Lagu Penyemangat di Tengah Pandemi Corona

Lagu Penyemangat di Tengah Pandemi Corona - Tak pernah terbayangkan bahkan terbesit dalam benak dunia mengalami pandemi corona, di mana virus covid 19 ini telah menyebar di seluruh dunia dan telah menelan korban ratusan ribu orang yang meninggal dan puluhan ribu manusia terinfeksi corona. Bahkan virus dengan ukuran 26-32 kilobase ini mampu menggoyahkan persendian ekonomi seluruh Negara.

Pandemi ini awalnya ditemukan beberapa pasien dari pasar makanan laut di wilayah Wuhan, China. Pasien tersebut mulanya di duga terjangkit virus yang mirip dengan SARS, namun hasil penelitian selanjutnya menyebutkan kalau penyakit yang diidap merupakan jenis virus corona terbaru dan kini dikenal nama virus covid 19.

Baca juga

lagu-penyemangat-di-tengah-pandemi-corona
Lagu Penyemangat Di Tengah Pandemi Corona, sumber foto Tempo.co

Covid 19 di Indonesia dan List Lagu di Tengah Pandemi

Indonesia pun tak luput dari virus ini, alhasil kegiatan belajar mengajar sekolah dihentikan, para warga pun dihimbau agar tetap tinggal di rumah. Jadi aktivitas, belajar, beribadah, dan bekerja ini semua dilakukan di rumah. Di tengah kekisruhan pandemi corona ini Indonesia dikejutkan atas berita kematian musisi terbaik tanah air.

Beliau adalah Glen Fredly, musisi kenamaan yang memiliki jiwa sosial tinggi ini tutup usia karena penyakit meningitis pada 8 April 2020 lalu, diumur 44 tahun. Glen dikenal sebagai musisi yang piawai membuat lagu puitis mengahnyutkan. Banyak lagu-lagu beliau yang hits dan sangat populer di masyarakat, sebut saja Januari, Kasih Putih, Kisah Romantis, dan masih banyak lagi.

Oh iya, kalau temen-temen mau bernostalgia lagu-lagu Glen, kamu bisa mengunjungi blog mba Litha untuk melihat berbagai video lagu dari Glen, lho. Jangan lupa berkunjung, yah, Dears. Mengenang lagu terbaik beliau setidaknya bisa mengurangi ketegangan dan kebosanan kamu di masa pandemi ini.

Tapi sebenarnya banyak musisi Indonesia yang juga menciptakan lagu penyemangat di saat pandemi yang mengharuskan semua orang meminimalisir aktivitas luar rumah. Dan kini pemerintah menerapkan PSBB di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor. PSBB merupakan akronim dari Pembatasan Sosial Bersekala Besar. Otomatis, masyarakat akan lebih banyak habiskan waktunya di rumah.

Meski di rumah kamu masih bisa melakukan berbagai kegiatan kok,  seperti memainkan musik, bernyanyi, ataupun mendengarkan lagu. Cara tersebut sangat ampuh tuk luapkan ekspresi mu dikala rasa jemu mendera, Dears.

Kamu juga bisa buat lagu, biasanya para musikus menciptakan sebuah lagu dimana tak jarang terdapat pesan yang mendalam dari penulis lagu tersebut. Seperti halnya beberapa seniman vocal Indonesia yang membuat lagu bertemakan situasi pandemi covid 19 saat ini. 

Pembatasan sosial dikarenakan wabah virus covid 19 tidak menghentikan para musikus tanah air berkarya, malah sejumlah musisi terispirasi untuk menciptakan lagu dari pandemi corona yang melanda dunia. Dalam lirik lagu, para penyanyi menyelipkan berupa imbauan dan pesan agar penduduk Indonesia lebih mentaati anjuran social distancing dan lainnya.

Daftar Lagu Penyemangat Bertajuk Virus Covid 19

Di bawah ini terdapat sejumlah lagu bertema covid 19 yang harus kamu dengarkan;

Al Wabaa’ - Sabyan

Pada Sabtu 4 April 2020 grup musik Sabyan mempersembahkan lagu single baru yang berjudul Al-Wabaa. Lagu yang diciptakan oleh Ayus pemain keyboard Sabyan ini memiliki lirik yang sangat menyentuh, di akun You Tube resmi mereka yakni Sabyan telah diputar hingga 4.379.550. Video ini juga mendapat 333 ribu jempol.

Al Wabaa ini adalah respon atas pandemi corona dan liriknya ditujukan pada semua lapisan masyarakat yang menjalani physical distancing. Dalam lagu tersebut pun terselip doa agar wabah covid 19 ini cepat sirna dari muka bumi.

Doa untuk Kamu - Aviwkila

Bagi kamu yang biasa mendengarkan lagu-lagu cover pasti mengenalai duo suami istri asal malang ini. Lagu dengan judul Doa untuk Kamu ini dirilis pada chanel You Tube pada tanggal 30 Maret 2020. Aviwkila duo grup di mana sang vokalis Thana Ajeng Purishita dan Gitaris Uki Diqie. Lagu tersebut dipersembahkan bagi orang yang masih tetap bekerja di luar rumah demi keluarga mereka.

Hingga kini, doa untuk kamu sudah didengar lebih dari 175.479 kali pengguna You Tube dan disukai sekitar 12 ribu netizen. Dari akun resmi Instagram @Aviwkila mereka menyatakan hasil adsense dan seluruh keuntungan dari video di rumah aja acoustic session ini akan disumbangkan untuk penanggulangan pandemi corona di Indonesia.

Tersenyumlah Sobat - Judika

Penyanyi jebolan Indonesian Idol berdarah Batak ini juga menciptakan lagu bertajuk Indonesia menghadapi corona. Lagu Tersenyumlah Sobat menceritakan kondisi pandemi yang tengah melanda Indonesia dan lagu ini pun didikasikan untuk warga Indonesia, seperti pernyataan Judika di akun Instagramnya.

Harapan Judika dalam lagunya ini dapat memberi semangat dan menguatkan banyak orang. Terutama bagi pasien yang terinfeksi covid 19, pekerja yang tetap bekerja di luar rumah, dan tim medis yang berjuang di garis depan.

Gara Gara Corona - Project Pop x Cameo Project

Vocal grup parody Project Pop pun ikut meramaikan dengan merilis lagu dengan tajuk covid 19. Grup music ini menitik beratkan isi lirik lagi pada hal-hal untuk mengedukasi warga +62 perihal wabah virus corona. Seperti larangan panic buying, menganjurkan rajin cuci tangan, dan masih banyak lagi edukasi lainnya.

Project Pop juga mengimbau kepada seluruh warga Indonesia untuk tetap waspada dan stay at home. Di chanel You Tobe mereka lagu yang pada awalnya berjudul Gara-Gara Kahitna kemudian digubah menjadi Gara-Gara Corona ini telah disaksikan hingga 576.460 dan diberi jempol oleh pengunjungnya sekitar 23 rb.

Virus Corona - Rhoma Irama

Penyanyi sekelas Rhoma Irama seorang raja dangdut Indonesia ini juga mengeluarkan lagu dengan judul Virus Corona. Lagu ini mengisahkan sebuah kegelisahan, kesedihan, dan juga ketakutan manusia terhadap pandemi corona yang telah menyebar ke seluruh dunia ini.

Melalui lagu ini Rhoma Irama berharap menjadi penyemangat wabah dan ajakan bagi masyarakat untuk introspeksi diri serta mengambil hikmah atas wabah covid 19 yang tengah terjadi. Semenjak Sabtu 4 April 2020 video music Virus Corona ini sudah ditonton sampai 1,5 juta di platform You Tube.

Menjaga Dunia - MARI X 16 Musisi Indonesia

Lagu dengan topik perlawanan pada covid 19 ini melibatkan penyanyi papan atas Indonesia sebanyak 16 musisi. Menjaga Dunia diprakarsai oleh MARI yakni Grup Mahaka Radio Integra ini berisi ragam imbauan pada warga indonesia agar terapkan anjuran WFH sebagai mana yang disarankan pemerintah agar mencegah penularan virus corona makin meluas.

Adapun musisi yang turut menyumbangkan suaranya dalam project ini yaitu Anji, Ryan D’Masiv, Titi DJ, Claudia Emmanuela, Judika, Ifan Govinda, Lala Karmela, Pamungkas, Vidi Aldiano, Nedia HIVI, Ilham HIVI, Cita Citata, Rizky Febian, Dimas Joey, Ifan Govinda, Ade Govinda, dan Jeje Govinda.

Dikarenakan semua musisi yang ikut project menjaga dunia ini melakukan anjuran social distancing, maka proses rekaman dilakukan di lokasi yang berbeda. Kemudian hasil rekaman masing-masing musisi ini dikirim menggunakan email. Sesudah semua vokal dan musik Menjaga Dunia terkumpul, barulah Ade Govinda menyatukannya jadi sebuah lagu.

Proses rekaman seperti ini bagi Titi DJ serta Anji adalah sesuatu hal yang baru dilakukannya. Dan menurut mereka walau kondisi sekarang yang serba terbatas ternyata tetap bisa melakukan apapun secara maksimal. Lagu Menjaga Dunia dipersembahkan untuk penduduk Indonesia serta dunia yang sedang berjuang di masa pandemi corona.

Nah, itulah beberapa lagu penyemangat yang patut kamu dengar. Agar tetap bersemangat dan tetap waras stay at home selama sosial distancing ini. Semoga segera mungkin masa-masa pandemi corona ini cepat berlalu dan semua yang terinveksi lekas sembuh dan tak ada lagi yang terjangkit virus ini. Aamiin :)

Sumber referensi
m.oase.id
kompas.com