Tuesday, January 1, 2019

Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru dari Berbagai Negara dan juga Daerah - Daerah Indonesia


Sumber foto Tribunnews


Hari ini dimulai ODOP Estrilook, sebenarnya bingung sih mau tulis apa?? Dari kemarin mikir mau tulis apa....

Mumpung ini awal tahun baru tulis tentang perayaan tahun baru aja deh,,

Oh i,, a,, By The Way Met Tahun Baru 2019...
Semoga tersemogakan semua yang disemogakan,, hehe
Aamiin 😇

Sambut Tahun Baru dengan Tradisi Unik di Berbagai Negara dan Daerah - Daerah di Indonesia.


Pertama kita bahas dari Indonesia dulu ya. Guys,

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya dan tradisinya. Dan ternyata beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi unik untuk menyambut tahun baru yang tergolong unik loh, Dears.

Berikut daerah - daerah yang mempunyai tradisi unik menyambut tahun baru.

Menyalakan Lampu di Candi Borobudur, Jawa Tengah

Dari hasil investigasi dadakan hehe,, terungkap bahwa warga Jawa Tengah dan Yogyakarta akan memadati Candi Borobudur di malam pergantian tahun, di sana mereka bersama - sama akan melepaskan ribuan cahaya lampu LED ke angkasa. Masing - masing dari cahaya tersebut membawa harapan dari pemiliknya untuk tahun yang baru.

Berkumpul di Jembatan Ampera, Palembang

Nah, kalau perayaan tahun baru di Palembang ini dilakukan di Pelataran Benteng Kuto Besak dan di atas Jembatan Ampera. Di malam penyambutan tahun baru jembatan ini ditutup untuk kendaraan, jadi puluhan ribu orang akan berkumpul di atas jembatan dan dapat menikmati pesta kembang api pada dua sisi kota Palembang yang terpisahkan oleh Sungai Musi.

Barattung di Tana Toraja

Perang Barattung di Makale Tana Toraja akan menyemarakkan malam tahun baru di sana. Tradisi unik Barattung ini merupakan Meriam Bambu yang biasanya dimainkan oleh anak - anak bersama kembang api. Sejak sore meriam bambu sudah dimulai sampai malam perayaan pergantian tahun.

Badendang Rotan, Maluku

Warga Saparua di Maluku Tengah ini tidak kalah  menarik dan unik seperti daerah lainnya, Dears. Mereka menyambut tahun baru dengan tradisi ‘Badendang Rotan'. Tradisi ini dilakukan secara bersama - sama oleh seluruh warga kampung.
Mereka akan berkeliling kampung dan berpegangan pada anyaman rotan sambil berdendang. Pada saat tertentu sesuai aba-aba pemimpin dendangan mereka akan saling menarik tali rotan seperti halnya tarik tambang.

Kunci Tahun Upacara Adat Tulude, Manado

Kunci tahun merupakan acara tutup tahun di Manado. Acara ini dirayakan dengan upacara adat Tulude adalah suatu bentuk rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu acara Kunci Tahun diramaikan dengan pawai Figura yang dimana peserta akan mengenakan kostum unik untuk berparade di Kota Manado.

Seru ya,, perayaan tradisi tahun baru 2019 di daerah - daerah Indonesia. Tapi bagaimana tradisi di negara lain? Penasaran kan,, jadi simak terus ya Gaeess

Berikut ini negara - negara yang memiliki tradisi unik saat menyambut tahun baru ;

Menyiapkan barang berbentuk bulat di Filipina.

Masyarakat Filipina memiliki kepercayaan bahwa mereka akan memperoleh kemakmuran dan keberuntungan, bila mereka menyiapkan berbagai barang termasuk makanan berbentuk bulat pada saat tahun baru. Karena bentuk bulat merupakan simbol dari koin atau uang. Tidak hanya itu mereka juga mengenakan pakaian dengan unsur bulat, contohnya motif polkadot.

Memakan 12 butir anggur di Spanyol

Masyarakat Spanyol beranggapan kalau seseorang memakan 12 butir anggur dan bisa muat dalam mulut seseorang, maka orang tersebut akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru atau yang akan datang. Waw, 12 butir satu kali makan! Kalau ukuran buahnya kecil mungkin bisa tapi harus hati – hati, jangan sampai tersedak ya Cuy.

Membuang air dari jendela di Puerto Rico

Kalau ada kata pepatah sedia payung sebelum hujan. Tapi bila tahun baru di Puerto Rico, kamu harus sedia payung sebelum kesiram air dari jendela! Lol, tradisi unik warga Puerto Rico saat tahun baru tiba, masyarakat di sana akan mengisi sebuah ember dengan air lalu membuang air tersebut ke luar jendela. Menurut keyakinan mereka yakni bahwa roh - roh jahat akan terusir apabila mereka melakukan hal itu.

Memasukkan Koin ke Dalam Kue di Bolivia

Lain lagi tradisi di Bolivia, di sana ada sebuah tradisi di mana mereka memanggang kue atau membuat manisan lalu menaruh sekeping koin di dalamnya. Siapa pun yang mendapatkan atau menemukan koin tersebut, akan memperoleh keberuntungan di tahun baru atau tahun selanjutnya. Tapi harus berhati – hati, jangan sampai tertelan tertama pada anak - anak.

Melempar roti ke tembok di Irlandia

Terdengar sangat aneh dan mubazir namun, tradisi yang satu ini benar - benar dilakukan oleh masyarakat di Irlandia. Ketika tahun baru tiba, mereka akan melemparkan roti ke tembok menurut mereka cara tersebut bisa mengusir roh - roh jahat. Sayang banget yah itu rotinya dibuang disaat yang lain kelaparan. Tetapi itulah tradisi mereka sesuatu yang mereka yakini.

Nah, itulah 5 tradisi di daerah Indonesia dan 5 negara dengan tradisi uniknya saat perayaan tahun baru. Tanggapan kalian mengenai tradisi yang meraka lakukan apa nih? Corat coret di komen yah 😉

Sumber ; Genpi.co dan IND Times

#odop
#estrilookcommunity
#day1

No comments:

Post a Comment