Manfaat air putih untuk tubuh

Kaskus.co.id

Jangan Sepelekan Minum Air Putih!? Inilah 15 Manfaat Air Putih Untuk Tubuh.

Dears, pernahkah kamu sadari saat dirimu duduk cantik dan membaca tulisan ini tubuhmu kehilangan cairan? Dan perlu kamu ketahui pula beberapa kondisi dan aktivitas yang membuat tubuh membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan biasanya, yaitu ;

* Saat berolahraga atau aktif secara fisik
* Mengalami demam, diare atau muntah- muntah
* Cuaca yang sangat panas
* Hamil dan menyusui, wanita hamil disarankan mengonsumsi sekitar 2,4 liter sehari, sedangkan wanita menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter perhari.

Walaupun memang kebutuhan cairan tiap orang itu berbeda - beda, normalnya standar konsumsi air putih yang disarankan yaitu 8 gelas berukuran 230 ml perhari atau total 2 liter. Tidak hanya dari minuman, makanan juga bisa memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20%, cairan itu diperoleh dari makanan berupa buah dan sayur seperti bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan baik untuk menjaga tubuh agar tetap memiliki cairan yang cukup sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja, dibandingkan minuman soda yang tergolong tinggi gula dan kalori atau minuman berenergi yang mengandung gula dan kafein. Dan sangat disayangkan banyak diantara kita yang terkadang menyepelekan minum air, padahal banyak sekali manfaat dari mengonsumsi air putih, antara lain ;

1. Memelihara Kebersihan serta Kesehatan Gigi serta Mulut
Di dalam rongga mulut ada air liur yang memiliki fungsi self cleansing serta mempunyai kandungan pertahanan rongga mulut dan mendukung memelihara flora normal dalam rongga mulut. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup dapat memelihara produksi air liur, sehingga bisa sedikitnya kurangi efek terserang penyakit gigi serta mulut meski pembersihan gigi merupakan di antara hal paling utama dalam memelihara kebersihan gigi serta mulut.

2. Pelihara Kegunaan Ginjal
Air pada tubuh menjadi media untuk mentransportasikan limbah bekas metabolisme pada badan untuk keluar masuk ke sel. Toksin paling utama pada badan merupakan nitrogen urea darah, sejenis cairan yang mampu melalui ginjal kemudian diolah serta dieksresikan berbentuk urin. Saat badan miliki cukup air, urin dapat mengalir bebas, jernih serta tidak berbau. Akan tetapi saat tubuh tidak memiliki cukup air, konsentrasi urin, warna serta bau dapat lebih kelihatan dikarenakan ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk mobilisasi fungsinya. Tidak heran seandainya kita minum sedikit air, kemungkinan alami batu ginjal dapat bertambah khususnya pada iklim hangat atau panas.

3. Terapis Bermacam Penyakit
Dengan rutin minum air menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi ,air juga di yakini mampu turut membuat sembuh penyakit jantung, rematik, rusaknya kulit, penyakit saluran papas, usus, serta penyakit kewanitaan. Bahkan juga sekarang cukup banyak penyembuhan altenatif menggunakan kemanjuran air putih.

4. Meredakan Kelelahan
Andaikan badan kita kekurangan air, organ – organ vital pada badan butuh bekerja lebih keras, jantung semisal, dibutuhkan kerja ekstra dari jantung untuk memompa keluar darah ke seluruhnya sel, begitu pula organ vital yang lain. Minum banyak air putih disamping dapat menjadi lancar kerja organ – organ vital badan, juga sekalian pelihara kegunaan organ itu maka terbebas dari resiko “kelelahan” kerja organ – organ vital badan kita

5. Obat Alami Untuk Sakit Kepala
Mendukung meredakan sakit kepala serta rasa sakit yang kembali dikarenakan dehidrasi. Walaupun banyak yang menimbulkan sakit kepala, dehidrasi merupakan efek umum munculnya sakit kepala.

6. Turunkan Berat Badan
Untuk membantu mengendalikan asupan kalori tubuh, minum air putih hangat sebelum saat makan (maka terasa agak kenyang) menjadi satu langkah untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mempunyai kandungan kalori, gula, atau pun lemak . Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori, so ganti minuman sodamu dengan air putih.

7. Menjaga Kesehatan Tulang
Dalam pembentukan tulang, kandungan kalsium memiliki peran yang sangat penting. Memiliki kandungan kalsium, air mineral sangat baik jika kamu konsumsi setiap harinya. Karena dapat melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.

8. Menjaga Tekanan Darah
Jika kamu memiliki masalah dengan tekanan darah yang tinggi, air adalah hal tepat untuk kamu konsumsi secara rutin. Karena, air mineral terdiri dari magnesium dan kalsium, di mana kedua kandungan tersebut aktif terlibat dalam proses elektrolitik otak dan tubuh manusa. Keseimbangan elektrolitik ini sangat penting untuk menjaga tekanan darah pada kesehatanmu, Dears.

9. Menghindari Penyakit Jantung
Air mineral memiliki kekuatan metabolisme lemak dari tubuh manusia, dengan ini memastikan produksi kolesterol jahat akan terhambat di dalam tubuhmu. Kolesterol jahat yang mengendap dalam tubuh akan berpotensi menyumbat peredaran darah sehingga dapat mengakibatkan tekanan darah dan beresiko terkena penyakit jantung. Dengan meminum air mineral secara rutin akan membuka kembali jalur yang tersumbat di dalam peredarah darahmu, Dears.

10. Menyehatkan Pencernaan dalam Tubuh
Rutin minum air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran. Dengan mengonsumsi air putih tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal, air putih berkhasiat utuk meringankan masalah seperti kembung dan sembelit loh, Dears. Selain itu juga mampu mengurangi racun yang mampu menyerang usus, sehingga masalah keasaman dalam tubuh akan hilang dan pencernaanmu juga akan semakin lancar.

11. Meningkatkan Kesadaran Fisik
Ait mineral juga memiliki campuran berbagai kandungan magnesium dan potasium. Kandungan tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan dan fungsi otot manusia yang akan meningkatkan respon otot dengan baik. Otot-otot akan menjadi lebih mendukung kontraksi dan ekspansi. Dan membantu memberikan energi pada otot serta melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot. Oleh karena itu, air mineral mampu meningkatkan kewaspadaan fisik dan kebaikan untuk tubuh secara keseluruhan.

12. Meningkatkan Daya Ingat Otak
Kandungan kalium yang terdapat dalam air mineral juga bermanfaat untuk pengisian memori atau mengaktifkan elektrolit yang ada pada otak. Oleh karena itu, air adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi setiap orang. Hal ini juga berkaitan dengan meningkatkan kewaspadaan dan dapat menghambat kelelahan atau juga kelesuan pada mental manusia loh,

13. Baik untuk Perawatan Kulit
Kandungan silikon dioksida atau yang lebih dikenal dengan silika juga terdapat dalam air mineral. Silika sendiri adalah rahasia alami untuk kulit sehat dan indah. Kandungan tersebut dapat memicu produksi kolagen pada kulit manusia. Pembentukan kolagen tersebut mampu mengurangi pembentukan keriput, bintik-bintik hitam yang mampu membuat kulit menjadi lebih kusam, Dears. Dengan mengkonsumsi air mineral akan membuat kulit bebas dari noda, lebih kembab, kenyal, lebih bercahaya dan  menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.

14. Meringankan Penyakit Arthritis
Arthritis adalah jenis penyakit yang menyebabkan radang pada sendi. Dan ternyata,mineral aktif dan senyawanya yang terdapat pada air mineral menjadi obat yang dipercaya untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit pada radang sendi loh, Dears. Manfaat antu-inflamasi dari air mineral juga mampu mengurangi pembengkakan pada persendian.

15. Membuat Rambut Lebih Kuat
Menjaga kesehatan rambut juga menjadi hal yang cukup sulit untuk para perempuan. Terutama untuk kamu yang memiliki segudang aktivitas di luar ruangan, karena polusi dan matahari yang dapat sangat merusak kualitas rambutmu. Dears, ternyata air juga mampu untuk mengembalikan kekuatan yang hilang pada rambutmu. Rambutmu juga akan terlihat lebih bersinar dengan kandungan pada air mineral yang mampu mengembalikan tingkat PH menjadi normal pada kulit kepala dari dalam.

Tuh kan Dears, banyak manfaat yang kita dapat dari air putih ini, so masih sepelekan minum air putih? Atau suka lupa minum air? Cobalah biasakan diri untuk meminum air putih setiap waktu makan atau saat makan camilan dan sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang kamu bawa saat aktivitas tiap hari.

Nah dengan seperti itu kamu akan teringat dan terbiasa meminum air tak hanya dalam keadaan haus saja.

Sumber Alodokter, Vemale.com, Sites.google.com
#self reminder
#airminum #airmineral #airputih #manfaatairminum #airuntuktubuh

Aliaarf.com

No comments:

Post a Comment

Followers

SUBSCRIBE