Cara Mencuci Jaket Kulit dan Perawatannya

Bila kamu mempunyai jaket berbahan kulit, maka kamu mesti mengetahui cara mencuci jaket kulit yang benar. Hal ini dilakukan agar kamu tidak merusak jaket tersebut. Namun, sebetulnya asalkan jaket kulit kamu tidak terlalu kotor, dianjurkan untuk tak terlalu sering mencucinya. Tapi kalau jaket kulitnya terkena noda, baiknya kamu ikuti langkah mencuci jaket kulit yang mudah ini.

5 Cara Cuci Jaket Kulit yang Mudah

Untuk mencuci jaket berbahan kulit asli ini tak perlu menggunakan mesin cuci. Disini kamu cuci dengan tangan saja, Dears.


Baca juga


Lagu Penyemangat di Tengah Pandemi Corona 10 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru yang Menarik Disaksikan



cara-mencuci-jaket-kulit


Persiapan untuk Cuci Jaket

Jaket jenis kulit tak boleh asal-asalan mencucinya dan juga membutuhkan perhatian ekstra. Adapun beberapa bahan yang mesti kamu gunakan saat akan mencucinya agak berbeda. Sebaiknya kamu tidak memakai detergen yang keras kimianya, tapi gunakanlah sampo untuk cuci jaket. Berikut merupakan hal-hal yang harus kamu siapkan, antara lain:


- Sampo pengganti detergent.

- Handuk bersih yang kering.

- Air hangat.

- Terakhir kain bersih.

Mengetes Sebelum Mencuci

Pada tahap ini kamu campurkan sampo ke wadah air hangat, lalu celupkan kain bersih ke wadah tersebut, kemudian tes dengan menggosokkan kain itu ke area tersembunyi pada moda yang terdapat di jaket kulitmu. Apabila sudah dilap tetap tidak luntur, berikutnya dapat diteruskan proses pencucian jaketnya. Jika ketika kamu lap warnanya luntur berarti jaket tersebut imitasi, cukup dilap pakai air hangat.

Mencuci Jaket Bahan Kulit

Kini saatnya masuk ke proses cara mencuci jaket kulit. Jaket kulit yang kotor atau terdapat noda itu kamu gantung, kini mulai proses pencuciannya yakni dengan mengelap perlahan jaket kulit pakai air sampo. Kain yang digunakan mengelap lebih baik keadaannya lembap. Lalu diusap satu arah, seperti atas ke bawah atau kanan ke kiri. 


Bila dirasa cukup bersih, bilas memakai cara yang sama dengan air bersih. Jangan biarkan ada air sampo yang tersisa di jaket, sebab hal ini akan membuat jaket kulit tersebut jadi kering dan itu membuat jaketnya mudah mengelupas.

Mengeringkan Jaket

Di tahap pengeringan jaket ini gunakanlah handuk kering. Pakai handuk tersebut dengan menekan-nekan lembut bagian yang basah. Lalu baringkan serta di angin-anginkan jaketnya. Hindari menjemur jaket kulit di bawah sinar terik matahari dan upayakan jaketnya tidak digantung. Pastikan jaket itu keadaannya kering 100% sebelum dimasukkan ke lemari. Kalau lembap hal ini berpotensi menumbuhkan jamur.

Menyimpan jaket kulit

Sesudah kering, oleskan jaket kulit menggunakan lotion untuk perawatan kulit, atau bisa juga dengan memakaikan body lotion yang aman pada jaket bahan kulit. Sehingga membuat tekstur kulit di jaket tetap elastis. Sehabis itu kamu angin-anginkan sebentar. Kemudian barulah kamu simpan jaket kulit ini lagi ke lemari.

Cara Merawat Jaket Kulit yang Baik dan Benar

Bila berbicara mengenai perawatan jaket kulit, semestinya tidak perlu menggunakan jasa profesional. Cukup kamu pelajari bagaimana cara mencuci jaket kulit dan hal lainnya, jadi kamu dapat merawat jaketnya sendiri. Kebanyakan orang ragu untuk cuci jaket kulitnya sendiri, sebab orang-orang ini khawatir akan merusaknya.


Padahal, jaket kulit yang dikenakan terus-menerus tanpa kamu cuci ataupun bersihkan, maka hal ini dapat mengakibatkan jaket kotor dan cepat rapuh. Adapun cara merawat jaket kulit yang akan dijelaskan berikut ini tak sulit diaplikasikan jika kamu paham tekniknya.


Jadi kamu tak perlu repot pergi ke jasa profesional, kamu cuma perlu menyimak berbagai info penting seputar cara cuci jaket seperti di atas dan tips merawatnya berikut ini.

Jangan Menggunakan Mesin Cuci

Supaya jaket kulit kamu tetap awet dan tak cepat rusak, jangan sekali-kali cuci jaket kulit baik itu imitasi ataupun asli dengan mesin cuci. Terlebih lagi jaket berbahan kulit asli, semisal kulit domba, sapi, atau kambing, sebab jaket kulit sangat tidak cocok bila dicuci menggunakan mesin cuci. Jadi memang untuk membersihkan bahan dari jaket kulit, lebih baik diusap saja pada bagian yang terdapat noda.

Menyimpannya dengan Digantung, Tidak Dilipat

Jika telah selesai mencucinya dan kering sempurna, jaket kulit ini akan tampak lebih bagus kalau disimpan di lemari pakaian dengan digantung. Jangan menyimpannya dalam keadaan terlipat, bila begitu hal ini akan menimbulkan garis-garis dan juga kerutan pada jaket kulitmu, tentunya ini membuat jaket kulitnya jadi tak enak dipandang.


Jaket kulit merupakan jenis pakaian yang dapat menambah nilai tampilan kamu secara keseluruhan. Sehingga tampilan kamu jadi modis, trendy, dan keren. Namun, agar umur pemakaian jaketnya lebih lama, maka kamu harus tahu cara mencuci jaket kulit sekaligus perawatannya sebagaimana ulasan di atas. 

No comments for "Cara Mencuci Jaket Kulit dan Perawatannya"