Ikuti Cara Ini Dears, untuk Memilih Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit Kamu

Ikuti Cara Ini Dears, untuk Memilih Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit Kamu - Terkadang memilih skincare yang tepat dan juga sesuai bukanlah perkara mudah, terlebih lagi kalau kulit masuk kategori kulit sensitif.

Bukannya kinclong yang ada malah dapet zonk,, horor kan jadinya. Makanya Dears, kamu tuh kudu, mesti, harus, wajib memilah produk skincare yang betul-betul cocok buat kulitmu.

Ikuti Cara Ini Dears, untuk Memilih Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit Kamu, sumber foti thebodyshop.co.id
Ikuti Cara Ini Dears, untuk Memilih Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit Kamu, sumber foti thebodyshop.co.id


Sebab, tidak semua orang yang punya kulit normal, bagi sebagian orang kulit wajah mereka itu adalah area yang paling sensitif daripada bagian tubuh yang lain. Nah, kalau kamu salah pakai skincare yang tak sesuai jenis kulit, memungkinkan timbulnya masalah di kulit.

Kalau begini, bagaimana cara pilih skincare yang tepat agar wajah tetap aman dan juga mampu mempercantik tampak wajah?

Tips Memilih Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit Kamu


Mengenal kondisi dan jenis kulit merupakan hal paling dasar yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan skincare. Sebelum memilih skin care tersebut wajib bagi mu mengetahui tipe kulit sendiri, kemudian barulah gunakan skincare yang sekiranya cocok dengan keadaan kulitmu, Dears.

Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan dampak negatif bila skincare tersebut tak cocok pada kulit. Sebab beberapa orang mempunyai tipe kulit yang sensitif, mudah kemerahan, gampang jerawatan, dan terlalu kering. Karena itu mengenali hal dasar ini penting adanya agar wajahmu selamat dari dampak buruk itu.

Adapun cara efektif lainnya untuk membantu kamu tentukan jenis kulit, ada baiknya kamu diskusikan hal tersebut dengan pakar ahli kecantikan atau pada dokter kecantikan, supaya kamu tak salah membeli produk skincare hingga membahayakan kulit wajahmu dari dampak negatif maupun berbagai penyakit kulit lainnya.

Nah, kalau kamu telah menentukan jenis kulit, berikut cara memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit, simak baik-baik ya, Guys :)

• Kulit Kusam


Biasanya orang yang cenderung memiliki wajah kering akan mengalami kusam di area kulit wajah. Tapi, kalau kamu menjalankan perawatan yang tepat problem pada wajah kusam kamu pun dapat ditangani dengan baik. Adapun salah satu cara yang  dapat dikerjakan bagi si pemilik wajah kusam, yakni dengan memakai tabir surya ketika kamu keluar rumah.

Kemudian kamu mesti memilih produk skincare yang bisa lembabkan kulit serta mempunyai efek mencerahkan. Dengan demikian, wajah mu tak akan terlihat kusam lagi, Dears.

• Kulit Berminyak


Ketimbang  kulit berjenis kulit kering, untuk pemilik kulit wajah berminyak mempunyai banyak keunggulan, salah satunya wajah tak mudah keriput. Dengan begitu wajah kamu lebih awet muda. Namun sisi buruknya bagi pemilik kulit berminyak lebih rentan memiliki masalah kulit, misalnya pori-pori besar, komedo, dan jerawat.

Cara memilih skincare untuk kulit berminyak yang cocok ialah yang tidak terdapat kandungan minyak di dalamnya. Tak lupa pula gunakan pelembab, meski kulit berminyak tetap memerlukan pelembab walau kadarnya lebih sedikit dibanding wajah yang kulitmya kering.

Dan bagi si pemilik kulit berminyak lebih cocok dengan skincare yang teksturnya berupa gel. Tetapi jangan lupa kamu perhatikan petunjuk penggunaan pada kemasan produk. Lalu cari tahu apakah produk itu aman dan cocok untuk kamu yang punya kulit berminyak.

• Kulit Kering


Tak heran bila garis halus cepat terlihat pada pemilik kulit kering, karena kulit jenis ini sangat rentan mengalami keriput. Wajah kering rentan pula tampak kusam dan tak bercahaya. Terlebih kulit kering ini akan menjadi masalah serius kalau kamu travelling maupun tinggal di daerah dengan kondisi cuaca dingin.

Tak hanya cuaca dingin saja yang mesti kamu waspadai, bagi wajah dengan kulit kering bila terjadi perubahan hormone pun perlu diperhatikan. Agar kulit kering kamu tidak makin parah tiap harinya, sebagai langkah pencegahan baiknya kamu tidak sering mencuci wajah menggunakan air hangat.

Adapun untuk memilih skincare yang tepat bagi si kulit kering ini harus sesuai dengan jenis kulit yang bahannya dapat melembabkan wajah kamu, seperti halnya hydrating toner. Si empunya kulit kering pun lebih cocok gunakan skincare yang tekstur balm ataupun krim atau balm.

Hindari pula produk skincare berbahan dasar alcohol. Alkohol ini akan menyerap air di wajah dan akan membuat kulit kamu jadi makin kering. So, perhatikan baik-baik produk yang akan kamu pakai, ya, Dears.

• Kulit Sensitif


Nah, yang terakhir adalah jenis kulit sensitif,  tipe kulit ini bisa memiliki reaksi yang condong kulit kering maupun berminyak. Hal yang membedakannya yaitu respon yang tampak pada kulit ketika mendapati kontak pada zat kimia ataupun bahan tertentu. Kalau kulit kamu jadi kemerahan saat menggunakan produk skincare tertentu, lebih baik kamu hentikan pemakaiannya.

Produk skincare yang mengandungan alkohol bagi si pemilik kulit sensitive baiknya kamu hindari.  Karena itu, memilih skin care yang tepat untuk jenis kulit ini dengan kandungan bahan alami yang sangat direkomendasikan bagi kulit sensitif.

Di pasaran sekarang ini ada puluhan hingga ratusan produk skincare yang beredar untuk tiap jenis kulit. Tentunya, tak semua produk kecantikan ini akan sesuai untuk kulit kamu. Oleh sebab itu, kamu mesti benar-benar memerhatikan dengan sebaik mungkin. Ada banyak yang patut dipertambangkan terlebih dulu sebelum pakai skincare, agar kamu tak salah pilih.

4 comments for "Ikuti Cara Ini Dears, untuk Memilih Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit Kamu"

  1. Betul, pemilihan jenis kosmetik baik untuk wanita juga pria harus sesaui betul dengan jenis kulit yang dimiliki.

    Kalau salah pilih, malah bikin kulit wajah jadi bermasalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget, apalagi kulit sensitive mesti pintar memilah produk yang baik buat kulitnya :)

      Delete
    2. Ya, kak.
      Kulit sensitif rada-rada susah gampang penanganan dan perawatannya juga pemilihan kosmetik yang cocok dari brand tertentu.

      Kadar kesensitifan kulit orang juga berbeda satu dengan yang lain 🙂

      Delete

Post a Comment