Wednesday, August 14, 2019

Resep Puree MPASI untuk Buah Hati Tercinta

5 Puree MPASI untuk Si Kecil


Untuk seorang Ibu terlebih yang baru pertamakali memberikan MPASI ( makanan pedamping ASI ) merupakan moment yang menyenangkan, setelah bayi genap berusia 6 bulan sikecil sudah siap menerima makanan padat karena diusia itu mereka membutuhkan nutrisi lebih dan ASI saja tidak cukup.

Masalahnya kita tidak bisa sembarangan memberikan makanan pada bayi, karena mereka masih sulit untuk menelan dan mencerna makanan yang sifatnya keras. Puree atau bubur halus merupakan MPASI pertama yang bisa diberikan untuk sikecil dan sebaiknya menggunakan bahan makanan yang biasa dikonsumsi di rumah bukan bubur pabrikan.

Sumber Foto Kidspot. com


Lalu makanan apa yang bergizi, mudah dibuat, dan tetap lezat untuk buah hati kita? Tidak perlu bingung, dilansir dari zonamama.com ada 5 resep puree yang bergizi tinggi dan mudah diadaptasikan. Yuk, Dears, kita buat buburnya.

Bubur Susu Kacang Hijau

Tahu gak mom, ternyata sikecil bulat hijau ini memiliki banyak sekali akan manfaat dan kandungan gizi yang baik untuk bayi lho, sebab si kacang hijau ini memiliki vitamin A, D, E, K, dan B-6, protein, zat besi, flavoroid, asam folat dan kalsium. Dilihat dari gizinya, dengan nilai gizi pada kacang hijau tentu mengonsumsi kacang hijau dapat membantu perkembangan tulang gigi, mendukung perkembangan otak sampai meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, Bahan yang diperlukan untuk bubur ini ialah;
~ 10gram tepung kacang hijau
~ 200ml ASI

Cara buatnya mudah kok,
Masak terlebih dahulu tepung hijau dengan sedikit air setelah matang angkat taruh dimangkuk kemudian tambahkan ASI.

Didinginkan dulu ya, Dears, setelah dingin bubur susu kacang hijau bisa diberikan kebuah hati kita.

Puree Beras Merah

Sudah tak asing lagi, beras merah memang sering dibuat bubur untuk bayi karena kandungan gulanya yang lebih rendah dari beras putih, tak hanya itu beras merah pun mempunyai banyak zat gizi antara lain; vitamin A, vitamin B kompleks, protein, zat besi, serat, asam amino triptopan, selium, magnesium dan asam lemak alpa linolenat.

Bahan untuk membuat puree beras merah;
~ Beras merah secukupnya
~ ASI

Cara buatnya tidak rumit kok
Pertama tama masak beras merah hingga menjadi bubur lalu saring pakai saringan kawat kemudian campur dengan ASI.

Tadaa puree beras merah sudah jadi, mudahkan buatnya.

Puree Alpukat

Alpukat jenis buah yang disukai banyak orang ini mempunyai kandungan lemak tak jenuh dari vitamin E, alpukat memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut sehingga pas untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI.

Bahan yang Bunda butuhkan membuat Puree alpukat adalah;
~ 50gram alpukat ( yang sudah dikupas, dicuci bersih dan dipotong - potong )
~ 30ml ASI

Seperti ini cara buatnya
Penyet-penyet alpukat saring sampai halus tanpa menambahkan air kemudian taruh dimangkuk lalu campur dengan ASI.

Yup, Puree alpukat siap disantap sikecil.

Puree Pisang

Pisang memiliki pasokan nutrisi penting yang dapat membantu perkembangan kesehatan bayi. Diantaranya yaitu; kalsium, kalium, magnesium, karbohidrat dan lain-lain. Pisang juga bisa langsung diberikan sebab pisang memiliki rasa manis, tekstur yang lembut dan mudah dilumat bayi.

Bahan untuk membuat puree pisang antara lain;
~ 1 buah pisang ambon
~ 30ml ASI

Cara buatnya gampang sekali
Kamu hanya perlu mengerok pisang menggunakan sendok lalu tambahkan ASI.

Tidak sulit membuatnya kan, Dears.

Puree Apel

Buah khas kota Malang ini memiliki banyak kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium dan mineral lainnya yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. Selain mudah dicerna apel juga tidak menyebabkan alergi untuk dikonsumsi oleh buah hati kita.

Bahan untuk mengolah puree apel
~ 50gram apel manis
~ 20ml ASI

Cara buat puree aple cukup mudah
Kukus apel sampai empuk lalu saring dengan saringan kawat hingga lembut kemudian tambahkan ASI.

Tadaa puree apel pun sudah jadi dan siap dilahap sikecil.

Bagaimana Dears, simpel dan mudahkan buatnya ya, kan? Untuk makanan yang akan diberikan pada bayi, kita harus pintar-pintar dalam memilih makanan yang baik untuk sikecil, tidak hanya nilai gizinya saja tetapi harus aman dikonsumsi bayi.

Mudah, praktis dan bergizi ya, makanan homemade ini. Dan ini bisa jadi alternatif selain aman nilai gizinya pun terjamin. Nah, Dears, 5 resep ini bisa kamu aplikasikan untuk bayi kamu. Selamat mencoba.

20 comments:

  1. Wah...ibu2 yg sdg MPASI pasti terbantu dengan resep praktisnys mba 😊

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget resep bubur ASI-nya mbak Alia. Memang lebih baik kita buat sendiri ya makanannya, apalagi sekarang sudah banyak perlengkapan memasak bayi yg memudahkan kita sebagai ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alat² sangat memadai dan mudah digunakan.
      Bayi memang butuh MPASI yang bergizi tapi aman didikonsumsi :)

      Delete
  3. Pure apel, pisang, sama beras merah saya juga dulu bikin ini pas nyuapin Mpasi anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puree MPASI memang mudah dibuat bergizi pula buat dedek bayi :)

      Delete
  4. Semoga ananda sehat terus ya. Maemnya enak enaak

    ReplyDelete
  5. wajib save buat para ibu yg sedang berjuang menghadapi MPASI 😍🌟terima kasih sdh berbagi kak ^^

    ReplyDelete
  6. Aku tiap kali baca puree tuh penasaran ini tuh apaan sih. Ternyataaaaa bubur halus to. πŸ™ˆ

    Terjawab sudah rasa penasaranku.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillaah semua resep puree diatas sudah pernah kubikin dan anakku doyan pada saat MPASI 4 tahun lalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puree emank MPASI terbaik buat buah hati ya Bun :)

      Delete
  8. Puree boleh diberikan tapi sekarang bayi disarankan makan makanan 4 kuadran mbak meliputi karbo, prona, prohe, sayur dan lemak juga. Jadi bisa lebh lengkap sejak usia 6 bulan nutrisinya.

    ReplyDelete
  9. Wahh, resep puree nya dulu pernah aku bikin semua untuk si kecil. Dan, rasanya pun memang enak plus bergizi pula. Si kecil senang, emaknya pun juga senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Bun
      Buah hati senang hati emak pun tenang hehe

      Delete
  10. pengen coba yang puree pisang dan apel ah :D

    ReplyDelete