Inilah Cara Mengetahui dan Membuat Desain Rumah Minimalis

Cara Mudah untuk Mengetahui dan Menciptakan Rumah dengan Gaya Minimalis

Sumber Insinyur Bangunan

Untuk membuat desain arsitektur minimalis, arsitektur atau desain bangunan tersebut hanya memakai kebutuhan yang paling mendasar saja. Minimalis style dalam arsitektur menekankan pada sesuatu yang bersifat esensial dan juga fungsional. Bentuk geometris dan tanpa dekorasi menjadi karakter utama arsitektur minimalis.

Desain Minimalis sendiri menjadi tren di awal tahun ke 19 dan membuat sebuah gerakan penting atas akibat respon dari gaya arsitektur sebelumnya yang banyak menerapkan unsur dekorasi serta ornamen. Para arsitek yang mendesain arsitektur rumah dengan konsep minimalis akan berfokus pada dua elemen, yaitu pencahayaan yang elegan pada ruangan dan ruang kosong yang terbentuk dari pengurangan unsur tiga dimensional di dalam desain arsitektur.

Di New York dan London, arsitektur gaya rumah minimalis ini mulai populer di akhir tahun 1980-an. Para perancang busana dab arsitek mencoba untuk membuat konsep simplicity dengan menggunakan elemen putih, furnitur yang minimum, pencahayaan yang terkesan dingin, dan ruang yang besar dengan objek. Ada dua arsitek yang memiliki pengaruh besar terhadap unsur kesederhanaan pada desain arsitektur minimalis yaitu Le Corbusier dan Ludwid Mies van der Rohe dan Le Corbusier.

Arsitek minimalis tidak hanya melihat dari segi kualitas fisik bangunan, mereka juga mempertimbangkan secara mendalam pada dimensi spiritual yang tak terlihat, dengan perhatian yang lebih kepada detail, bahan, alam, manusia, dan ruang. Mereka mendapati bahwa sesuatu yang tidak terlihat dan abstrak misalnya langit, bumi, cahaya alami, dan udara sebetulnya mempunyai kualitas.

Pada desain arsitektur gaya rumah minimalis ini, desain ini ddipakai untuk mengirimkan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar yang geometris, menggunakan bahan-bahan yang sederhana, tidak adanya hiasan dan pengulangan struktur pada ruangan adalah ciri khas minimalis. Pencahayaan alami membuat bangunan jadi terlihat sederhana dan bersih. Arsitek minimalis memiliki motto listen to figure, dengan mencari esensi kesederhanaan dan menemukan kualitas yang berharga pada bahan yang sederhana dan umum.

Ciri-ciri utama pada arsitektur rumah minimalis yang sederhana antara lain, bentuk denah rumah yang kotak, bentuk pada bangunan kubus, semua sudut fa├žade 90 derajat, deretan jendela yang terbentang secara horizon kotak-kotak, dan memakai material fabrikasi misalnya baja, kaca, dan beton.

Ide kesederhanaan sebetulnya telah muncul di berbagai budaya, terutama di negara Jepang dengan budaya Zen. Orang-orang Jepang memanipulasikan budaya Zen ke dalam estetika dan desain arsitektur pada bangunan mereka. Ide mengenai desain arsitektur Jepang ini mempengaruhi budaya Barat terutama di Amerika sejak pertengahan abad ke-18, dan menginspirasi munculnya arsitektur rumah bergaya minimalis pada abad ke-19.

Dalam konsep kesederhanaan Zen ini banyak berbicara tentang esensi hidup dan ide kebebasan. Kesederhanaan tidak hanya dilihat dan dinilai dari estetikanya saja, tetapi juga dari persepsi pada moral objek dan bahan tersebut. Seperti taman pasir yang ada di kuil Ryoanji, di atas kuil tersebut menunjukkan konsep kesederhanaan dengan pengaturan batu-batu dan ruang kosong yang besar.

Prinsip estetika Jepang lain ialah Ma yang mengacu pada ruang kosong dan terbuka. Pada konsep ini dengan menghilangkan semua dinding internal yang tak perlu dan membuka ruang antara interior dan eksterior. Arsitek Frank Lloyd Wright terinspirasi oleh pintu geser (sliding door) Jepang yang memungkinkan elemen yang ada di luar bangunan masuk ke interior ruangan, dalam desain arsitektur rumah gaya minimalis.

Pada dasarnya, konsep rumah minimalis ini sangat peduli pada keutuhan lingkungan yang mana penggunaan bahan material tidak terlalu berlebihan atau boros. Material yang digunakan juga berasal dari lokal dan alami, artinya berasal dari lingkungan yang ada di sekitar bangunan tersebut dibangun sehingga nilai estetikanya makin bertambah.

Sebenarnya di Indonesia pun konsep rumah bergaya minimalis sudah diaplikasikan sejak dahulu. Rumah-rumah tradisional Indonesia menggunakan kayu karena material itulah yang mudah didapat di sekitar lingkungan mereka dahulu. Dengan mendatangkan material dari luar pulau atau dari luar negeri, bukanlah sikap dari minimalis.

Rumah minimalis awalnya ialah sebuah rumah sederhana yang dibangun menggunakan bahan seadanya, tidak terlalu mahal tapi menghasilkan bentuk bangunan yang indah dan nyaman untuk ditempati. Dalam perkembangannya, rumah minimalis dengan konsep modern mempunyai pengertian lain yaitu rumah di desain dengan unik, bersih, rapi, tanpa memakai banyak ornamen, terkesan mungil, sangat presisi, dan menggunakan warna yang terang agar lebih tampak menarik.

Sehingga untuk membuat sebuah bangunan dengan desain arsitektur rumah gaya minimalis modern terkadang Anda tidak lagi memikirkan biaya yang lebih atau mahal karena tidak perlu dibangun di area luas dengan menggunakan bahan material mahal, untuk menciptakan nilai estetika tanpa meninggalkan fungsionalitasnya.

Sumber www.arsitag.com

#SETIP
#EstrilookCommunity
#Day9

Aliaarf.com

No comments:

Post a Comment

Followers

SUBSCRIBE