Mengulik Kisah Kelam Oprah Winfrey, Billioner Terpandang di Dunia!

Salah satu wanita yang berpengaruh dan penuh inspiratif di dunia ini memiliki hati mulia dan dermawan, perempuan ini sukses membawa acaranya sendiri dia adalah Oprah Winfrey. Keberhasilannya membawa acara talkshow yang melegenda itu melambungkan nama Oprah hingga kini. Beliau merupakan seorang entrepreneur, entertainer, dan juga aktivis dengan kepedulian tinggi.
Acara talkshow The Oprah Winfrey Show mengudara semenjak 1986 hingga 2011. Talkshow tersebut mencapai peringkat pertama berkat kepiawaian Oprah mengolah acaranya sampai dikenal seantero jagad raya. Namun, dibalik kesuksesan itu beliau pernah menjalani masa kelam kala Oprah masih kecil. Kepahitan hidup tak membuatnya patah arang, bahkan ia berjuang keras meraih impiannya.
Baca Juga
Mengulik Kisah Perjalanan Karier Niluh Djelanti

mengulik-kisah-kelam-oprah-winfrey-billioner-terpandang-di-dunia
Mengulik Kisah Kelam Oprah Winfrey yang Kini Menjadi Billioner Terpandang di Seluruh Dunia, foto yoga journal

Masa Kecil Oprah yang Lahir dari Keluarga Broken Home

Oprah Gail Winfrey eksekutif media miliarder lahir pada 29 Januari 1954 dari pasangan Vernita Lee dan Vernon Winfrey. Siapa yang menyangka wanita yang memilki jaringan telivisi sendiri ini dahulunya hidup miskin. Sebetulnya orang tua Oprah bermaksud memberi nama seperti yang ada dalam Alkitab yaitu Orpah. Dikarenakan bidan tak dapat mengeja dengan benar hingga dicatat dengan nama Oprah Winfrey.
Terlahir dalam keluarga yang hidup serba kekurangan dan dipenuhi pertengkaran dari seorang ibu muda dan ayah yang hanya bekerja sebagai tukang cukur, pada akhirnya pertengkaran itu berujung perpisahan. Kondisi ini membuat Oprah diasuh oleh neneknya yang tinggal di lingkungan kumuh. Bersama sang nenek ia dididik dengan keras.
Alhasil, didikan ini malah menjadikan Oprah mampu berbicara serta menampakkan diri dihadapan umum di usianya yang baru menginjak tiga tahun. Ketika ia berumur 6 tahun Oprah tinggal bersama Vernita ibu Oprah yang telah menikah lagi. Dengan demikian ia pun tinggal bersama ayah tiri serta saudara tiri.

Kurangnya Perhatian dan Pelecehan yang Mengakibatkan Oprah Hamil

Pada saat Vernita memperoleh pekerjaan sebagai pembantu di Milwaukee, Wisconsin. Ibunya memutuskan untuk mengambil kembali Oprah dari tempat neneknya. Karena pekerjaannya, setiap hari Vernita harus meninggalkan anak-anak di pagi buta dan pulang pada malam hari, hingga membuat ia tak punya waktu bersama keluarganya.
Pekerjaan sang ibu membuat Oprah merasa kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang. Untuk menarik perhatian ibundanya ia sering kabur dari rumah. Akan tetapi hal buruk malah menimpanya, Oprah mengalami pelecehan pada saat usianya sembilan tahun. Hal tersebut dilakukan oleh keluarga dari ibunya sendiri, padahal orang ini diminta untuk menjaga Oprah.
Kejadian itu terus berlanjut hingga beliau hamil di usia 14 tahun. Naasnya bayi prematur yang ia lahirkan tidak dapat bertahan lama, sekitar dua minggu bayi tersebut akhirnya tiada. Hal ini tentu membuat dirinya terpukul, atas kejadian itu pula akhirnya Oprah tinggal bersama Ayahnya. Vernon Winfrey memiliki kepribadian tegas dan disiplin, membuat Oprah tak berani kabur atau melakukan hal nakal lainnya.

Titik Balik Bangkit dari Keterpurukan dan Perjalanan Menuju Kesuksesan

Semenjak wanita yang lahir di Kosciusko, Missisipi, ini tinggal bersama ayahnya yang notabene seorang mantan tentara. Mendidik Oprah secara ketat dan disiplin, Vernon juga mengharuskan Oprah tiap akhir pekan untuk membaca buku lalu membuat ringkasannya. Namun, dari didikan ayahnya itulah, membuat beliau menjadi sosok yang percaya diri, cerdas, dan tegas.
Tinggal bersama sang ayah dan ibu tirinya Zelma, jadi titik balik hidupnya hingga Oprah meraih kesuksesan. Ketegasan Vernon mendidik dirinya dijadikan cambuk untuk membuktikan pada ayahnya kalau ia dapat meraih prestasi. Bahkan Vernon tak mau mengambil rapotnya jika nilai tersebut bukan A. Walau peraturan yang diberikan sangat tegas namun Oprah tidak kekurangan kasih sayang.
Hal itulah yang dibutuhkan Oprah, meski diawal ia sangat membenci segala peraturan itu. Wanita yang terkenal cerdas ini juga aktif dalam lingkungan gereja hingga beliau dijuluki The Little Speaker. Selain berprestasi Oprah juga berhasil merah beasiswa dan diundang ke gedung putih untuk mengambil beasiswanya agar ia meneruskan pendidikannya ke bangku kuliah.

Awal Karier Menjadi Penyiar

Karena Oprah memiliki kemampuan berbicara di depan publik sangat baik, ia memulai karier sebagai penyiar berita saat berumur 17 tahun di sebuah radio lokal. Bayaran yang diterima pun terbilang besar bagi seorang murid sekolah menengah atas di tahun 1970-an yakni 100 $ per minggu.
Tak lama kemudian tepatnya ketika beliau berusia 19 tahun, Oprah menjadi wanita kulit hitam pertama dan paling muda yang menjadi pembawa acara berita serta wartawan di stasiun TV lokal di Nashille. Dari sanalah awal ia memasuki dunia penyiaran dan berlanjut ketingkat yang lebih tinggi lagi.

Karier Penyiaran Acara Bincang Bincang yang Mendunia

Ketika Oprah pindah ke Baltimor pada tahun 1976, di sana beliau menjadi presenter di TV chat People Are Talking. Acara tersebut pun melejit dan menjadi hit dan Selama delapan tahun Oprah bertahan dalam acara itu. Kemudian beliau bergabung ke stasiun TV Chicago dan menjadi tuan rumah acara pada paginya sendiri, yaitu AM Chicago .
Kala itu pesaing utama di slot waktu tersebut ialah Phil Donahue mrupakan acara yang populer. Dalam hitungan bulan, kepribadian Oprah yang terbuka serta memiliki hati yang hangat memenangkan 100.000 penonton melebihi Donahue dan membuat acara beliau yang tadinya ada diperingkat terakhir melaju ke peringkat pertama.
Dua tahun kemudian ia meluncurkan talkshownya sendiri yang bertajuk The Oprah Winfrey Show pada tahun 1986 sebagai program nasional yang berjalan hingga 2011. Acara yang telah mengudara selama 25 tahun ini menjadi acara yang paling fenomenal. Di akhir tahun pertunjukan acara bincang-bincang ini memperoleh keuntungan 125 $ dan Oprah mendapat bagian 30 $.
Pada tahun 2019 Oprah mengungumkan bila ia akan mengakhiri acara talkshow ketika kontrak acaranya dengan ABC sudah selesai, yakni tahun 2011. Dan pada akhir sesi acara bincang-bincang ini disiarkan oleh 212 stasiun di Amerika dan lebih dari 100 negara di dunia yang menyiarkannya. Acara di tonton hingga 48 juta tiap minggunya membuat The Oprah Winfrey Show jadi talkshow nomor satu.

Pendiri Majalah dan Direktur Editorial

Majalah Hearts dan Oprah mengungumkan peluncuran O,  The Oprah Magazine pada bulan April tahun 2000. Majalah yang dipelopoei Oprah ini menjadi majalah yang mendulang sukses dalam sejarah penerbitan di mana peredaran atau jumlah penerbitan mencapai 2,3 juta pembaca tiap bulannya. Beliau juga meluncurkan edisi perdana internasional majalah tersebut di Afrika Selatan.

Petikan yang Dapat Diperoleh dari Kisah Oprah Winfrey 

Kelamnya kehidupan masa lalu yang dilalui oleh Oprah memang tak mudah. Terlebih ia mendapat pelecehan hingga membuatnya hamil. Namun setelah tinggal bersama sang ayah Oprah berhasil menjadi pribadi yang tangguh, cerdas, tegas, dan berhati mulia. Kini Oprah telah menjadi pebisnis, eksekutif, entertainer yang menghasilakan milyaran dolar namun tetap peduli dengan sesama.
Kisah inspiratif dari wanita kulit hitam yang sukses ini, dapat memberikan sebuah pelajaran kalau hidup ini tak akan berakhir karena memiliki masa lalu yang suram. Karenanya Anda harus terus berjuang, bangkit, dan bersiap diri untuk menyambut masa depan. Walau tak mudah tapi jika Anda punya tekad yang kuat pasti ada jalan.