Sunday, March 3, 2019

Awas, Jangan Salah Pilih Jaket, Inidia Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dengan Jaket Imitasi

Inilah Tips 11 Cara Mengenali Ciri Jaket Kulit Asli dan Jaket Kulit Sintesis

Sumber foto Tribunstyle.com

Pada dasarnya jaket kulit asli mempunyai ciri khas sendiri yang unik, salah satunya ialah pola tekstur yang tak pernah sama antara satu jaket kulit dengan yang lain, karena memang bahannya terbentuk secara alami. Hal ini yang menjadikan jaket ini spesial dan membuat jaket kulit berbahan kulit asli sangat eksklusive.

Jadi, wajar bila jaket kulit original memiliki harga relatif mahal, selain memberikan kesan yang mewah dan pastinya menambah percaya diri kamu, jaket kulit asli ini juga berkualitas tinggi. Tapi,,, apa jadinya kalau jaket kulit yang kamu beli dengan harga yang lumayan menguras kantong itu ternyata produk palsu alias tiruan!!!

Tentunya kamu tidak mau mengalami hal seperti itu bukan?

Oleh karena itu, artikel ini akan membantu kamu supaya bisa mengenali ciri-ciri jaket kulit yang asli dan hal apa saja yang membedakannya dengan jaket imitasi. Akan tetapi, sebelum membahas lebih jauh perbedaan antara jaket kulit asli dengan yang imitasi, sebaiknya kamu kenali terlebih dahulu definisi dari jaket kulit asli serta jaket kulit palsu.

Jaket kulit merupakan pakaian luar yang panjangnya mencapai pinggang dan berfungsi untuk melindungi si pengguna dari udara dan juga cuaca dingin yang dibuat dari bahan kulit hewan asli, dan telah melalui proses kimiawi sebelumnya atau penyamakan. Jaket kulit ini juga terbuat dari aneka kulit hewan, misalnya kulit domba, kulit sapi, kulit kambing, kulit buaya, kulit kanguru, dan lain-lain.

Sedangkan pada jaket kulit imitasi atau palsu ialah jaket yang dibuat menggunakan bahan sintetis dan maksud pembuatan jaket ini untuk meniru tampilan bahan kulit hewan asli yang alami. Istilah lain dari jaket sintetis ini yaitu jaket kulit imitasi atau jaket semi kulit. Di pasaran banyak ditemukan berbagai merk sintetis yang kualitasnya berbeda-beda, seperti kalep oscar, ferary, karlit, viena, harley, dan lain sebagainya.

Di Indonesia, para pengerajin jaket kulit ini biasanya hanya memakai 3 jenis bahan kulit untuk disamak, antara lain kulit domba, sapi dan kambing. Ketiga kulit hewan ini mempunyai ciri khas masing-masing, perbedaannya terdapat di pori-pori serta teksturnya.

Ciri jaket yang memakai kulit sapi asli maka jaket tersebut memiliki pori-pori yang besar jadi lebih mencolok dan terasa saat diraba. Untuk ciri kulit domba asli pori-porinya lebih halus, sehingga bahan kulit domba ini terasa lebih lembut jika diraba. Sedangkan kulit kambing mempunyai tekstur yang unik.

Dari ketiga pola bahan kulit asli di atas, terdapat persamaan yang tidak ada pada bahan kulit sintetis atau imitasi. Apa saja itu? Nah, Berikut ini ciri-ciri jaket kulit imitasi atau sintesis dan bagaimana cara membedakan jaket semi kulit dengan yang asli :

1. Jaket Kulit Asli Lebih Awet

Sudah bukan sebuah rahasia lagi kalau jaket kulit yang asli pasti lebih awet dari pada produk sintetis atau jaket semi kulit. Dengan catatan jaket kulit mesti dirawat dengan baik, seperti tidak pernah direndam air dan dicuci dengan memakai detergent. Seandainya kamu membeli jaket kulit dan pemakaian pun wajar, tapi setelah 3 bulan atau kurang jaket tersebut malah mengelupas dan juga pecah-pecah. Maka sudah bisa dipastikan produk tersebut ialah jaket imitasi.

2. Kelenturan atau Elastisitas

Ciri khas selanjutnya jaket kulit asli ialah teksturnya yang mempunyai kelenturan atau elastisitas, namun ciri pada jaket kulit kw atau kalep ini lebih kaku dan juga tidak memiliki kelenturan.

3. Terasa Hangat Saat Digunakan

Memakai jaket yang bahannya terbuat dari kulit asli ketika cuaca dingin, maka akan terasa sangat hangat, namun hal inilah yang tidak dapat ditiru oleh jaket imitasi. Kamu bisa mengujinya di malam hari, saat kamu mengenakan jaket sintetis udara dingin pasti masih tetap terasa, sebaliknya jika kamu memakai jaket kulit sangat nyaman dan juga menghangatkan.

Dan asal kamu tahu ya, Gaeeesss, saat Perang Dunia ke II para awak pesawat bomber USA bahkan memakai jaket dari bahan kulit domba atau sheepskin leather ini untuk menghangatkan tubuh mereka pada suhu dingin yang ekstrim, ketika mereka terbang dengan jarak ribuan kaki di atas tanah. Bisa kamu liat di film-film jaman baheula Perang Dunia dulu,, pasti pada pakai jaket kulit gitu. :)

4. Terasa Sangat Sejuk

Keunggulan lain dari jaket kulit original ini itu pada kemampuannya dalam menjaga kelembaban tubuh, karena dengan adanya pori-pori alami pada jaket kulit akan membuat pemakainya tetap merasa sejuk walaupun dalam keadaan atau kondisi cuaca panas. Sedangkan jaket semi kulit akan terasa gerah saat dikenakan disiang hari atau ketika kondisi cuaca sedang panas-panasnya.

5. Pola Tekstur

Perbedaan jaket berbahan kulit asli dengan yang dari kulit sintesis atau imitasi bisa dilihat dari pola teksturnya. Pada jaket kulit asli memiliki pola yang tidak teratur, teksturnya pun akan terlihat tidak homogen atau sama secara alami. Selain itu jika diperhatikan secara teliti akan tampak pori-pori hewan dijaket kulit asli. Bila perlu gunakan kaca pembesar atau alat bantu agar bisa melihat gambar lebih jelas.

Nah, berbeda lagi dengan jaket semi kulit atau syntetic ini, permukaannya itu memiliki tekstur yang cenderung sama dan juga konsisten. Karena memang bahannya terbuat dari pabrik dan mempunyai cetakan yang sama. Kalau ingin melihat lebih jelas bisa menggunakan alat bantu supaya terlihat jelas mana bahan kw dan yang kulit asli.

6. Mengecek Serabut Kulit

Kamu juga bisa mengecek jaket dengan melihat celah pada jahitan jaket kulit yang ada pada pangkal jahitan. Di situ kamu bisa memperhatikan lembar yang ada dibalik bahan kulit tersebut, apabila terdapat benang atau kain berarti bahan dari jaket kulit itu terbuat dari sintetis. Untuk jaket kulit asli terdapat serat serabut yang mirip dengan daging mengering.

7. Meraba Permukaan Jaket

Ciri khas dari jaket kulit sintetis atau imitasi ini permukaannya yang terasa halus. Kamu bisa membandingkan dengan jaket kulit yang asli. Jaket yang berbahan kulit domba merupakan bahan yang paling halus, tapi tetap terasa sedikit kasar karena adanya pori-pori tempat tumbuhnya bulu. Dan selain halus bahan dari sintetis juga terasa kesat jika dibandingkan dengan bahan kulit asli.

8. Cek Sambungan Jaket

Pada jaket kulit original selau ada kerutan dibagian sambungan, biasanya pada area lengan. Dijaket kulit asli juga selalu terdapat bagian yang halus dan ada pula yang berkerut. Pengerajin umumnya menaruh bagian berkerut itu di area sambungan lengan jaket. Sangat sulit bila kulit hewan hanya diambil bagian halusnya saja untuk membuat jaket kulit, karena pasti ada saja bagian berkerut ditiap lembaran kulit, terlebih pada kulit hewan dibagian perut.

9. Melakukan Tes Elastisitas

Kamu bisa melakukan pengujian sederhana yakni dengan menarik jaket kulit untuk mengetahui keasliannya. Dengan membentangkan bahan kulit lalu tarik ke atas dan ke bawah, lakukan hal yang sama tapi tarik kulit ke kanan dan kekiri. Dan bandingkan perbedaan elastisitasnya. Pada jaket kulit yang asli memiliki kelenturan atau elastisitas yang berbeda saat ditarik ke atas dan ke bawah lalu ke kanan dan ke kiri. Panjang atau mulurnya pun akan berbeda.

10. Tes Api

Ciri lain dari jaket kulit imitasi adalah tidak tahan dengan panas, oleh karena itu kamu bisa mengujinya menggunakan korek api. Nyalakan korek api pada permukaan kulit beberapa detik, jika kulit dari jaket tesebut mengelupas maka bisa dipastikan bahan tersebut imitasi atau palsu, namun bila yang terjadi hanya panas saja maka bahan jaket itu adalah asli.

11. Harga

Dan yang terakhir dan yang paling sering diabaikan orang ialah masalah harga. Sebagai konsumen fashion seharusnya mengetahui kisaran harga yang wajar untuk sebuah jaket kulit asli. Caranya kamu bisa mengecek secara online atau bertanya langsung di toko penjual jaket kulit yang ada.

Jika ada penjual yang memberikan atau menawarkan pada kamu jaket kulit asli dengan harga sangat murah apalagi sampai setengah harga, kamu harus waspada Gaess. Bisa jadi itu imitasi, oleh karena itu jangan sungkan untuk mengecek keasliannya.

Itulah 11 tips yang mudah untuk kamu mengenali keaslian jaket kulit. Keberadaan jaket semi kulit ini memang cukup meresahkan tidak hanya untuk konsumen tapi juga bagi produsen jaket kulit yang asli, karena biasanya produk imitasi atau palsu ini dijual dengan harga yang sangat murah hingga merusak harga pasaran.

Sebenarnya keberadaan produk bahan sintetis ini tidak menjadi suatu masalah selama tidak ada yang mengakui atau mengklaim sebagai produk asli. Namun, dalam hal ini tentu saja konsumenlah yang dirugikan, karenanya jadilah konsumen yang cerdas, dan jangan ragu untuk membeli produk jaket kulit yang asli.

Sumber Fasionlystylepedia

#SETIP
#EstrilookCommunity
#Day7

17 comments:

  1. saya dari dulu pingiiiiin banget punya jaket kulit yang buat cewek gitu. modelnya ringkes tapi tahan angin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak saya juga pengen punya
      klo traveling ke daerah yang dingin, jaket kulit lebih tahan dingin :)

      Delete
  2. Harga jaket kulit asli wow bingit makanya banyak yang 'kreatif' bikin versi KW-nya karena pasarnya juga ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga sesuai kegunaannya mbak, yang asli emank lebih bagus

      Delete
  3. Makasih tipsnya mb ..jadi tahu cara membedakannya...selama ini tahunya jaket kulit itu mahal...he3...tfs...

    ReplyDelete
  4. Di mana ada produk ori. Di situ ada produk KW ya, mba. Sudah biasa, tinggal pembeli yang jeli. Niche info banget nih mba.

    ReplyDelete
  5. klo kulit asli pasti mahal kan ya. thanks tipsnya, jaket kulit paksu yang udah bertahun-tahun menemaninya telah pensiun. tipsnya bisa untuk referensi cari jaket kulit yang asli dan bagus

    ReplyDelete
  6. Saya lebih nyaman menggunakan jaket kulit ini di saat tertentu saja, biasanya saat travelling, apalagi jika kota atau negara yang dituju beriklim dingin. Jaket yang asli memang membuat kita lebih nyaman dan PD memakainya 😊.

    ReplyDelete
  7. Eaww mksh mb info ttg ciri2 jaket kulit asli. Bermanfaat mb. Yg no 10 test api itu ya gmpng lihatnya...��

    ReplyDelete
  8. Oalah...jadi kelenturannya juga beda toh. Selama ini saya cm ngira dari teksturnya ajah. Kalau imitasi lebih ke arah agak keras gitu. Hehe. Saya gak paham kalau gak baca tulisan ini

    ReplyDelete
  9. nice info mbak, walau pun saya nggak punya dan nggak suka pake jaket kuit kayak panas dan gimana gitu liatnya. Hehehehe..mbak, kalau saya nggak salah, write itu verb atau kata kerja jadi nggak bisa jadi my write mbak...:)

    ReplyDelete
  10. Tes nomor 10, harus hati2 melakukan ny y mbk. Kalau enggak hati2 bisa kebakar atau rusak jaket kulitnya. Hehe. Makasih tipsnya mbk

    ReplyDelete
  11. Wah...terima kasih atas tipsnya Mbak

    ReplyDelete
  12. bener mba, aku pernah kecolongan beli tas padahal milik brand yg cukup ternama ya, tapi langsung mengelupas gitu setelah beberapa bulan, nyesek :( sekarang jadi lebih tau nih ciri-cirinya setelah membaca artikel ini

    ReplyDelete
  13. Yess dapat tipsnya nih...Kadang saya tidak bisa membedakan klau beli benda yang pake kulit original. Makasih ya mb

    ReplyDelete