Inilah Manfaat dan Efek Samping Kolagen Pada Tubuh Kita

Makassar.terkini.id

Beberapa tahun belakangan ini marak beredar produk yang menggunakan kolagen sebagai bahan utama, baik itu untuk perawatan tubuh terutama wajah dan kesehatan yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lalu apa itu kolagen? Kolagen merupakan jenis protein berserat dan tak larut yang jumlahnya paling berlimpah dalam tubuh manusia, yang ada pada kulit dan kuku, sendi, tulang, rambut, jantung, hati, ginjal, pembuluh darah dan lain - lain.

Apa sih bahaya nya jika kita kekurangan collagen?

1. Kulit kering, mengelupas, mudah memar, penyembuhan luka lambat, pigmentasi, pembuluh darah menonjol.

2. Kuku rapuh, berbintik putih, permukaan tidak rata.

3. Mata terasa kering, lingkaran hitam dibawah mata, gumpalan lemak kecil berwarna kuning diputih mata, penglihatan berkurang dimalam hari, pada sudut mata tampak pembuluh darah merah.

4. Gusi mudah berdarah, karang gigi, gusi mengendur sehingga akar gigi terlihat.

5. Rambut kusam, kering, rontok, tipis, berketombe, ujung bercabang, pertumbuhan lambat, radang pada kulit kepala.

6. Mulut bau, sudut bibir mudah luka, sariawan susah sembuh, lidah bercak putih tebal, pinggir lidah bergelombang.

Sebetulnya tubuh dapat memproduksi kolagen sendiri secara konsisten akan tetapi dengan seiring waktu, bertambahnya usia membuat kemampuan ini semakin berkurang belum lagi faktor lain yang dapat menghambat produksi kolagen dalam tubuh seperti paparan sinar matahari, polusi, merokok dan alkohol.

Agar produksi kolagen meningkat sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin olah raga karena aliran darah yang lancar berperan penting dalam proses pembentukan kolagen.

Tapi tak banyak yang tahu-menahu seputar kolagen, dan apa sebenarnya manfaat kolagen untuk tubuh sehingga keberadaannya bisa sangat populer? Menurut hello.com terdapat 6 manfaat kolagen antara lain :

-  Melancarkan sirkulasi darah.
-  Menyembuhkan cedera dan luka.
-  Meringankan nyeri rematik.
-  Mengurangi selulit.
-  Mengurangi kerutan dan garis halus.
-  Meningkatkan kesehatan rambut.

Kolagen juga berperan penting untuk membangun struktur organik tulang, otot, sendi, gigi dan kulit. Selain dengan penerapan hidup sehat kolagen bisa diperoleh melalui suplemen, tetapi baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gizi sebelum mengonsumsinya.

Karena ada beberapa suplemen berbahan dasar yang bersumber dari laut seperti ikan, dan itu bisa membuat alergi bagi sebagian orang. Dilansir dari halosehat.com terdapat beberapa efek samping kolagen seperti :

  • Sensivitas makanan
  • Memar
  • Pigmentasi kulit
  • Infeksi
  • Bau mulut
  • Kepekaan rasa berubah
  • Nekrosis kulit
  • Reaksi alergi
  • Sembelit
  • Ritme abnormal jantung

Biasanya ketika usia menginjak 25 tahun tubuh mulai kekurangan kolagen sebanyak 1,5 persen tiap tahunnya, adapun dengan kita memastikan pasokan vitamin C terpenuhi akan membantu tubuh memproduksi kolagen sendiri.

Ketika tubuh kekurangan kolagen kita dapat mengonsumsi dari suplemen, tentunya harus dalam pengawasan dokter karena salah memilih suplemen dapat berpengaruh pada kesehatan.

Aliaarf.com

4 comments:

  1. Oke. Perlu bgt nih kalogen.. siap laksanakan. He... hw...

    ReplyDelete
  2. Salbiah sepertinya kekurangan kolagen, usia kepala 3. Ngeri juga yah mbak kalau kekurangan kolagen. Harus-harus banyak memakan suplemen. Contoh suplemennya apa mbak? Saya belum pernah beli suplemen berkolagen. Nanti deh cari juga di mbah google.

    ReplyDelete
  3. Wah makasih infonya mbak.. pantesan semakin bertambah usia, kulit cenderungg lebih kering

    ReplyDelete
  4. Saya lebih suka mendapatkan kolagen tidak dari suplemen makanan, tetapi dari bahan-bahan alami, seperti sayuran, buah-buahan dan protein dari ikan segar. Lebih aman dan bebas bahan pengawet.

    ReplyDelete

Followers

SUBSCRIBE