Inilah 7 Makanan Favorit Ramadan Rasulullah SAW untuk Berbuka

Inilah 7 Makanan Favorit Ramadan Rasulullah SAW untuk Berbuka


Di bulan Ramadan ini tentu momen berbuka menjadi saat yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim yang menjalankan puasa. Kebanyakan dari mereka sangat antusias dalam segala persiapan untuk berbuka puasa. Kadang, perut kosong selama seharian membuat orang yang menjalankan puasa ingin cepat-cepat berbuka dengan banyak menu makanan. Padahal, hal ini tidak baik untuk kesehatan pencernaan kita.

Karena pada saat perut kosong tidak boleh diisi dengan makanan berat apalagi banyak, pastinya kesehatan lambung akan terganggu disebabkan makanan-makanan yang kurang cocok pada menu berbuka. Parahnya bisa menimbulkan maag, meningkatnya asam lambung, dan banyak lagi dampak buruk yang terjadi.

Sumber foto lifestyle okezone (aliaarf.com)
Nabi kita Baginda Muhammad SAW telah mengajarkan bahwa adab-adab saat makan dan juga berbuka puasa. Oleh karena itu, kita sebagai umat Rasulullah SAW yang taat sebaiknya selalu mengikuti sunnah yang dicontohkan oleh Habibulloh Muhammad SAW. Selain tentang porsi makan yang tidak berlebihan, Nabi Muhammad sendiri memiliki makanan favorit Ramadan. Makanan kesukaan Rasul Nabi ini sering disantap ketika berbuka puasa.

Apa sajakah makanan favorit Nabi Muhammad SAW? Dikutip dari berbagai sumber, berikut tujuh makanan favorit Rasul untuk berbuka puasa. Disimak sampai tuntas ya, Dears.

Kurma

Kalau yang satu ini sudah pasti ya, karena kurma menjadi makanan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Seperti yang kita ketahui kurma sangat aman untuk kesehatan tubuh sebab mengandung gula alami. Kurma juga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, kurma memiliki rasa yang lezat. Al-Barniy merupakan Salah satu jenis kurma kesukaan Rasul SAW.

Anggur

Anggur merupakan salah satu buah yang menjadi menu berbuka puasa Nabi Muhammad SAW. Terdapat banyak sekali khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh dalam buah Anggur. Buah satu ini bisa menjadi penguat jantung, liver dan paru-paru. Sajikan Anggur untuk menu berbuka puasa dimakan ketika berbuka puasa.

Kandungan vitamin C yang ada pada buah anggur dapat meningkatan daya tahan tubuh. Rasanya manis sangat membantu menggantikan gula pada cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Potasium yang ada dalam anggur pun mampu mencegah tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, anggur juga bisa menjaga kesehatan otak, mencegah kanker serta penuaa diri.

Zaitun

Dari Abi Usaid Al-Anshari ia berkata Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah Hadis yaitu makanlah minyak zaitun, ''sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. Hadis Riwayat. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi.

Hadis ini memberi tahu kepada seluruh umat Islam agar menjadikan buah zaitun sebagai lauk. Zaitun memiliki khasiat yang luar biasa sebagai obat segala macam penyakit. Sangat cocok untuk menu buka puasa Anda.

Buah Ara

Buah Ara disebut juga dengan nama buah tin, di mana buah ini bisa menjadi menu pilihan Anda untuk berbuka. Buah ini pun sangat disukai oleh Rasul, seperti halnya yang diriwayatkan Abu Darda RA bahwa Habibullah Muhammad SAW pernah memakan buah tersebut. Beliau bersabda ''bahwa buah tin merupakan buah surga tanpa biji''. Buah Ara ini mengandung banyak manfaat seperti mengobati penyakit usus, sembelit, lambung, bisul dan haid. Jadi, buah ini sangat cocok bila dikonsumsi ketika berbuka.

Delima

Walaupun bentuk kecil, buah delima mempunyai banyak manfaat, terutama untuk membersihkan perut dan juga lambung. Nabi Muhammad pun sangat suka memakan buah berwarna merah ini. Seperti halnya buah lain pada dasarnya, delima memiliki jumlah antioksidan dan vitamin yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas.

Madu

Madu memang diketahui sangat baik untuk tubuh kita. Rasanya yang enak dan tidak terlalu manis juga sering dipakai sebagai pengganti gula. Mengonsumsi madu sesudah berbuka puasa bisa menjaga kadar gula darah kita.Madu juga bermanfaat untuk menghindari sembelit dan diare yang disebabkan dari makanan yang kita konsumsi. Manfaat lain madu yakni dapat mencegah kanker dan penyakit jantung.

Susu

Bukan hanya diminum saat berbuka, ketika sahur pun tak sedikit orang yang mengonsumsi susu. Begitu pun dengan Baginda Nabi Muhammad SAW. Kandungan vitamin yang ada dalam susu berguna untuk membantu menjaga kebugaran tubuh selama seharian. Terdapat banyak kandungan dalam segelas susu sendiri terdiri dari protein, kalsium yang sangat baik untuk kesehatan.

Yap, Gaess, itulah uraian tentang makanan apa saja yang menjani makanan favorit Ramadan Nabi kita Muhammad SAW. Semoga bermanfaat ya, info ini.

Sumber referensi Brilio.net dan Fimela.com

Aliaarf.com

No comments:

Post a Comment

Followers

SUBSCRIBE