Post Top Ad

Post Top Ad

Trik Dekorasi Skandinavia Style untuk Ruang Keluarga Mungil

Suka Dekor Rumah Ala Skandinavia, Ini Dia Trik Dekorasi Skandinavia Style untuk Ruang Keluarga Mungil


Memiliki ruang keluarga yang mungil bukan berarti kreativitas dalam mendekorasi jadi terbatas. Sebaliknya, kamu jadi tertantangan untuk menyulap ruang yang mungil menjadi terlihat luas, nyaman dan tidak membosankan. Bagi kamu yang belum mendapatkan inspirasi, desain Skandinavia bisa menjadi pilihan untuk dekorasi ruang keluarga.

Desain Skandinavia merupakan model interior yang sedang tren saat ini. Memiliki style yang sangat mudah untuk diikuti, desain ini mengusung tampilan ruangan yang rapi dan minimalis. Kombinasi yang seimbang antara kesan modern simpel dengan desain gaya Skandinavia cocok untuk dekorasi ruang keluarga mungil.

Sumber foto  Dekorumah.com

Berikut ini adalah ide dekorasi ruang keluarga dengan gaya Skandinavia sebagai inspirasimu dari sumber Dekorumah 16 oktober 2017, antara lain:

Dominasi Dekorasi dengan Warna Lembut dan Netral

Trik dekorasi gaya Skandinavia untuk memberi kesan luas pada ruang keluarga yang mung. Warna putih akan membuat ruang keluarga lebih terang. Tetapi tidak semua harus menggunakan warna putih. Dekorasi ruang keluarga dengan warna natural seperti coklat, krem, abu-abu, hitam dan khaki juga bisa digunakan. Tambahkan beberapa bantal dengan warna pastel agar memberi kesan segar tapi tidak mencolok.

Tekstur yang Berbeda-Beda

Dekorasi ruang keluarga dengan gaya Skandinavia akan memperkaya tekstur ruangan tersebut. Kamu bisa menambahkan dekorasi bentuk simpel dan material yang halus. Misal gunakan karpet rami atau throw blanket rajutan. meski bentuk dan material dekorasi berbeda-beda, desain gaya Skandinavia selalu disusun rapi dan fungsional. Dengan begitu, ruangan mungil tidak akan terlihat penuh.

Menambahkan Bantal di Atas Sofa

Trik dekorasi gaya Skandinavia menekankan pada tempat yang nyaman dan layak ditinggali. Dekorasi ruang keluarga yang bisa menambah kenyamanan ialah bantal. Bantal rajutan, linen, faux fur, atau semuanya, membuat ruangan mungil jadi menarik dan makin hangat. Selain itu, kamu bisa menambahkan bantal dengan warna atau motif yang berbeda-beda sebagai dekorasi ruang keluarga.

Memilih Karpet yang Bermotif

Karpet bermotif akan menambah suasana hangat pada ruang keluarga dan membuat ruangan terasa lebih hidup. Tentunya motif pada karpet harus diperhatikan agar sesuai dengan furnitur yang lainnya. Pilih karpet dengan motif geometris atau garis, selain untuk menekankan tema ruangan, karpet dengan motif tersebut juga dianggap tidak akan membuat ruangan terasa sempit.

Menambahkan Furnitur Kayu

Salah satu trik dekorasi gaya Skandinavia adalah funitur kayu. Masyarakat tradisional Skandinavia mempunyai ikatan yang kuat dengan alam. Satu atau dua furnitur dari rustic wood akan memengaruhi Skandinavia di ruang keluarga. Kayu juga membuat ruangan lebih nyaman, dan memberi kesan natural dan luas pada ruangan pada saat yang bersamaan.

Menyusun Ulang Dekorasi Beberapa Bulan Sekali

Mengganti foto yang dipajang atau mengubah susunan furnitur tiap beberapa bulan sekali akan membuat ruang keluarga terasa baru lagi. Dengan desain gaya Skandinavia, ruang keluarga yang mungil akan terasa lebih luas, trik ini juga menghilangkan kebosanan yang mungkin muncul. Jika kamu termasuk kolektor tanaman atau pajangan kecil, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

Membuat Dekorasi Ruang Keluarga dengan Gallery Wall

Gallery wall adalah dekorasi yang selalu ada pada ruangan yang menggunakan desain ala Skandinavia. Dekorasi ruang keluarga ini merupakan cara ideal untuk memperlihatkan  kepribadian penghuni rumah dalam desain Skandinavia minimalis.

Selain itu, gallery wall memberikan sentuhan modern pada ruang keluarga, khususnya bila kamu memilih memakai pigura. Lebih baik cetak foto yang kamu pilih di dinding menggunakan warna monokrom dengan sedikit corak netral atau pastel. Dengan begitu, ruang keluarga tidak monoton juga tidak terkesan berantakan.

Menambahkan Rak untuk Menyimpan Furnitur Ruang Keluarga

Rak panjang menyamping secara otomatis membuat mata bergerak horizontal, sehingga ruangan pun akan terlihat lebih lebar. Di sisi lain, rak yang tinggi tentu membuat mata bergerak vertikal, ruangan jadi tampak lebih tinggi. Inilah sebabnya dekorasi pada ruang keluarga yang bagus selalu terdapat rak. Kesan lapang tapi hangat dan familiar yang dimunculkan rak akan membuat kamu, keluarga dan juga tamu, betah berada di sana.

Tambahkan furnitur ruang keluarga minimalis seperti foto, pajangan abstrak, tanaman di dalam vas kecil dan buku bisa diletakkan di rak. Tetapi, jika kamu tetap ingin menjaga konsep dekorasi ruang keluarga dengan Skandinavia style, pastikan kamu menata benda-benda tersebut dengan tidak terlalu padat.

Tanaman Sebagai Dekorasi Tambahan Pada Ruang Keluarga

Berikan kesan hidup tambahan pada ruang keluarga menggunakan media tanaman. Selain dapat memberi tekstur baru pada dekorasi ruang keluarga, tanaman juga memiliki warna hijau yang dapat menyegarkan ruangan serta meningkatkan mood penghuninya.

Agar tidak menghalangi gerakmu saat berada di ruang keluarga yang mungil, kamu bisa meletakkan tanaman dalam sebuah pot besar di pojok ruangan. Sebaliknya, tanaman yang memakai pot kecil untuk melengkapi dekorasi ruang keluarga di meja ataupun rak.

Menjaga Dekorasi di Ruang Keluarga Tetap Rapi dan Simpel

Adakalanya dekorasi di rumah terutama pada ruang keluarga yang menarik perhatian sehingga terlalu banyak sampai rasanya ingin membeli semua barang saja. Keinginan seperti ini yang semestinya dikendalikan, sebab tiga komponen dasar desain gaya Skandinavia ialah keindahan, kesederhanaan dan kesatuan.

Ruang keluarga menjadi tempat penghuni rumah untuk berkumpul. karena itu, ruangan yang  nyaman, hangat, dan sederhana perlu dijadikan prioritas saat mendesain. Dekorasi ruang keluarga Skandinavia style, dekorasi selain dapat menyiasati area yang tidak terlalu luas, bisa membuat penghuninya lebih betah di rumah.

Dengan menggunakan trik dekorasi gaya Skandinavia ruang keluarga jadi hangat, nyaman dan sederhana.
Dekorasi pada ruang keluarga menjadi salah satu aspek terpenting di rumah. Selain dianggap sebagai ruangan inti, dekorasi ruang keluarga menjadi cerminan kepribadian pemiliknya. Lalu Seperti apa yang kamu ingin saat mendekorasi ruang keluargamu?

#SETIP
#EstrilookCommunity
#Day21

No comments:

Post a Comment