Sunday, October 6, 2019

Lakukan 9 Cara ini Agar Kamu Lekas Bangkit dari Kegagalan

Lakukan 9 Cara ini Agar Kamu Lekas Bangkit dari Kegagalan


Tak selamanya kenyataan sejalan dengan keinginan kita. Lika liku hidup menyadarkan akan kenyataan yang acap kali di luar ekspektasi, bahkan bisa menghempaskan kita dari harapan yang didamba-dambakan. Seperti halnya kegagalan, yang kedatangannya tak pernah diundang apalagi diharapkan numpang lewat. Tak seorang pun menginginkannya.

Namun nyatanya semua orang pasti pernah mengalami gagal. Nah, yang menjadi pembeda ialah bagaimana kita menyikapi kegagalan itu sendiri. Ada orang yang terus merutuki keadaannya sambil mencari-cari alasan maupun kesalahan orang lain, tapi ada juga yang bangkit dan menjadikan kegagalannya sebagai pijakkan agar tak jatuh di lubang yang sama.

Lakukan 9 Cara Ini Agar Kamu Lekas Bangkit dari Kegagalan, foto Motifator


Meskipun kegagalan adalah momok yang menakutkan bagi banyak orang. Akan tetapi kamu harus mampu menghadapi serta bangkit lalu move on untuk menggapai kesuksesan. Memang tak mudah untuk bangkit dari keterpurukan, namun bukan hal mustahil untuk mencapai puncak, jika kamu terus mengobarkan semangat dan bekerja keras.

Terus, bagaimana cara agar kita bisa kembali bangkit? Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini beberapa cara menghadapi kegagalan supaya kamu bisa cepat bangkit dan move on.

Senyum


Kegagalan yang menaungi kamu pasti memberikan rasa kecewa hingga membekas karena segala usaha yang dilakukan terkesan jadi tak berarti dan sia-sia. Walaupun demikian, kamu harus tau dan ingat kalau kamu berhak bahagia. Jangan biarkan gagal menghilangkan senyum manis di wajah mu, Dears.

Jika kamu menghadapi kegagalan dengan hati lapang dan sabar serta diiringi senyuman, dijamin kamu jadi merasa lebih lega dan tak larut dalam keterpurukan lagi. Sehingga, kamu pun siap melangkah jauh untuk meraih sukses. Jadi, mulailah tersenyum, pasang senyum manis itu di wajah kamu, ya manis.

Kegagalan ialah Proses Menuju Keberhasilan


Gagal memang hal yang menyakitkan. Tetapi kamu harus percaya kalau kegagalan itu sendiri yang akan menguatkan dirimu agar dapat kembali bangkit. Ingat, tidak ada kesuksesan yang dicapai dengan instan, semua pasti dilalui dengan proses panjang yang penuh rintangan, salah satunya gagal.

Ketika mengalami kegagalan, jangan takut. Tetap positive thinking dan open mind, karena di saat itulah kamu akan belajar tentang banyak hal termasuk dirimu yang tengah ditempa sebelum menerima keberhasilan yang gemilang. Jadi, keep on positive and learn, Dears.

Belajar dari Pengalaman


Pelajaran hidup tak melulu dari pengalaman pribadi, kamu bisa mangambil dari pengalaman orang lain. Tak ada salahnya kalau kita belajar dari pengalaman orang lain, dari kisah kegagalan yang pernah mereka lalui. Agar kamu tidak mengalami kegagalan tersebut.

Kalaupun kamu pernah mengalaminya, ini bukan sesuatu hal yang buruk. Dari pengalaman gagal itu setidaknya memberi kesempatan baru supaya kamu belajar lebih baik lagi. Sekalipun kamu gagal hingga berkali-kali, dari situ kamu punya banyak kesempatan untuk belajar berkali-kali pula.

Bukankah pengalaman merupakan guru yang terbaik? Begitupun dengan pengalaman kegagalan yang kamu alami, gunakan pengalaman tersebut dan jadikan guru terbaik untuk menghadapi tahapan selanjutnya dalam hidup mu, Dears.

Optimis


Kalau ingin bangkit dari kegagalan maka kamu wajib memiliki sikap optimis. Dengan selalu berpikir positif atas kegagalan yang pernah kamu alami kemudian mengubah rasa gagal itu menjadi semangat baru untuk membuka lembaran baru dan meraih sukses.

Kecewa ataupun bersedih saat gagal boleh-boleh saja, tapi bukan berarti hal itu membuat kamu larut dan lama-lama dalam kesedihan sampai-sampai merasa putus asa. Ambil lah hikmah dari segala kegagalan yang kamu hadapi dan jadikan semua itu sebagai pengalaman yang berharga agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Lebih Peka pada Kegagalan


Di setiap keputusan yang kamu buat, apapun itu, pasti memiliki konsekuensi. Dari situ, kita akan lebih peka dalam mendeteksi dari berbagai potensi kegagalan.

Tiap pilihan yang diambil, pasti akan berujung di hasil yang berbeda. Bila kamu mengalami kegagalan hari ini, maka esok hari atau dilain kesmpatan kamu bisa menghindari hal tersebut di lain kesempatan.

Oleh karena itu, mestinya ada kepekaan di dalam dirimu, Dears. Karena sering kali ditemukan orang yang gagal hingga banyak kali, tapi tak mampu mengambil pembelajaran secuil pun dari pengalaman tersebut.

Melatih Ketabahan


Salah satu cara agar kamu sukses untuk bangkit dari gagal yaitu sikap tabah. Memang, sikap ini tak bisa muncul pada dirimu begitu saja. Sebab tiap orang mempunyai kepribadian yang beda satu dengan lainnya.

Walaupun begitu, sebetulnya sikap ini bisa kamu latih, kok, Dears. Jika sudah mengetahui hal-hal apa saja yang dapat memunculkan kemungkinan gagal, baiknya kamu harus merencanakan target-target baru.

Segera Bangkit dari Kegagalan


Sudah banyak orang telah mengalami berbagai kegagalan saat mereka mencoba tuk meraih target. Dan harus diakui, bangkit dari kegagalan ialah hal yang cukup sulit. Kendati seperti itu, kamu menyerah begitu saja tapi kamu harusnya bangkit dan tetap berjuang.

Tiap orang berhak untuk mengawali hidup barunya, pun dengan dirimu, Dears. Entah itu dalam hal karier, hubungan pasangan hidup, atau bahkan tuk menjalin kembali hubungan keluarga yang telah lama putus.

Apapun situasinya kamu harus tetap menjalani hidup, walaupun banyak hal-hal buruk tengah terjadi. Nikmati tiap prosesnya, supaya kamu dapat menerima kenyataan dengan legawa dan sesegera mungkin bangkit dari keadaan terpuruk.

Tidak Menyerah


Meskipun kamu diselimuti kegagalan bertubi-tubi, namun bukan berarti hidup mu berakhir, Dears. Rasa sedih, kecewa, hingga gagal siapapun pernah mengalami hal demikian. Hei! Bill Gates gagal dalam percobaannya tidak hanya sekali dua kali, lho. Ia gagal sampai berkali-kali setelah itu barulah beliau berhasil.

Gagal merupakan sesuatu hal yang mudah, namun tidak menyerah kemudian bangkit butuh keberanian dan keteguhan hati tuk melewatinya meski sulit hingga terseok-seok. Mungkin dirimu saat ini merasa hidup sudah hancur berkeping-keping, seolah bak pecahan kaca yang tak mungkin utuh seperti semula.

Walau demikian, percayalah, Dears, seiring waktu berjalan semuanya akan baik-baik saja. Mungkin jika kamu berdamai dengan waktu, kamu akan menemukan keyakinan mu kembali hingga dirimu berhasil menyingkirkan masa-masa kelam, asalkan kamu tidak menyerah.

Dukungan dari Orang Terdekat


Di saat-saat jatuh terpuruk atau tertimpa kegagalan, seseorang pasti butuh motivasi dan semangat dari orang terdekat. Di kala kamu mengalami gagal tak ada salahnya berbagi orang terdekat untuk mu misal dengan pasangan baik itu istri atau suami, sahabat, maupun orang tua.

Dukungan morel berupa hal-hal positif walaupun hanya sekadar kata semangat dari orang terdekat bagi mereka yang tengah terpuruk biasanya ampuh menambah semangatnya dan kembali bangkit untuk terus berjuang hingga meraih sukses.

Karena dengan dukungan tersebut kamu akan mendapatkan energi positif lebih dan membuat semangat hidup kembali. Di saat seperti ini pula kamu jadi lebih tau, mana saja orang yang benar-benar tulus mendukung mu meski keadaan mu jauh dari kata baik.

Pada mulanya mungkin dirimu sulit tuk menjalaninya hingga tertatih tatih bahkan jatuh bangun, namun semua itu proses yang harus dilalui agar kamu menjadi personal yang memiliki kualitas terbaik, baik itu dilihat dari outside or inside.

Semoga uraian langkah-langkah untuk bangkit dari kegagalan dapat membantu teman-teman yang membaca artikel ini dan bermanfaat bagi si pembaca dan penulis.

Fight your weakness and get back your faith. God bless you, Dears.

5 comments:

  1. Aaah jadi terugugu sendiri dipojokan, baca ini bikin saya sadar betapa egoisnya kita terhadap diri sendiri. harus senyuuuum... ^_^

    ReplyDelete
  2. Bagus banget tipsnya mba, memang kadang ketika kita mendapatkan kegagalan dalam sebuah usaha, tidak mudah untuk menerima. Suka gondok juga sama yg berhasil. Kenapa dia bisa? Kenapa bukan saya? Itulah yg harus diperbaiki, ikhlas kunci utamanya ya. Terima kasih mba ..

    ReplyDelete
  3. Poin yang paling ngena sih buat aku agar tidak menyerah karena kadang udah gagal, baper kelamaan, dan akhir nyerah gak mau coba lagi. Thanks buat remindernya nih. Cayoo semangat lagi.

    ReplyDelete
  4. Menjalani kehidupan tidak akan selalu berjalan mulus. Ada ujian yang akan menghadang, termasuk kegagalan. Tipsnya membantu menyemangati diri agar tidak terus terpaku dengan kegagalan yang dihadapi.

    ReplyDelete
  5. Poin pertama, jarang dilakukan, padahal ternyata efeknya dahsyat banget ya mba... mulai dari senyum untuk bangkit kembali... tetep semangat.. :)

    ReplyDelete