Saturday, May 25, 2019

Inilah 9 Momen yang Dirindukan dari Ramadan

Inilah 9 Momen yang Dirindukan dari Ramadan

Tak terasa ya, Deras, momen Ramadan akan berakhir. Selain berpuasa, di bulan yang mulia ini menyimpan banyak hal-hal eksklusif yang takkan kamu temui di bulan lainnya. Karena itulah, mengapa bulan puasa menjadi saat yang selalu dirindukan kedatangannya.

Berikut ini adalah 9 momen khas yang hanya ada di bulan Ramadan dan pastinya menjadi momen paling kamu rindukan, seperti yang dikutip dari beberapa media online. Apakah kamu juga merasakan momen itu, Dears??

Sumber foto Bionergi Center (aliaarf.com)

Bangun dan Makan Diwaktu Sahur

Di bulan Ramadan, aktivitas umat Islam jadi berubah. Yakni Diawali dengan bangun di sepertiga malam untuk melangsungkan sahur. Di hari-hari pertama puasa, jangan ditanya bagaimana sulitnya membuka mata dan mengisi perut di jam-jam yang tidak biasa. Namun, bagaimana pun susahnya dan terasa amat berat, sahur sebaiknya tidak kamu tinggalkan.

Selain bernilai ibadah, makan dan minum ketika sahur baik untuk kesehatan. banyak hasil penelitian yang menunjukkan kalau kita makan dan minum ketika sahur sangat baik dilakukan karena baik untuk kesehatan tubuh bahkan untuk penderita maag sekalipun. Karena itu lebih baik baginya.

Makan disaat sahur, setelah azan Subuh dimulailah kita  menahan haus dan lapar hingga tiba waktu berbuka puasa. Meski awalnya terasa amat sangat sulit, tapi pada akhirnya sahur menjadi momen yang dirindukan dari Ramadan.

Menyantap Makanan Khas Buka Puasa

Di saat Ramadan, menyantap takjil ketika adzan Magrib berkumandang, merupakan momen yang sangat membahagiakan. Selama bulan Ramadan terdapat banyak pasar kaget yang tersebar di seluruh daerah, di sama mereka menyajikan aneka pilihan takjil yang lezat.

Mulai dari gorengan, kue basah, dan makanan yang biasa dimakan saat sarapan, sampai beraneka es misalkan es campur dan tak ketinggalan kolak pun dijual di sana. Jadi tak di ragukan lagi momen inipun menjadi momen yang dirindukan dari Ramadan.

Buka Puasa Bersama

Mengadakan acara buka puasa bersama atau yang biasa disebut Bukber. Pada dasarnya Bukber menjadi ajang reuni baik itu antara keluarga maupun teman-teman yang lama tak jumpa. Oleh karena itu, kegiatan silaturahmi ini termasuk momen bulan puasa yang paling dirindukan. Buktinya? Coba kamu cek, pada waktu bulan Ramadan baru berlangsung beberapa hari, sudah menerima berapa banyak undangan buka puasa bersama yang kamu terima?

Aktivitas Ngabuburit

Melakukan suatu kegiatan menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa yang dikenal dengan istilah ngabuburit ini hanya akan Anda temui di bulan suci Ramadan. Waktunya sekitar 2-3 jam sebelum Magrib. Kegiatan yang bisa dilakukan dengan jalan-jalan sore bersama-sama teman ataupun orang yang disayangi. Tapi banyak juga yang menghabiskan waktunya dengan mengaji, mengikuti kajian dan lainnya disaat ngabuburit.

Acara Televisi Khusus 

Menjelang Ramadan, hampir seluruh stasiun televisi berlomba-lomba mengenalkan program acara yang bertemakan Ramadan. Tak hanya acara televisi saja yang turut meramaikan Ramadan, iklan-iklan yang disiapkan khusus untuk ditayangkan selama bulan puasa sampai menjelang Lebaran. Momen inilah yang pastinya membuat bulan puasa terasa sangat berkesan.

Salat Tarawih Berjamaah

Nah, salat tarawih juga termasuk salah satu momen yang pasti membuat kamu rindu pada bulan Ramadan. Walaupun mungkin terkadang malas mengerjakan salat sunah tarawih, namun tak dapat dipungkiri saat kamu membahas sesuatu hal yang berhubungan dengan puasa, ada kerinduan pada salat tarawih karena hanya bisa dilaksanakan pada bulan Ramadan sajpuyu44a.

Riuhnya Suara Petasan 

Menjelang bulan Ramadan sampai alhit, biasanya banyak penjual petasan yang menjajakan petasan atau kembang api yang mereka jual. Walaupun bermain petasan sangat berbahaya, tapi percaya atau tidak suara petasan itu menjadi momen yang dirindukan dari Ramadan.

Menyantap Kurma

Selama bulan puasa berlangsung, mendadak semua tempat supermarket menjual kurma dalam berbagai jenis dan merek. Tidak seperti di negeri Arab, di mana kurma ini bukanlah menjadi camilan yang umum di Indonesia. Biasanya, kurma akan muncul secara massal di pasaran hanya pada saat puasa Ramadan dan hari Lebaran saja.

Ikut Menukarkan Uang Ke Bank

Di Indonesia, memberikan THR menjadi sebuah tradisi budaya yang selalu diikuti. Mereka akan menukarkan uang biadanya untuk pecahan uang 20 ribu, 10 ribu, 5 ribu dan 2 ribu rupiah. Tapi, ini bukan mengenai angkanya, tapi hal ini tentang keseruan berbagi THR di dalam keluarga. Bahkan, ada yang melakukan proses membagikan THR dengan membagikan games dan tantangan lainnya.

So, Dears, diantara momen di atas. Momen apa yang dirindukan dari Ramadan untuk mu?

Sumber referensi www.ramadanberbagi.com

No comments:

Post a Comment