemudian oles masker kunyit pada wajah di bagian flek hitam. Diamkan beberapa menit, lalu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

Masker dengan Bawang Merah

Bawang merah yang selama ini kita gunakan sebagai bumbu dapur ternyata bisa kamu gunakan sebagai bahan masker untuk menyingkirkan flek hitam lho, Dears.

Kok bisa?

Iya, karena bawang merah yang memiliki nama binomial Allium cepa L. ini mempunyai kandungan antibakteri yang tinggi sehingga mampu mengeliminasi flek hitam serta bekas jerawat pada wajah.

Cara buat masker bawang merah tidak sulit, kok. Pertama cincang dan haluskan bawang merah lebih dahulu, lalu ambil sarinya. Oleskan ke wajah secara merata dan biarkan mengering. Setelah kering, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

Masker dengan Oatmeal

Siapa sangka, oatmeal yang biasanya kita pakai sebagai bahan sarapan dan kue ternyata mampu menghilangkan flek hitam. Adanya kandungan sapoin di dalam oatmeal diketahui memiliki fungsi untuk membuang sel kulit mati dan juga dapat mencerahkan kulit wajah kamu dengan cepat.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Langkah awal kamu perlu haluskan oatmeal, lalu campurkan oatmeal dengan madu atau perasan jeruk lemon. Kemudian oleskan masker di tempat yang mana terdapat flek hitam pada wajah mu, Guys. Diamkan hingga masker kering, lalu bilas wajah pakai air bersih.

Membuat Jus Buah untuk Menghilangkan Flek Hitam

Tak hanya perawatan dari luar, dengan meminum jus buah kamu dapat membantu menghempaskan flek hitam dari dalam tubuh. Tentu hal ini sangat mudah dilakukan dan sangat menyehatkan, banyak manfaat yang di dapat tubuh dan wajah mu.

Minum Jus Buah

Selain memakai perawatan langsung pada wajah, penanganan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah juga bisa dilakukan dengan meminum beberapa jus buah. Contohnya segelas jus tomat, jus wortel,  jus ketimun atau jus lemon yang dikonsumsi secara rutin.

Kandungan vitamin pada setiap jus cukup efektif untuk mengurangi pembentukan melanin dan membantu melembapkan kulit. Jadi tak hanya membuat wajah mu bersih dari flek tapi juga menyehatkan kulit wajah serta  wajah kamu, Gaaeesee.

Demikianlah cara mudah menghilangkan flek hitam pada wajah. Gunakanlah cara di atas sesuai kenyamanan kamu, dengan wajah bersih bebas flek hitam tentu akan meningkatkan rasa percaya diri dan memudahkan untuk beraktivitas kembali. So, Happy Me time All.

#ODOP day 6
#Estrilook Community

Thursday, September 5, 2019

Menelaah Konsep Modern Style dan Ciri Cirinya

Menelaah Konsep Modern Style dan Ciri Cirinya


Menelaah Konsep Modern Style dan Ciri Cirinya. Desain rumah dengan gaya modern adalah desain yang fungsional, bersih, simple, stylish dan tentunya selalu mengikuti perkembangan zaman yang berkaitan dengan gaya hidup modern yang saat ini telah berkembang dengan pesatnya.

Saat ini, gaya hidup modern yang dibarengi oleh kemajuan teknologi, di mana banyak hal sebelumnya yang tidak bisa dibuat dan diperoleh, namun kini tersedia untuk banyak orang.

Menelaah Konsep Modern Style  dan Ciri-cirinya, foto Pinterest


Jika kamu ingin membuat desain dengan konsep modern style, maka kamu perlu melihat hal tersebut berdasarkan dari nilai benda-benda yang mempunyai besar fungsi dan sebanyak apa fungsi dari benda tersebut, serta berdasarkan kesesuaian akan gaya hidup masa kini yang menuntut serba cepat, fungsional dan mudah.

Dalam arsitektur, gaya hidup modern berpengaruh pada keinginan untuk memiliki bangunan yang simple, fungsional, dan bersih. Hal ini sebagai simbol dari semangat modern.

Namun, gaya modern disaat seperti ini hanya dimiliki sebagian masyarakat dan terutama yang berada di kota besar, di mana kehidupannya menuntut gaya hidup yang serba cepat, fungsional dan juga efisien.

Bagi para arsitektur modern, fungsi lebih diutamakan dalam menentukan ukuran, bentuk, serta bahan yang akan dipakai pada rumah-rumah bergaya arsitektur modern, di mana mulai banyak orang yang menerapkan style ini diawal tahun 70an.

Di masa sekarang banyak rumah-rumah yang baru dibangun dengan gaya arsitektur modern yang menyesuaikan bahan bangunan dengan teknologi terkini, budaya dan wawasan serta gaya hidup dari penghuninya.

Eksterior rumah dengan gaya modern didominasi dengan jendela lebar atau tinggi, list plang beton yang memanjang dan kanopi yang mengarah ke depan. Bentuk masa rumah modern di dekorasi dengan ornament garis horizontal, vertical, dan diagonal yang sederhana di dinding eksterior yang luas.

Interior rumah pada konsep ini ditata dengan ornament sederhana, plafond bertingkat dan void di ruang public sehingga meberi kesan luas. Berkesinambungan antara intrior dan eksterior dalam desain ini amat diperlukan.

Ruang di rumah yang memakai gaya arsitektur modern umumnya transparan, ruang-ruang saling terhubung dengan ruang perantara yang dibatasi oleh dekorasi interior yang tidak masif.

Bahan bangunan biasanya berbahan stainless steel finishing polished, dan aluminum anodized. Di mana hal tersebut merupakan bahan dengan jenis finishing yang mencirikan rumah modern dimasa awal berkembangnya di Indonesia.

Beberapa Ciri Arsitektur Modern


Meski banyak bangunan yang berkembang sekarang terlihat layaknya gaya arsitektur modern, tapi kebanyakan gaya arsitektur ini adalah perkembangan dari modern style architecture yang ada dan sering disebut sebagai arsitektur kontemporer.

Lalu, seperti apa sebenarnya karakteristik utama dari arsitektur modern? Berikut ini ciri-ciri dari rumah dengan modern style. Simak uraiannya satu persatu di bawah ini.

Ciri-Ciri Rumah Menggunakan Konsep Modern Style 


Kesederhanaan Sampai ke Inti Desain

Konsep modern ini berkembang setelah era arsitektur tradisional, tampilan pada arsitektur modern jauh dari kata sederhana jika dibandingkan dengan gaya arsitektur tradisional yang banyak diwarnai dengan detail-detail dekoratif. Hadir dengan kesederhanaan ditengah gaya tradisional yang berkembang pada kalaitu.

Estetika dari arsitektur modern banyak diminati dan lebih menonjol. Para penganut konsep arsitektur modern ini pun memiliki prinsip bahwa kesederhanaan ialah bentuk terbesar dari sebuah seni yang menyampaikan tak hanya cerita, tetapi juga kepribadian dari bangunan tersebut.

Elemen Garis Simetris yang Bersih

Hampir semua bangunan ikonik bergaya arsitektur modern mempunyai elemen garis yang kuat. Baik itu dari elemen garis horizontal di denah, sampai garis vertikal dan diagonal dalam gubahan masa dan fasad bangunan.

Termasuk fasad rumah atau fasad bangunan. Garis bergelombang, lengkung ataupun garis asimetrik jarang ditemukan pada bangunan bergaya arsitektur modern.

Prinsip Less is More

Istilah Less is More ini dipopulerkan oleh tokoh arsitektur modern Ludwig Mies van der Rohe yang mengarah kepada pendekatan minimalis pada bangunan. Tidak ada penggunaan ornamen ataupun elemen bangunan yang lain secara berlebihan. Setiap elemen terbentuk atas fungsi sekaligus estetika secara bersamaan.

Kejujuran dalam Menggunaan Material

Beberapa jenis material bangunan kerap digunakan pada bangunan-bangunan bergaya arsitektur modern yaitu beton, besi, kaca, dan kayu. Keberadaan material ini mudah sekali terlihat dan terasa dalam bangunan baik itu interior ataupun wajah bangunan yang tidak ditutupi atau dimanipulasi dengan penggunaan material artifisial.

Rancangan Terbuka Memakai Banyak Elemen Kaca

Berbeda dengan penataan ruang pada bangunan tradisional umunnya, bangunan modern memiliki denah lantai yang lebih terbuka dan minimnya keberadaan pembatas ruangan dan banyak menggunakan kaca sebagai bukaan hingga rumah bergaya arsitektur modern ini terkesan sangat terbuka.

Berhubungan dengan Lingkungan Sekitar

Arsitektur modern biasanya selalu berhubungan dengan topografi dari lingkungan yang sangat erat. Contoh mengenai hal ini adalah falling water house yang mana keberadaannya ini memiliki hubungan langsung antara interior dan juga eksterior yang sangat mulus.

Itulah jabaran mengenai konsep modern style serta uraian ciri-cirinya. Di mana karakter dari arsitektur gaya modern dan inspirasi kreasi bangunan dengan arsitektur tersebut telah mendunia. Gaya rancangannya sendiri tak hanya sekadar tampilan bangunan saja, tetapi meliputi interior serta penataan dari penggunaan perabotan rumah.

Nah, Dears, semoga dengan sedikit penjelasan konsep modern style dan juga ciri-cirinya dapat memahami arsitektur tersebut.

Salam.

#ODOP day 5
#Estrilook Community

Wednesday, September 4, 2019

10 Gaya Rambut dengan Rambut Berwarna Kekinian yang Harus Kamu Coba

10 Gaya Rambut dengan Rambut Berwarna Kekinian yang Harus Kamu Coba


Apakah kamu suka bereksperimen dengan gaya rambut baru?
Apakah kamu juga suka mewarnai rambut? Jika jawaban dari kesemua pertanyaan adalah ya.

So, Dears, kamu berada di halaman yang tepat. Couse, di artikel ini akan mengurai beberapa gaya warna rambut yang luar biasa dan mungkin ada salah satu gaya rambut berwarna ini ingin kamu coba. Yuk, dilihat daftarnya berikut ini.

10 Gaya Rambut dengan Rambut Berwarna Kekinian yang Harus Kamu Coba, foto Beautynesia

Highlight dan Lowlight Rambut Lurus Karamel

Warna karamel adalah salah satu warna rambut paling trendi, apalagi kalau kamu memiliki warna kulit putih cocok dengan gaya dan warna rambut ini. Kamu pun dapat memasangkan pada rambut lurus, panjang, dan halus kamu dengan warna highlight pirang keemasan atau dengan lowlight cokelat tua.

Nah, girls, kalau kamu punya rambut panjang, lurus dan halus plus berkulit putih, jangan ragu untuk mencobanya sebab ini akan membuatmu terlihat cantik dan trendi.

Jet Black Braided Hair dengan Espresso Spotlight

Daya tarik pada rambut hitam legam memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Kali ini, rambut hitam legam mu itu akan terlihat berbeda dengan gaya rambut berwarna ini, caranya dengan membuat kepang african pada seluruh rambut kemudian di ujung keriting yang lembut kamu dapat memberi warna espresso. Dengan begitu penampilan kamu makin menyenangkan dan elegan.

Pirang Peach yang menawan dengan Bang sisi yang bergelombang
Tidak ada jenis warna rambut menawan lainnya yang nampak halus dan menarik pada warna pirang persik. Warna dan gaya rambut ini membuat rambut updo atau sanggul kecil ditengah yang sedikit berantakan ditambah bang atau kepang samping bergelombang tipis akan tampak sangat canggih dan menawan.

Gaya Warna Rambut Pendek dengan Rose Gold Auburn

Warna Auburn merupakan perpaduan warna rambut pirang merah ini adalah warna yang indah di antara coklat dan merah dalam spektrum warna dan warna rbut ini pun sering disebut jahe gelap. Bila kamu mewarnai rambut dengan warna ini akan tampak efek misterius dan seksi.

Kalau warna rambut pirang ini diakui sebagai warna klasik, maka rose gold merupakan warna yang tengah tren dimana-mana saat ini. Rambut dengan warna style merah muda ditambah aksen mawar emas di ujung rambut membuat tampilan rambut benar-benar unik.

Apalagi kalau kamu padankan warna indah ini dengan rambut pendek ikal ataupun keriting dan sedikit berantakan, rambutmu jadi terkesan unik, klasik serta trandy.

Highlights Ungu Tua dengan Rambut Layered Curly Bob

Jika kamu seorang pecinta warna ungu, kamu menggunakan warna yang indah ini pada style rambut berwarna ini, pilihlah gaya rambut bob keriting bertekstur dan buat berlapis, lalu kamu beri warna highlights ungu tua. And viola,, warna dan gaya rambut ini akan tampak sangat menarik pada rambut mu.

Reddish Light Blonde Retro Waves dengan Tekstur

Rambut dengan retro style ialah gabungan dari warna dan style rambut dengan gelombang bertekstur tinggi serta poni samping yang rapi akan sangat cocok untuk rambut pirang kemerahan. Beri sentuhan warna light di beberapa helai dan tambahan warna pirang kemerahan hasilnya rambut kamu jelas terlihat elegan.

Brown Lowlights Ballet Bun on Light Auburn Hair

Menggunakan sanggul balet yang ditata indah pada rambut pirang kemerahan yang lembut dan rambut keriting halus. Maka gaya dan warna rambut pada Lowlight coklat gelap di bagian sanggul memberi kamu style rambut dalam dimensi baru.

Rambut Coklat Kemerahan Gelap

Warna coklat kemerahan gelap ini akan memberi kesan lembut dan halus pada rambut mu, di mana hal tersebut bisa melengkapi kepribadian kamu dengan sempurna. Buatlah rambut bervolume hingga volume itu tampak ekstrem.

Bob Pendek Bertekstur Merah Berapi-Api dengan Mencukur Satu Sisi

Kamu ingin mencoba tampilan rambutmu terlihat cantik dan berani dengan gaya rambut berwarna merah berapi-api. Dan style Ini merupakan warna rambut serta styles bob pendek yang menggunakan poni sisi atau disapu kesamping panjang serta di sisi lainnya rambut hampir mencukur dan warna merah menyala membuat tampilan makin menarik perhatian.

Ash Brown

Rambut cokelat selalu keren untuk kamu aplikasikan kapan saja meskipun tren warna dan gaya rambut terus berganti. Namun, warna cokelat seakan takkan lekang oleh waktu sebab muncul dalam aneka ragam jenis warna cokelat. Salah satu yang digemari adalah warna ash brown.

Warna ini merupakan perpaduan antara warna coklat dan silver. Warna rambut ini juga cocok untuk balayage, ombre, atau highlight yang lebih terang. Bagusnya lagi warna ash brown clop untuk semua jenis warna kulit. Kamu akan makin canti serta mempesona dengan warna dan gaya rambut yang satu ini.

Auburn Intense Twisted Topknot pada Coily Hair

Rambut yang berliku itu sendiri terlihat sangat luar biasa. Dan jika warna rambut kamu sangat kemerahan, penampilan mu akan sangat menonjol dari yang lain. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan warna rambut kamu, coba pilih untuk mengenakan jambul besar di kepala.

So, girls, apa kamu telah menemukan warna rambut dan styles yang kamu inginkan dari beberapa pilihan gaya rambut di atas? Dengan warna dan gaya rambut yang tepat yakin deh, penampilan kamu pun akan makin menarik dan juga cantik.

Jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak untuk merawatnya gunakanlah hairstyle yang simple dan mudah diatur. Happy styling and coloring.

#ODOP day 4
#Estrilook Community

Tuesday, September 3, 2019

Dears, Agar Bayi Kamu Lahir Sehat Walafiat, Ini 7 Tips yang Perlu Dipraktikan Ibu Hamil

Dears, Agar Bayi Kamu Lahir Sehat Walafiat, Ini 7 Tips yang Perlu Dipraktikan Ibu Hamil


Bagi wanita yang sedang hamil, menjaga kandungan tentu hal yang sangat penting dilakukan agar bayi dalam kandungan sehat walafiat sampai ia dilahirkan. Kadang kebiasaan yang tidak sehat dilakukan ibu hamil padahal hal tersebut tidak baik untuk dedek bayi.

Kebiasaan seperti begadang atau merokok rentan menyebabkan masalah yang akan berdampak pada bayi, terutama ketika kamu melahirkan nanti.
Ibu hamil harus mempraktikkan pola hidup yang sehat selama hamil agar terhindar dari berbagai risiko yang akan mengganggu kesehatan bayi. Nah, beberapa pola hidup yang harus diterapkan pada ibu hamil akan diurai di bawah ini, so, simak baik-baik yo, mom's.


Dears, Agar Bayi Kamu Lahir Sehat Walafiat, Ini 7 Tips yang Perlu Dipraktikan Ibu Hamil, Tribunews.com


Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein

Dears, kamu tahu gak? kafein dan alkohol ini adalah minuman yang perlu kamu hindari selama menjalankan program hidup sehat, nah, hal ini juga termasuk saat kamu hamil. Kedua kandungan ini dapat ditemukan dalam minuman keras, minuman bersoda, kopi, teh, dan cokelat.

Apabila ibu hamil mengonsumsi kafein tidak dikontrol terutama alkohol, maka pertumbuhan bayi dalam kandungan akan terhambat. Tak hanya itu, bayi kamu pun rentan terhadap risiko lahir cacat dan buah hati kamu mengalami keterbelakangan mental. Sebaiknya ibu hamil memperbanyak konsumsi air putih.

Alternative air putih tak hanya baik untuk bayi, si ibu pun mendapatkan manfaatnya. Tapi bagaimana bila kamu memiliki kebiasaan minum kopi sehari lebih dari dua cangkir. Nah, kalau begini lebih baik mengurangi mengonsumsi kafein ini sedini mungkin, supaya jika kamu hamil sudah bisa mengontrol kebiasaan tersebut.

Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Masa-masa kehamilan merupakan moment dimana sang ibu hamil perlu memperhatikan gaya hidup mereka dan berpedoman pada gaya hidup yang lebih sehat, terutama pada sisi makanan. Tentu ibu hamil harus menjaga makanannya, karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil itu pun yang ikut dikonsumsi si bayi dalam kandungan.

Dears, coba kamu bayangkan bila si ibu makan makanan yang tidak sehat, hal ini akan berpengaruh pada asupan gizi yang dibutuhkan bayi pastinya berkurang hingga mengakibatkan berat badan jabang bayi terlalu ringan ketika dilahirkan.

Namun, jumlah nutrisi yang diperoleh ibu hamil tidak dilihat dari banyak makanan yang ia makan, melainkan dari segi kandungan mineral, protein, dan kalsium di dalam makanan tersebut. Oleh karena itu, ibu hamil haruslah memperhatikan dan memilih makanan secermat mungkin sebelum masuk ke mulut.

Makan Kacang Almond Secara Rutin

Selain rasanya yang enak kacang almond sangat kaya akan Vitamin B2, B9, E, protein, dan juga serat yang sangat baik bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan. Kacang almond pun berguna untuk menambah energi, melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, mengatasi alergi, serta menjaga sistem kekebalan tubuh pada bayi saat ia lahir.

Tak perlu bingung atau cemas akan sulit mendapatkan kacang almond, sebab kacang yang memiliki nama ilmiah Prunus dulcis ini bisa kamu temui dalam beragam camilan sehat yang biasanya dijual di supermarket, misalnya ada pada biskuit, roti, atau coklat. Dengan nengonsumsi kacang almond secara teratur dan dalam jumlah yang tepat, maka janin pun akan merasakan manfaatnya.

Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Normalnya bagi orang dewasa butuh waktu tidur setidaknya selama 6-8 jam per hari. Nah, lalu berapa lama sebaiknya waktu tidur ibu hamil?

Tentunya ibu hamil memerlukan waktu tidur yang lebih panjang lagi dari waktu normal. Hal ini disebabkan ibu hamil mudah sekali lelah pada saat ia menjalankan aktivitas hariannya. Oleh karena itu, tidur yang cukup bagi ibu hamil bisa memulihkan tenaga jadi ia tidak mudah lelah.

Tak hanya tidur yang cukup, ibu hamil pun memerlukan tidur yang berkualitas. So, pastikan bila kamu hamil agar tidak memikirkan hal-hal yang akan membuat kamu berpikir keras ketika akan beranjak tidur hal ini perlu dilakukan supaya terhindar dari tidur yang tak nyenyak.

Jauhi Olahraga yang Terlalu Ekstrim

Semasa kehamilan, sang ibu sangat disarankan melakukan olahraga dengan teratur supaya memperlancar proses persalinan, apalagi untuk persalinan secara normal. Akan tetapi, perhatikan jenis olahraga yang dicoba terlebih dahulu.

Itu sebabnya Dears, kamu harus hindari olahraga yang kelewat ekstrim hingga bisa menyebabkan keguguran, contohnya sit up, push up, dan mengangkat beban. Sebetulnya olahraga sangat disarankan untuk ibu hamil itu seperti jalan sehat, senam, renang, maupun yoga. Pastikan pula si ibu berolahraga secara teratur sehingga tubuhnya tetap bugar meski sedang hamil.

Menghindari Produk yang Terdapat Kandungan Bahan Kimia

Mengenai bahan kimia ini ternyata tidak hanya terdapat pada makanan saja. maka dari itu Dears, ibu hamil harusnya memperhatikan kandungan yang ada di dalam produk kecantikan yang kamu punya. Hindari kosmetik yang mengandung bahan kimia seperti merkuri, retinoid, AHA, dan zat lain yang terbukti membahayakan kesehatan si ibu dan kandungannya.

So, mom's pilihlah produk kosmetik yang kandungannya memakai bahan-bahan alami dan ditujukan memang khusus untuk ibu hamil. Nah, untuk lebih aman, ibu hamil bisa mencoba dengan membuatnya sendiri. Misalkan, produk masker yang dibuat dari bahan alami seperti bengkuang atau timun yang telah dihaluskan.

Memeriksa Keadaan Janin Secara Rutin

Untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi baiknya ibu hamil lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin, hal ini dimaksudkan agar memastikan keadaan ibu serta janin apakah dalam kondisi sehat atau sebaliknya?

So, Dears, jauhi kebiasaan mengundur ataupun menunda waktu pemeriksaan kandungan bila waktunya telah tiba.

Saat akan melakukan pemeriksaan baiknya kumpulkan info dokter kandungan terbaik lalu pilih dokter kandungan terbukti terbaik dan dapat menjamin kesehatan janin kamu. Karena itu, percayakan kesehatan janin mu pada satu orang dokter saja, hal ini dilakukan agar terhindar dari perbedaan informasi mengenai pertumbuhan serta perkembangan bayi dalam kandungan.

So, mom's jaga kesehatan sebelum kamu menyambut kedatangan buah hati ke dunia ini.

Sebab, kesehatan bayi dalam kandungan sangatlah tergantung dari gaya hidup yang kamu terapkan semasa kehamilan. Oleh karenanya, lakukan tips-tips yang telah dijabarkan di atas supaya bayi dapat lahir dengan sehat. Pastikan pula kondisi kesehatan ibu terjaga dengan baik sampai proses persalinan buah hati dapat berjalan lancar saat waktu kelahiran sudah tiba.

Take care and Happy Pregnancy Dears.

#ODOP day 3
#Estrilook Community

7 Hotel dan Penginapan Unik yang Ada di Indonesia, Bikin Liburan Kamu Jadi Berkesan

7 Hotel dan Penginapan Unik yang Ada di Indonesia, Bikin Liburan Kamu Jadi Berkesan


Hai,, hai,,

Dears, kamu suka traveling? Pingin coba sesuatu yang unik hingga menguji adrenalin?! Yuk menginap di hotel dan penginapan unik ini. Pastinya bisa membuat liburan kamu makin berkesan, lho.

So, kalau kamu sering bepergian ke tempat wisata ke berbagai daerah, terus kamu diserang rasa bosan gegara menginap di hotel yang itu saja? Nah, bila itu terjadi maka sudah saatnya kamu untuk mencoba sensasi bermalam di penginapan atau hotel unik yang ada di Indonesia ini genks.

7 Hotel dan Penginapan Unik yang Ada di Indonesia, Bikin Liburan Kamu Jadi Berkesan, blog.ivacan.co


Selain sebagai tempat istirahat di daerah wisata yang kamu kunjungi, sebenarnya penginapan atau hotel-hotel unik ini pun bisa jadi tempat wisata tersendiri lho, Dears. Penasaran pingin tahu hotel unik mana saja yang dapat kamu singgahi di Indonesia? Cuss, baca terus artikel ini ya, Gaeeess.

Padjajaran Skylodge Purwakarta

Kuy, pernah ngebayangin gak sih, bermalam di kamar transparan plus lokasinya di tebing pula!!

Kalau kamu mau uji adrenalin kamu bisa mencoba menginap di hotel Padjajaran Skylodge Purwakarta.

Hotel gantung pertama di Indonesia ini baru memiliki satu kamar di ketinggian 500 meter tebing Gunung Parang. Hotel ini terletak di Pasanggrahan, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas di dalam kamar sudah sangat lengkap dan memadai seperti hotel kebanyakan. Untuk menuju kamar, kamu harus menggunakan tangga besi untuk memanjat. Mau mencoba sensasi menginap di sini?

Mara River Safari Lodge

Nah, bagi kamu pecinta binatang atau mau ngerasain menginap bersama kawanan beberapa jenis hewan, kamu beserta keluarga bisa menyambangi Mara River Safari Lodge.

Bukan hanya pengalaman liburan di tengah hutan, Mara River menawarkan Menginap di hotel unik karena di sana terdapat zebra, badak dan binatang lainnya. Hotel yang berlokasi di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km.19,8, Kabupaten Gianyar, Bali. Tersedia 38 kamar berfasilitas hotel bintang empat bisa dipesan untuk liburan bersama keluarga Anda.

Firefly Eco-Lodge

Di Firefly Eco-Lodge ada satu tipe kamar yang menyerupai sangkar burung bertingkat. Kamar diibangun dengan konsep semi-outdoor ini tidak memiliki pintu. Sehingga terasa seperti menginap di sangkar burung sungguhan, Untuk menuju kamar, kamu harus menaiki tangga bambu. Pastikan kamu tidak phobia ketinggian jika ingin bermalam di sini. Lokasinya di Geriya Mabian, Br. Ambengan, Peliatan, Ubud, Bali.

Pacific Palace Hotel Batam

Berwisata menggunakan kapal pesiar di lautan, itu sudah hal yang lumrah terjadi. Tapi bagaimana bila kapal pesiar itu berdiri kokoh didaratan?? Yup, Pacific Palace Hotel Batam merupakan hotel berbentuk kapal ini cocok buat kamu yang ingin mencoba sesuatu yang unik.

Salah satu tempat dari hotel-hotel unik di Indonesia itu ada di Jl. Duyung sei. Jodoh, Kepulauan Riau, Sungai Jodoh, Batu Ampar, Batam. Lokasinya dekat dengan terminal kapal feri dan bandara. Bangunan ini berbentuk kapal pesiar terlihat megah di tengah daratan. Hotel dengan sensasi kemewahan saat kamu menginap di kapal pesiar pada hotel berbintang empat ini. Pastinya tidak akan bisa kamu lupakan.

Bambu Indah Resort

Hotel atau resort ini pernah dinobatkan salah satu hotel eksotis di dunia. Pendiri Sekolah Bambu merupakan pemilik dari Bambu Indah Resort ini. Resort ini mempunyai 15 rumah yang hampir keseluruhan bangunan menggunakan material dari bambu dan kayu. Setiap rumah memiliki desain unik dan berbeda satu sama lain.

Salah satunya adalah Rumah Udang, lantainya terbuat dari kaca dan berdiri di atas kolam tambak udang. Jadi, kamu bisa melihat jelas kehidupan biota kolam yang unik. Kamu bisa menemukan resort ini di Jl. Banjar Baung, Desa Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Ingin merasakan sensasi menginap di hotel-hotel unik Indonesia, maka Bambu Indah Resort harus masuk list Anda.

Perkampungan Mongolia, Highland Park Resort

Penginapan yang dibangun dengan konsep perkampungan di Mongolia ini bernama The Highland Park Resort di Jalan Curug Nangka, Sinarwangi, Sukajadi, Tamansari, Bogor. Di sana kamu bisa melihat pemandangan alam Gunung Salak yang indah, bangun pagi dengan segar dan menikmati udara sejuk.

Mentigi Bay Dome Villa Lombok

Hotel-hotel unik di Indonesia terdapat di Lombok tepatnya ada di Malaka, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Villa unik di area Pantai Senggigi ini bangunannya berbentuk dome. Berada di atas bukit dan menghadap langsung ke pantai membuat villa ini memiliki pemandangan eksotik. Beberapa kamar memiliki private pool dan balkon yang menghadap ke pantai.

Bagaimana Dears, kamu tertarik untuk menginap di penginapan atau hotel-hotel unik di atas? Bila sudah menemukan yang cocok, pastikan semua persiapan yang dibutuhkan saat kamu berlibur telah siap. So, its travel time genks. Happy Holiday.

#ODOP day 2
#Estrilook Community

Sunday, September 1, 2019

Berbagai Manfaat Menulis Hingga Baik Untuk Kesehatan loh, Dears

Yuk, Nulis, Banyak Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh Loh, Guys


Mina,, O genkidesu ka? I hope you all fine and health...

Jiiiaaaahhh,, nanya bahasa apa jawab bahasa apa,, tapi pertanyaan terbesar bener gak tuh tulisannya wkwkwk. Oke, kita eh bukan saya hentikan keabsurdan ini.

Tapi entahlah mengapa saya jadi kesyem-syem lagi sama bahasa negeri sakura ini. Iya, dulu gegara anime saya sampe beli buku belajar baca tulis bahasa Jepang, yee,, karena saya orangnya itu suka mood an jadilah si semangat menggebu-gebu itu hilang bagai buih, alhasil saya cuma bisa sedikit mengerti baca huruf hiragana dan katakana tidak kanji Jepang, cuma baca to kalau artinya gak tau wkwkwk (lah dia malah curhat). Alright, Dears, back to the topic.


Sumber Foto IND Times


Namun, kali ini saya lagi gak bahas bahasa negara matahari ataupun animenya. Saat ini saya akan membahas manfaat dari menulis. Menulis bisa dibilang suatu pekerjaan yang gampang gampang susah. Akan terasa mudah bila kita terbiasa menulis, dalam beberapa menit saja kamu bisa merampungkan tulisan tersebut. Kok bisa?

Tentu bisa, kuncinya membaca dan menulis. Dengan membaca tentunya akan memperkaya pengetahuan kita kemudian dari situ kamu bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan, bila dilakukan secara konsesten otomatis membuat kamu mudah menuangkan kata demi kata hingga menjadi tulisan baik itu berupa artikel, essai, puisi, cerpen, novel, dan lain-lain.

Akan tetapi, tak menampik kebanyakan orang ada pula yang merasa menulis itu susah, hal ini dikarenakan banyak yang merasa kesulitan saat ingin mengungkapkan apa yang ada dipikiran mereka, tema sudah ada, gambaran umum mengenai tema juga ada, tetapi ketika akan memulai menulis tangan terhenti, moodnya hilang lagi, terhenti karena kegiatan lain yang menyita waktu dan karena hal-hal seperti itulah yang membuat banyak yang enggan menulis.

Apalagi kalau sudah mati gaya alias kehabisan ide nulis, kalau begini mau nangis aku tuh, hehe. Nah, saat-saat itulah kamu perlu meng-upgrade lagi bacaan kamu atau ikut organisasi atau grup online atau offline untuk menambah pengetahuan serta pengalaman yang bisa kamu bagi ditulisan kamu Dears. Jadi, kalian jangan langsung menyerah apalagi berhenti menulis. Sebab banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan menulis.

Oke, berikut ini akan membahas beberapa manfaat menulis, semoga dengan urain ini bisa memotivasi kamu jadi semangat menulis lagi. So, pasang kacamata kuda jangan berpaling ke yang lain, cus baca sampai tuntas ya, Dears.

Menulis Sebagai Media Belajar

Menulis merupakan sarana kita untuk belajar, dengan menulis akan membuat kita terdorong dan menuntut agar dapat menyerap, menggali serta mengumpulkan banyak informasi untuk membangun tema yang ingin kamu tulis, baik informasi itu sifatnya teoritis maupun berupa fakta yang terjadi.

Disaat kamu mencari dan mengumpulkan informasi itulah sebetulnya kamu sedang berada dalam dunia belajar, mengasah dan juga mempertajam otak kamu dalam berpikir. Hal ini pun berdampak pada pengembangan diri, meningkatkan kemampuan kita untuk belajar bijak dan santun dalam berfikir di mana kesemua itu akan kamu tuang pada tulisan.

Menulis Bisa Mencegah Kepikunan

Kuy, menulis dapat mencegah kamu dari kepikunan loh, mengapa bisa begitu?

Begini Dears, kalau kamu menulis otomatis saat itu kamu berpikir keras. Nah, hal itu berkaitan erat dengan kerja otak. Sebagaimana tubuh yang membutuhkan olahraga, hati yang memerlukan ibadah, begitupun otak kita yang juga memiliki kebutuhan. Maka cara apik untuk memenuhi kebutuhan otak ialah dengan melatih otak untuk terus berpikir positif.

Lalu, bagaimana cara supaya otak tetap bisa berpikir positif? Caranya yakni dengan membiasakan diri untuk menulis, mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran melalui tulisan, dengan kebiasan inilah otak akan terus bekerja, terlebih bila menulis suatu tulisan ilmiah, otak kamu akan bekerja lebih lagi ketika mengumpulkan berbagai referensi untuk menjadi tulisan.

Apabila hal ini terus demikian. Maka otak kita tidak akan pikun nantinya, tidak menjadi pelupa di saat tua, karena ibarat pisau, makin sering diasah dan digunakan, maka makin baik dan tajam, begitu pun dengan otak kita. Misalkan saja kamu pernah menulis dengan tema perjuangan dan saat ini kamu akan menulis sebuah tulisan bertemakan kemerdekaan.

Dengan tema yang hampir mirip seperti itu tentunya otak kamu akan merespon dari tulisan yang pernah ditulis, kemudian memory tentang perjuangan akan menguak dengan sendirinya sehingga otak akan mudah merespon dengan tema yang mirip tersebut.

Menulis Untuk Menjaga Ilmu Agar Tak Hilang Sekaligus Menyebarkannya Secara Luas

Solusi untuk mengabadikan apa yang pernah terpikiran, apalagi itu adalah ilmu yang bermanfaat, oleh sebab itu lewat tulisan ilmu tersebut bisa tersampaikan hingga saat ini dan berlanjut ke generasi berikutnya.

Semisalnya saja para imam tersohor seperti Imam Bukhori, Imam Malik, Imam Muslim, Imam Ahmad, Ibnu Hajar, dan lainnya. Mereka tidak hanya mengandalkan hafalan dan ingatannya untuk menebar ilmu, tapi memperkuatnya lagi melalui tulisan.

Mereka pun memahami bila mengandalkan hafalan dan ingatan, hal ini hanya terbatas pada usianya, dan ketika usia berakhir. Jika telah tutup usia maka berakhir pula manfaat ilmu yang dimilikinya. Dengan adanya tulisan dapat memberikan manfaat pada yang lain hingga bergenerasi meskipun sang penulis telah tiada.

Menulis Sebagai Perekam Jejak Sejarah

Menulis salah satu dari sarana perekam jejak sejarah. Tulisan atau buku-buku tersebut yang paling banyak tersiar dan mudah pula didapat. Dari tulisanlah kita bisa mengetahui kehidupan para nabi, para ulama salaf, tokoh dunia, asal usul sebuah negara, dan lain-lain. Jika hendak meninggalkan kenangan atau sesuatu hal lain sebagai catatan hidup, cukup tuangkan dalam tulisan. Dengan cara klasik ini tulisan kamu akan tetap dan selalu ada.

Menulis adalah Media Komunikasi Terbaik

Menulis dapat kamu jadikan sebagai sarana komunikasi, berapa ulama menulis sebuah kitab untuk menaruh ilmu yang ia miliki di sana, banyak motivator membukukan gagasan atau motivasi dalam bentuk tulisan, para pujangga pun menorehkan tinta di lembaran kertas, dan masih banyak lagi dari mereka yang notabene bisa memberi pengaruh pada orang lain lewat tulisan.

Dari tulisan itu kita dapat tergugah, termotivasi, tergerak, dan terbawa spirit dalam perubahan setelah kita membaca tulisan mereka. Dengan demikian berarti si penulis berhasil menjalin komunikasi dengan audiens.

Karena itu menulis bisa menjadi media komunikasi dengan publik, sarana untuk memberikan informasi yang kamu inginkan, menyebar luaskan sebuah gagasan, dan menyeru orang lain kemudian menggiring mereka untuk megikuti bagaimana untuk berfikir dan berkembang.

Ajaibnya, menulis pun bisa membuat orang-orang terharu, menangis, tertawa, tersenyum, tersadar dari kelalainya, dan termotivasi untuk bangkit menjadi pribadi yang baik dan juga bersemangat.

Karena itu Dears, supaya tulisan yang kamu buat benar-benar berbekas serta bermanfaat bagi yang lain, untuk itu awali tulisan dengan niatan yang baik, diniatkan semata-mata mengharap keridhaan-Nya, bukan untuk tujuan duniawi ataupun tujuan-tujuan semu lainnya.

Menulis Bisa Menghasilkan Ide Baru

Seseorang yang menulis otomatis membuat dirinya berfikir dan berusaha mengembangakan pemahaman serta kemampuan diri. Semangat inilah yang akan mendobrak dirimu, sehingga dapat menemukan ide-ide baru, karena ketika kamu terjun dalam dunia literasi, kamu terus tertantang membuat manuver baru untuk menetaskan ide-ide maupun gagasan mutakhir.

Biasanya Ide-ide baru hanya dihasilkan dari orang-orang pemikir aktif, mempunyai spirit terus belajar dan bekerja keras dalam mengembangkan kemampuan berpikir. Melalui menulis inilah ide-ide terkini akan terus terbit dan tersebar.

So guys, berusahalah untuk menulis apa yang ada dipikirkan mu, apa yang kamu rasakan, lihat, dengar, dari yang kamu baca, ataupun dari hal-hal yang dibagikan orang lain. Karena sesuatu yang besar itu berasal dari yang kecil, dan karena tinggi itu tiada tanpa adanya yang pendek.

Begitupun lahirnya sebuah ide, dia akan terus ada dan berkembang. Dan sebuah gagasan atau ide besar pasti berawal dari ide kecil, dan ide yang luar biasa tentunya tumbuh dari ide biasa sebelumnya. Kesemua hal tersebut saling terkait dan tak terpisahkan, hanya kemalasan, kesombongan dan keengganan yang menjadikan ide-ide beku, statis dan abstrak, malah bisa berujung jadi basi.

So, Dears, menulislah, maka ide-ide baru pun akan terus timbul dalam benak mu. Menulislah, dan ide terbaru pasti akan mengantri untuk kamu tulis.

Manfaat Menulis Bagi Kesehatan

Guys kamu tahu gak, jika kamu menulis menggunakan media kertas, hal ini dapat memberikan manfaat tertentu untuk kesehatan loh, terlebih bagi kesehatan mental kamu!

Kalau kamu sudah lama tidak menulis, ada baiknya kamu mencoba untuk melakukan praktik menulis dahulu, entah itu menulis tulisan ekspresif alias curahan hati, seperti yang biasa kamu tulis dalam buku harian, atau menulis sebuah jurnal rasa syukur.

Dengan mengamalkan kebiasaan menulis setiap hari,  kamu akan merasakan kepuasan tertentu dan mungkin bahkan kamu terbantu untuk melakukan perubahan besar dalam hidupmu. Di bawah ini beberapa jabaran dari manfaat menulis tiap hari untuk kesehatan mu, Dears.

Mengubah Pola Pikir Pasien Kanker Terhadap Penyakitnya

Pada sebuah studi dalam jurnal The Oncologist memperlihatkan bahwa tulisan ekspresif bisa membantu pasien kanker mengubah cara berpikir mereka, serta bisa meningkatkan kualitas hidup para pasien. Tak hanya itu, ternyata dalam temuan awal studi, melakukan latihan menulis selama 20 menit dapat menimbulkan perubahan pola berpikir beberapa pasien tentang penyakit kanker mereka derita.

Membantu Menstabilkan Emosi dan Menyembuhkan Luka

Nah, bagi Mahmud aka mamah muda ataupun orang yang mempunyai tempramental tinggi, kamu bisa mengekspresikan emosi kamu melalui kata-kata, hal ini dapat mempercepat penyembuhan.

Ditulis loh, Dears, bukan dikeluarkan melalui mulut dan baiknya menulis dijurnal pribadi tidak untuk umum apalagi sosmed, belum lagi yang baca status orang baperan plus alai jejadian, yang ada pecah perang dunia ketiga bahkan bisa menjadi bumerang buat kamu, bukan sembuh malah mati ditempat, hehe.

Selain itu, menulis pikiran dan perasaan pasca peristiwa traumatis ini dapat membuat luka fisik dapat sembuh lebih cepat. Menurut studi peneliti di Selandia Baru, peserta yang pernah mengalami biopsi kulit ditugaskan menulis catatan mengenai pikiran terdalam mereka tentang hal apapun selain keyakinan mereka.

Setelah dua minggu, para peneliti melihat adanya kemajuan pada bekas luka yang ada di tubuh mereka. Dan hasilnya menunjukkan mereka yang menulis curahan hatinya mengalami pemulihan lebih cepat dibanding mereka yang dilarang menulis mengenai perasaan mereka.

Membuat Kamu Lebih Terorganisir

Saat kamu mengenal rasa cinta dan berkeinginan untuk mewujudkanya melalui menulis, tentu kamu akan berusaha untuk membuat jadwal menulis di sela-sela hari dengan lebih terstruktur. Penulis sukses akan membuat jadwal menulis dan meletakkannya pada sebuah kalender.

Melakukan hal ini akan membantu mu untuk mempertahankan jadwal keseharian, tak hanya pada aktivitas menulis, tapi kamu juga akan terorganisir dalam bidang lain dalam kehidupan kamu.

Berbicara Lebih Lancar

Hal ini disebabkan adanya peningkatan kosakata dan pengasahan bahasa secara terus menerus, termasuk melakukan editing, di mana editing membuat kamu makin memahami dasar bagaimana tata bahasa yang benar. Apalagi usaha kamu untuk menemukan kalimat alternatif untuk ide-ide sederhana tidak akan hilang ketika beralih dari tulisan kamu ke dunia nyata.

Dan pada akhirnya, hal itu membuat kamu lebih percaya diri ketika berbicara, dan kamu pun akan mewarnai kata-kata dengan pilihan kata halus dan positif, sehingga kata-kata mu bisa berpengaruh dalam setiap percakapan.

Kualitas Tidur Lebih Baik

Jika kamu menghabiskan waktu 15 menit saja di malam hari sebelum tidur, untuk menulis apa yang kamu syukuri bisa membuat keajaiban pada tidur mu, Dears, kenapa?

Dari sebuah studi Applied Psychology: Health and well-being. Di situ para peneliti menemukan peserta studi yang menulis hal-hal yang mereka syukuri sebelum mereka tidur memiliki kualitas tidur lebih baik dan lebih panjang, dari laporan Psychology Today.

Membuat Pikiran dan Tubuh Lebih Baik

Sebuah artikel tahun 2005 dalam jurnal Advance in Psychiatric Treatment, di sana diterangkan mengenai manfaat menulis tulisan ekspresif yang tak hanya dialami dalam jangka pendek, tapi juga berimbas pada jangka panjang.

Menulis tentang perasaan kamu dapat dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, tingkat stres, gejala depresi, dan kesejahteraan. Manfaat fisik yang diperoleh seperti penurunan tekanan darah, peningkatan fungsi hati dan paru-paru. Beberapa hasil penelitian pun menunjukkan dengan menulis tulisan ekspresif bisa membantu pasien atau orang yang memiliki gangguan stres pasca trauma.

Bagaimana Memulai Kebiasaan Menulis?

Kalau kamu belum bisa menulis banyak, atau kamu jarang menulis akhir-akhir ini, hal ini bisa membuat kata-kata terkadang tak mengalir ke pikiran kita. Tetapi, bila kamu menjalani kebiasaan menulis tiap hari dan berusaha lebih keras untuk mengeluarkan kata-kata, tak peduli terasa kikuk kata itu pada awalnya, namun secara berangsur kesulitan itu akan terhapus. Dan pada akhirnya, tanpa membutuhkan waktu yang lama, ide menulis akan mengalir sepanjang hari dan kamu pun mudah untuk menulis.

Dan masih banyak lagi manfaat dari seringnya menulis, apa yang disampaikan di atas hanya sebagian kecil saja, semoga apa yang telah disampaikan berfaidah dan memberikan manfaat juga menjadi motivasi bagi teman-teman yang membaca tulisan ini, sehingga dapat menghidupkan dan terbiasa dalam dunia tulis menulis.

Ends words, Happy writing all.

#ODOP day 1
#Estrilook  Community