9 Cara Merawat Rambut Panjang yang Simpel Hasil Optimal

Memiliki rambut panjang cenderung rentan terkena aneka masalah rambut, dengan mengamalkan cara merawat rambut panjang yang tepat semestinya problem tersebut dapat diatasi dengan baik. Dengan demikian, tak ada lagi penghalang untuk kamu memiliki rambut panjang yang sehat dan tergerai indah.

Agar perawatan rambut panjang kamu memberikan hasil maksimal dan juga sehat berkilau, terdapat berbagai cara jitu yang patut kamu implementasikan. Di sini kamu tidak perlu habiskan banyak biaya maupun waktu untuk membuat rambut panjang kamu senantiasa sehat nan memukau.


9-cara-merawat-rambut-panjang


Baca juga:

9 Cara Mudah untuk Merawat Rambut Panjang

Berikut ini penjabaran beberapa tips perawatan rambut yang cukup efektif, antara lain:


Memangkas Rambut Secara Berkala

Jika kamu beranggapan dengan sering memotong rambut, maka rambutnya dapat tumbuh lebih cepat. Faktanya hal itu hanyalah sebuah mitos belaka. Akan tetapi, kamu tetap dianjurkan untuk memotong ujung rambutnya secara terjadwal, agar bisa mempertahankan panjang rambut kamu sesuai ukuran ideal yang dikehendaki.


Hal ini pun berguna untuk hilangkan kemungkinan terdapat rambut yang telah rusak di bagian ujung. So, sangat disarankan untuk memotong ujung rambut, paling tidak potong tiap 6-8 minggu. Hal tersebut bermanfaat pula dalam pencegahan rambut tumbuh bercabang di ujungnya.


Melakukan dan Mempertahankan Diet Sehat

Agar pertumbuhan rambut kamu tetap sehat selama berusaha untuk memanjangkan rambut, dengan begitu rambut kamu mesti diberi asupan nutrisi yang cukup serta seimbang. Menurut kesepakatan dari ahli kesehatan, diet seimbang bisa mendukung pertumbuhan rambut kamu. Dan harus dilengkapi pula dengan 12 vitamin esensial. Vitamin tersebut ialah vitamin E, D, C, A, dan B-kompleks.


Sisir Rambut dengan Hati-Hati

Menyisir ialah cara sederhana merawat rambut panjang. Ketika kamu menyisir gunakanlah sisir yang jarang, jangan langsung menyisir rambut dengan sisir rapat. Hal ini untuk memudahkan mengurai rambut yang kusut. Bila sudah tak ada rambut yang kusut baru gunakan sisir yang bergigi rapat.


Apabila rambut kami dalam keadaan basah, sebaiknya jangan langsung disisir. Baiknya kamu keringkan dahulu menggunakan handuk dengan tekstur lembut, kemudian semprotkan vitamin rambut yang khusus untuk memelihara permukaan rambut. Ketika rambut agak mengering, sisir rambut dari bagian atas sampai ke ujung dengan perlahan.


Pijat Kulit Kepala dengan Rutin

Cara satu ini terbukti efektif dalam perawatan rambut dan membuatnya makin tebal. Saat melakukan pijatan ke area kulit kepala, maka aliran darah menuju folikel rambut kamu akan meningkat. Dengan ini rambut jadi mendapatkan pula nutrisi yang dibutuhkan agar tumbuh sehat.


Pastikan ketika memijat kulit kepala, lakukan dengan tepat supaya memperoleh semua manfaatnya. Berikut ini beberapa hal yang mesti kamu cermati, yakn:


- Pastikan rambut kamu bersih dari sisa sampo saat akan memijat.

- Pakai minyak ketika kamu memijat kulit kepala. Di sini kamu bisa menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, maupun jenis minyak nabati lainnya.

- Pijat semua bagian kulit kepala dengan merata. Tak lupa pijat belakang kepala serta batas garis tumbuhnya rambut pada wajah.

- Ketika memijat, pakailah ujung jarinya bukan dengan kuku.


Keringkan Rambut dengan Hati-Hati

Memelihara rambut panjang supaya tidak cepat rusak, yakni dengan membiarkan rambut kering dengan sendirinya saat basah atau sesudah keramas. Jika mengeringkan rambut memakai handuk, hindari menggosokkan rambut pada handuk. Hal ini berpotensi membuat rambut jadi mudah rontok dan rusak.


Jika kamu memutuskan mengeringkannya menggunakan hair dryer. Sebaiknya keringkan rambut dengan suhu panas hair dryer yang terendah secara perlahan. Untuk penggunaan alat ini sebaiknya dibatasi, agar meminimalkan kerusakan rambut akibat pengering rambut tersebut.


Jangan Menata Rambut dengan Berlebihan

Agar rambut panjang kamu terawat dengan baik, hindari penataan rambut secara berlebih dimana hal tersebut melibatkan pewarnaan secara berlebihan, zat kimia, dan panas. Adapun penataan rambut yang sebaiknya dihindari yaitu meluruskan rambut dengan cara dipanaskan, menyisir terlalu sering, mengeriting rambut, dan memakai pewarna rambut.


Jangan Mengikat Rambut Terlalu Ketat

Ingin rambut panjang kamu terlihat tebal dan sehat, sangat disarankan untuk tidak mengikat atau menguncir rambut hingga terlalu kencang. Perbuatan tersebut akan menyebabkan rambut jadi gampang patah dan juga rontok. Maka tak heran jika kamu mendapati helaian rambut di ikat rambut kamu


Jika kamu biasa menggunakan penjepit rambut supaya rambut tertata lebih rapi, baiknya kamu teliti saat membeli penjepit rambut. Pilihlah aksesoris berupa penjepit rambut yang terdapat bantalan karet, sehingga rambut tidak tertarik maupun mudah rontok.


Masker Rambut

Pengaplikasian masker rambut merupakan cara efektif untuk merawat maupun membuat rambut panjang kamin makin tampak indah. Kamu bisa membuat sendiri masker dengan bahan-bahan alami. Jadi pilih bahan yang memang dibutuhkan rambut.


Di bawah ini beberapa contoh bahan yang dapat kamu gunakan sesuai kegunaannya, di antaranya:


- Untuk pertumbuhan rambut pakai minyak kelapa dengan kayu manis. 

- Campuran madu dan minyak kelapa yang berguna memperbaiki rambut rusak.

- Lemon dan telur cocok untuk perawatan rambut berminyak.

- Telur dan mayones ataupun brown sugar serta minyak zaitun buat kamu yang memiliki masalah rambut kering.

- Terakhir untuk rambut yang sulit diatur kamu mix madu, pisang, dan yogurt. 


Jangan Terlalu Sering Keramas

Keramas merupakan kegiatan membersihkan rambut dari bermacam kotoran. Tetapi, jika terlalu sering keramas malah akan mengikis kandungan alami berupa minyak di rambut. Sehingga rambut jadi tidak lembut lagi, gampang rusak, dan terlihat lebih tipis.


Apabila kamu tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat, dengan keramas tiap tiga hari sekali terbilang masih cukup. Ketika keramas, jangan hanya fokus pada bagian akar rambut tapi bersihkan bagian tengah dan ujung rambut, sebab di situlan kotoran paling banyak berkumpul.


Nah, Dears, tidak terlalu sulit bukan mengaplikasikan tipsnya. Jadi kamu gak perlu ragu memanjangkan rambut kamu. Cukup ikuti cara merawat rambut panjang di atas, rambut jadi sehat, kuat, dan tak mudah rontok.


No comments for "9 Cara Merawat Rambut Panjang yang Simpel Hasil Optimal"