Tips Memilih Service Center Printer Terbaik

Printer canon Anda rusak? Tentunya Anda harus mencari service center printer yang berkualitas dan terbukti mampu perbaiki printer dengan benar. Apalagi saat ini sudah banyak tempat service printer canon di berbagai daerah. Untuk itu, bila Anda ingin memperbaiki printer canon ataupun jenis lainnya, jangan asal-asalan memilih service center. Pilih service center yang terkenal dan terjamin kualitasnya.

Tips Memilih Service Center Printer dan Cara Merawat Printer

Lantas, bagaimana cara mendapatkan service center printer Canon, Hp, Epson, atau lainnya yang tepercaya dan tepat? Berikut ini tips memilih service center agar Anda tak salah pilih.


tips_memilih_service_center_printer_terbaik


Teknisi Service Printernya Sudah Berpengalaman

Hal penting yang perlu diperhatikan dengan seksama dalam memilih service printer yakni teknisi yang berpengalaman. Pastikan tempat tersebut memiliki teknisi mumpuni dan berpengalaman dalam memperbaiki masalah printer. Dengan menggunakan jasa teknisi di service center yang dipastikan berpengalaman dalam bidangnya, tentu printer canon Anda bisa diperbaiki dengan benar tanpa khawatir rusak kembali.

Pertimbangkan Rekomendasi dan Testimoni Orang Terdekat

Saat mencari service printer, alangkah baiknya untuk memperhatikan testimoni dari service printer canon tersebut. Apabila terdapat banyak testimoni positif dari para pelanggan sebelumnya, bisa dipastikan service center itu mempunyai kualitas yang bagus. Jika Anda punya teman, kerabat, atau orang terdekat yang pernah bermasalah printernya, mintalah rekomendasi tempat service dari orang tersebut. Diharapkan dengan testimoni dan rekomendasi ini Anda memperoleh service center berkualitas.

Pelayanannya Terbaik

Umumnya service center berkualitas akan mengutamakan kepuasan dan kenyamanan customernya. Jadi bukan cuma kinerja untuk memperbaiki printer yang diutamakan. Tetapi, tentang pelayanannya juga diprioritaskan. Sebab itu tak heran, kalau pelayanan terbaik menjadi faktor penting dalam mempengaruhi service printer ini yang bagus.

Komunikasinya Baik

Selain memberi pelayanan terbaik dan ramah pastikan pilihan Anda itu komunikasinya baik pada Anda. Dengan begitu Anda paham detail mengenai masalah yang terdapat dalam printer dimiliki. Komunikasi yang baik dapat pula berdampak pada transparansi aktivitas perbaikan. Begitupun biaya perbaikan printer tersebut semua jelas di awalnya.

Memiliki Jaminan atau Garansi

Tempat perbaikan printer yang profesional dan dapat diandalkan, semestinya akan memberikan konsumennya jaminan berbentuk garansi. Adapun garansi tersebut mempunyai tujuan agar semua pelanggan merasa nyaman dan aman pada hasil yang akan diperoleh seusai perbaikan. Garansi ini bisa menjadi jaminan, jadi bila dalam kurun waktu tertentu printer Anda rusak dengan masalah yang sama, Anda dapat menggunakan garansi tersebut.

Cara Merawat Printer Supaya Awet

Untuk merawat printer sebaiknya Anda pahami hal-hal berikut ini agar printer tak mudah rusak, apalagi jika jenis printer yang dipakai itu harganya cukup mahal. Berikut ini rangkuman sejumlah cara merawat printer untuk menjadi pedoman agar printer canon atau merek lainnya selalu awet serta tahan lama.

Gunakan Tinta Printer yang Tepat

Dalam menggunakan printer, Anda perlu perhatikan pemakaian tinta printer. Karena penggunaan jenis tinta yang tepat akan membuat printer milik Anda awet. Apalagi kini banyak sekali tinta yang dijual dipasaran itu ikut berkontribusi pada kerusakan printer saat tak digunakan, sehingga mengakibatkan kebuntuan di head printer atau cartridge.


Selain itu, tiap jenis dan merek tinta yang dijual berbeda-beda tingkat kekentalannya. Maka, penting sekali Anda selalu tetap menggunakan tinta yang berkualitas dan karakter tintanya sama seperti tinta yang digunakan pertama kali. Tapi, jika Anda terpaksa ganti tinta original printer dengan tipe tinta compatible, sebaiknya Anda konsultasikan lebih dulu pada ahli teknisi printer.

Rutin Memakai Printer

Untuk merawat printer yang baik Anda harus biasakan memakai printer dengan rutin. Umumnya, dalam body printer ada banyak suku cadang yang memiliki fungsi menggerakan pelbagai bagian printer. Tiap suku cadang ini terdapat pelumas yang dapat membantu kinerja printer jadi jauh lebih halus.


Jika printer Anda tidak dipakai dalam kurun waktu yang lama, dipastikan pelumas yang terdapat dalam suku cadang perlahan akan kering. Seperti halnya kendaraan, kalau sejumlah mesin printer yang bergerak tak menggunakan pelumas, maka kinerja printer Anda jadi tersendat dan lambat. Bahkan, yang terburuk membuat printer rusak sebab suku cadangnya patah.


Bukan cuma dari sisi suku cadang, pemakaian printer secara rutin dapat menghindari menurunnya kualitas head printer dan cartridge. Sebab, ada beberapa macam tinta yang berpotensi mengakibatkan kebuntuan pada bagian tersebut bila dalam jangka waktu lama tak digunakan printernya.

Tempat Menyimpan Printer

Hal selanjutnya yang patut Anda perhatikan yakni di mana tempat menaruhnya dan bagaimana menjaga printer Anda bebas dari debu maupun risiko kerusakan yang lain. Sebab sebuah printer ada berbagai komponen penting yang gampang rusak terlebih kalau terkena debu. Karena itu, bila printer tidak digunakan tutup printer memakai kain.


Akan lebih baik jika meletakkan printer Anda di meja atau tempat yang lumayan tinggi. Dengan begitu printer Anda akan terhindar dari tersenggol, rusak maupun tikus yang memakan kabel data printer.

Mengganti Selang Printer

Biasanya, masa pemakaian selang tergantung pada jenis tinta yang digunakan untuk mencetak. Selang ini sendiri merupakan bagian penting untuk mengalirkan tinta dari tabung ke tempat cartridge printer. Namun kebanyakan orang menganggap selang printer masih layak digunakan selama bisa menyalurkan tinta, sedangkan pemikiran itu salah.


Apabila dalam waktu yang sangat lama selang tak pernah diganti, hal ini akan mengakibatkan selang jadi keras dan membuat tidak teraturnya gerakan selang printer, dan hall yang terparah saat tengah proses mencetak bisa tersangkut. Adapun waktu penggantian selang ini tergantung dari jenis tinta yang dipakai. Makin kental tinta printernya maka selang printer Anda akan cepat intensitas penggantiannya.


Jika jenis tinta itu tekstur kentanyal serupa tinta pigment, tinta sublim, dan tinta art paper, untuk waktu penggantian ideal yakni tiap 5-6 bulan. Berbeda kalau tinta yang dipakai lebih cair yaitu tinta anti UV atau dye based, maka Anda bisa mengganti selang printer tersebut setidaknya satu tahun sekali.

Tak Mencetak untuk Jumlah Banyak

Adapun tips atau cara terakhir merawat printer yang terbilang efektif ialah dengan cetak satu persatu saat memakai printer. Sebab, bila mencetak seperti itu akan memberi waktu istirahat meski sedikit pada gear printer dalam proses pendinginan di permukaan mesin printer. Lalu, tempat head printer pun secara otomatis akan melakukan cleaning supaya hasil cetak printer kualitasnya tetap terjaga.


Jumlah mencetak dikatakan banyak apabila ketika proses mencetak itu tanpa henti hingga lebih dari 25 lembar. Jika hal ini tetap Anda lakukan, kondisi gear printer akan cepat panas maka head printer tak sempat mengerjakan cleaning secara otomatis. Maka hal ini akan menyebabkan hasil cetak warna tidak menjadi buram atau jadi putus-putus.


Saat mencari service center printer tentu Anda tak boleh sembarangan, karena menyangkut keberhasilan perbaikan printer dan biaya pastinya. Sejumlah tips perawatan printer Hp dan merek lainnya ini mungkin akan membantu Anda menjaga keawetannya, sehingga tidak perlu sering-sering pergi ke service center printer lagi.






No comments for "Tips Memilih Service Center Printer Terbaik"