Thursday, January 3, 2019

Kamu Perokok, Mau Berhenti Merokok? Yuk, Ikuti Langkah Berikut Supaya Berhenti Total

Sumber foto Facetofit.com

Kamu Perokok, Mau Berhenti Merokok? Yuk, Ikuti Langkah Berikut Supaya Berhenti Total | Bicara tentang rokok, pasti tahu dampak baik rokok yang cuma satu sedangkan buruknya 1000 kali lebih banyak! 

Jadi begini, sebenarnya rokok adalah sebuah silinder dari kertas yang panjangnya ( tergantung dari negara ) kira - kira antara 70 sampai 120 mm dan berdiameter sekitar 10 mm yang berisi daun tembakau yang telah dicacah.

Walaupun adanya peringatan pada bungkus rokok akan bahaya bagi perokok, nampaknya tidak terlalu berpengaruh. Padahal menjadi perokok aktif itu berdampak pada kesehatan paru - paru, jantung dan bahkan merokok dapat menyebabkan kematian.

Dan yang lebih parah dari itu perokok pasif pun mendapat dampak buruknya! O,, M,, G,, Hellowww, kalau mau bagi - bagi angpao sih boleh bangget tapi kalau penyakit, No Way!!!

Cuy, pastinya kita udah tahu kan di dalam rokok terdapat kandungan nikotin, dan si nikotin ini bisa menimbulkan sensasi rileks yang menurut saya cuma itu kebaikan dari rokok. Ya, sekali lagi cuma itu satu - satunya kebaikan rokok, kalaupun ada yang mau tambahin gih sono tambahin di kolong wewe gombel :-p LOL.

Selain nikotin terdapat ribuan bahan kimia, dan beberapa bahan kimia itu ada yang bersifat karsinogenik. Dan zat inilah penyebab dari penyakit kanker.

Iyakan rokok gak ada baik - baiknya, mending berhenti aja. Memang tidak mudah untuk berhenti apalagi bagi perokok berat, butuh tekad kuat untuk lepas dari tembakau ini.

Ada tiga tahapan penting yang harus diterapkan saat kamu memutuskan berhenti merokok, yaitu persiapan untuk berhenti dari merokok, berhenti merokok, dan tetap berhenti dari merokok.

Untuk mensukseskan tahapan tersebut, ada beberapa langkah efektif yang dapat membantu berhenti merokok, yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kamu. Apa saja itu, yuk di baca terus di praktekkan langkah - langkahnya , ya;

Buatlah Daftar Alasan serta Target Waktu untuk Berhenti Merokok

Tulis alasan - alasan kenapa kamu mau berhenti dari merokok, dan ingatlah alasan tersebut kapan dan dimana pun berada. Bila Alasan atau niat itu kuat dan datang dari diri sendiri akan memudahkan untuk berhenti merokok selamanya.

Jangan lupa untuk menetapkan target waktu, kapan akan memulai untuk berhenti rokok dan kapan pula berhenti secara total dari kebiasaan tersebut.

Mengantisipasi Munculnya Gejala diawal Berhenti Merokok

Perasaan mual, pening, gelisah, sampai perasaan mudah marah biasanya timbul di saat awal berhenti merokok. Karena berkurangnya zat nikotin di dalam tubuh sehingga menyebabkan gejala tersebut. Umumnya, kondisi ini akan memuncak dalam kurun waktu 12 - 24 jam, setelah itu secara bertahap akan mereda dalam waktu dua sampai empat minggu.

Selain itu kemungkinan kamu akan mengalami gejala batuk yang cukup parah, hal ini terjadi karena saluran udara di tubuh kembali berfungsi. Gejala batuk ini akan mereda dengan sendirinya dengan perlahan - lahan.

Melakukan Pengobatan Medis

Langkah medis yang biasa digunakan untuk mengobati kecanduan merokok yaitu terapi pengganti nikotin. Efek nikotin ini bisa didapatkan dari permen karet, tablet hisap, inhaler, dan semprotan hidung, yang semua yang mengandung nikotin. Doktor akan membuatkan resep obat medis seperti varencline atau bupropion

Menjalani Terapi Alternatif

Langkah lain untuk berhenti merokok adalah dengan menjalankan terapi alternatif misalnya akupunktur dan hipnoterapi.

  • Menggunakan akupuntur sebagai terapi untuk berhenti merokok, biasanya terapi ini dilakukan di area telinga. Meskipun belum ada bukti ilmiah kefektifannya, tapi tidak ada salahnya dicoba pada terapis yang sudah berlisensi.
  • Hipnosis adalah suatu proses untuk memfokuskan pikiran dalam kondisi rileks untuk merubah perilaku. Namun sulit untuk meneliti prosedur ini apakah benar - benar efektif untuk seseorang agar berhenti merokok. Tetapi, sebagian orang mengaku sudah merasakan manfaatnya.

Hindari Pemicu dan Ubahlah Rutinitasmu

Hindari semua faktor yang bisa membuat kamu merokok lagi, seperti hindari untuk kumpul bersama dengan orang mengajak merokok ataupun minuman beralkohol. Jika terbiasa merokok sehabis makan, maka kamu bisa melakukan sesuatu hal yang lain sebagai pengganti, misalnya mengunyah permen karet, makan kuaci, atau dengan menggosok gigi.

Apabila keinginan merokok itu datang, cobalah untuk melakukan kesibukkan agar teralihkan pikiran untuk merokok seperti melakukan aktivitas berjalan, berolahraga, atau mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan hobi. Jangan lupa untuk minum jus buah dan air putih lebih banyak.

Katakan ‘Tidak Satu pun’ pada Rokok

Jika ksmu sudah memutuskan berhenti merokok, coba untuk mendisiplinkan diri. Pada saat pikiran ingin merokok menyerang mu seolah - olah berkata ''satu batang saja tak apa'' maka segera jauhkan pikiran itu segera. Mengisap rokok walau hanya sebatang dapat memicu untuk terus - menerus mengisap rokok lagi dan lagi.

Melakukan Konseling dan interaksi dengan Kelompok Pendukung

Dengan terapi konseling dapat membantu untuk mengidentifikasi dan fokus kepada strategi berhenti merokok. Terapi ini dilakukan dengan cara berbicara pada konselor atau kepada kelompok pendukung. Untuk lebih memaksimalkan keberhasilan, terapi ini dapat digabungkan dengan menggunakan terapi penggantian nikotin atau dengan obat-obatan.

Melakulan Relaksasi

Di awal berhenti merokok memang bisa membuat dirmu stres. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan melakukan relaksasi seperti  yoga, tai chi, pijat, mendengar musik klasik, menakin dan menghela napas panjang, dan olah tubuh yang lainnya.

Menerapkan langkah - langkah diatas memang tidak mudah. Kadang kala ada yang berulang kali gagal berhenti merokok merupakan suatu hal yang umum terjadi. Gagal sekali bukan berarti kamu tidak akan mungkin berhasil lepas dari rokok.

Banyak juga orang yang akhirnya baru bisa berhasil berhenti selamanya setelah mencobanya berkali - kali. Dan tiap kali kamu bisa menolak keinginan untuk merokok, maka akan semakin dekat mecapai tujuanmu, yaitu berhenti merokok.

Sumber Emak2blogger.com
Tulisan ini diikut sertakan dalam ODOP Estrilook Community #day3
#ODOP
#EstrilookCommunity
#day3

No comments:

Post a Comment