Saturday, January 5, 2019

Inilah 6 Alasan Kenapa Ngeblog Itu Asyik


Inilah 6 Alasan Kenapa Ngeblog Itu Asyik. Beberapa tahun terakhir ini, dunia blogging semakin semarak. Bukan semata - mata karena semakin banyak orang yang melakukan aktivitas tulis menulis di blog, tetapi ada juga pihak lain misalnya agency, sponsor, atau brand lainnya, yang melirik ke blogger dan mengajak dalam setiap kegiatan kampanye produk dan promosi lainnya.

Memang sih ada juga beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi blogger agar terlibat dalam kegiatan tersebut. Misalnya, berapa lama kamu sudah ngeblog, jumlah postingannya, berapa besar DA atau Domain Authority dan juga Page Authority atau PA-nya. Atau dilihat dari blognya masih gratisan atau sudah memakai domain sendiri TLD.

Trus, yang bikin Asyik Ngeblog itu dari mana?

Begini Dears, setiap orang tuh memang punya tujuan tersendiri pada saat memulai aktivitas bloggingnya. Niat awalnya mungkin cuma iseng, eh gak disangka sangka malah jadi seleb. Awal Iseng nulis, eh tau taunya dibayar. Banyak kan kejadian seperti itu.

Mungkin alasan asyiknya ngeblog dari saya ini, bisa cocok di hati kamu untuk yang ingin memulai ngeblog, atau yang udah ngeblog tapi masih belum bisa konsisten update blognya.

6 Alasan Asyiknya Ngeblog Buat Kamu Eksis Terus di Blog

Asyik Ngeblog Kalau Menulis dengan Hati

Gini loh, Sis, Bro, Teh, Aa, Chang, Ching, Nyak, Babeh,, hihi,, Maksudnya tuh kita menulis sesuai dengan apa yang kita rasakan. Jadi, tulisan kita tuh berasa orisinalitasnya. Karena tiap orang kan tentunya punya pendapat yang berbeda tentang satu hal. So, seandainya kamu menulis tentang obyek yang sama, tapi kalau nulisnya dengan hati tentu hasilnya tetap beda.

Menulis Asyik di Blog Sesuai Passion

Hampir mirip menulis dengan hati. Cuma, menulis sesuai dengan passion ini bisa dikatakan wujud dari blog kita yang berupa niche, nah niche ini sendiri dibuat sesuai dengan minat kita.

Saya sendiri passionnya gado - gado alias campur campur. Kadang nulis parenting, kesehatan, sesekali nulis teknologi. Ya kalau begitu, bikin aja blog kita jadi memuat berbagai kategori sesuai passion. Atau kamu mau buat lebih dari satu blog, yang setiap blog itu sesuai dengan passion kamu pun boleh banget.

Lebih Asyik Membuat Tulisan yang Aman

Sebenarnya sih ini masuk ke dalam kategori subyektif. Kadang kala maksud hati kita nulis tanpa ada maksud untuk membuat kericuhan, tapi apalah daya bila pembacanya yang ricuh. Supaya ngeblok tetap nyaman dan asyik lebih baik berada dijalur tulisan yang aman.

Kalau saya agak menghindari menulis sesuatu yang terkait dengan hal - hal yang sensitif ataupun kontroversi. Yang dapat memancing orang ricuh atau ribut. Mendingan kita nulis yang lebih bermanfaat kan, yak. Namanya juga blog, kan bisa dibaca sama siapa saja. Gak sebatas temen - temen kita tok.

Utak Atik untuk Mempercantik Tampilan Blog

Menurut saya pribadi, saat mengutak atik blog agar tampilannya cantik itu menyenangkan. Kalaupun ada yang saya tidak tahu atau mengerti lalu bertanya sana sini, sama sekali tidak membuat jengkel malahan jadi tambah semangat belajar. Dan itu adalah hal yang mengasyikkan, serasa bebenah rumah sendiri supaya tampilannya cantik.

Untuk mempercantik tampilan blog, kamu bisa memakai cara gratis atau bisa juga berbayar. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan karakter kita. Sebetulnya, awal warna blog ini gelap, dark maroon tepatnya. Tapi waktu masuk kelas blog lebih baik warna blog itu terang, lebih bagus lagi kalau berwarna putih.

Jadi, akhirnya dirubahlah warnanya yang agak cerahan, jadi warna apa ini yah, kuning es mambo bukan,, hehe. Tapi, entahlah mungkin nanti saya rubah lagi warnanya, tergantung mood sih sebenarnya.

Asyiknya Menjalin Pertemanan dengan Blogger

sekarang ini sudah banyak komunitas online yang bisa jadi tempat kita mengasah kemampuan ngeblog. Seperti komunitas blog Estrilook ini ( ea nyebut merek ini Bu Founder, kode keras,, wkwkwk ). Tak perlu ragu bergabung dengan komunitas blog yang memang positif. Jadi, gabung saja.

Dengan bergabung di suatu komunitas kamu mungkin bisa ikut event atau menghadiri acara kopdar yang mempertemukan kamu dengan blogger lainnya secara offline. Andai kata tidak bisa dikarenakan keterbatasan, bukan masalah. Aktifitas ngeblog kita tetap bisa asyik kok.

Ngeblog itu Asyik Kalau Ikhlas alias Ngak Baperan

Maksudnya kalau kita melakukan segala sesuatu mengenai ngeblog itu harus dengan ikhlas tanpa mengharap balasan. Misalnya Blog Walking atau BW.  BW memang sangat bermanfaat untuk blog kita dan salah satun manfaatnya yaitu bisa membantu menaikkan angka Domain Authority.

Dengan melakukan BW bisa menjadi sarana untuk silaturahmi, dan harus dilakukan dengan ikhlas. -Ini di luar BW Estrilook yah- Ketika kita BW ke blog lain, saat dikunjungi balik syukur, tidak dikunjungi balikpun ya Alhamdulillah (yo welas lah). Begitupun dengan aktivitas ngeblog lainnya.

Ikut lomba atau mengikuti giveaway, menang dapat bonus tidak menangpun ya ikhlaskan saja. Lagi pula untuk menambah pengalaman terutama yang baru ngeblog.

Gimana alasan asyik ngeblog diatas, mudah - mudahan sih bisa membuat kamu yang baru mulai ngeblog jadi semangat, dan yang udah ngeblog jadi semakin semangat ngeblognya dan istoqomah, Aamiin.

Semoga bermanfaat.

Sumber emak2blogger.com

Tulisan ini diikut sertakan dalam ODOP Estrilook Community #Day 4
#ODOP
#EstrilookCommunity
#day4

No comments:

Post a Comment