Saturday, September 14, 2019

5 Cara Efektif Menjaga Hidung Bersih dan Sehat

5 Cara Efektif Menjaga Hidung Bersih dan Sehat


Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh terdiri dari organ-organ yang sangat penting untuk menunjang kehidupan, di mana masing-masing organ tubuh mempunyai tugas dan fungsi tersendiri. Untuk itulah, Dears, kamu harus selalu berusaha menjaga organ tubuh tersebut agar tetap dalam keadaan yang sehat dan prima.

Dengan begitu semua organ vital dan lainnya dapat melakukan tugas dengan baik sehingga kamu pun menjadi pribadi yang sehat. Salah satu organ tubuh yang tak kalah penting untuk dijaga dengan baik adalah hidung, selain untuk bernafas, organ ini juga bertindak sebagai indera penciuman.

5 Cara Efektif Menjaga Hidung Bersih dan Sehat, foto Rakyatku.com


Pendapat ahli mengenai hidung bersih dan sehat menurut Josep E. Kelleher, MD, seorang ahli imunologi mengatakan bahwa sinus dan hidung ialah garis pertahanan pertama pada sistem pernapasan, terdiri dari beberapa jaringan yaitu membran mukosa dan silia yang berguna untuk menyaring dan melembabkan udara yang dihirup.

Lalu hal apa saja yang mesti dilakukan agar hidung mu tetap dalam kondisi yang sehat dan juga bersih? Ada beberapa cara yang efektif untuk kamu coba guna memperoleh indera penciuman prima alias gak mampet dan hal negative lainnya, diantaranya yaitu :

Menghindari Sumber Alergi

Dears, jika kamu seorang penderita alergi, maka yang harus dilakukan adalah meminimalkan kontak dengan sumber alergi seperti bulu binatang, debu, serbuk sari, bahaya asap rokok, atau dari sumber lainnya, supaya mencegah kerusakan pada organ hidung serta sinus kamu, sehingga membuat hidung mu bersih dan sehat.

Lindungi Hidung Dari Debu dan Polusi

Saat kamu akan melakukan aktivitas di tempat yang terdapat banyak debu atau ketika sedang berkendara, secara langsung ataupun tidak hal ini tentunya akan menyebabkan hidung menghirup zat-zat yang berbahaya hingga akan berpengaruh pada kesehatan kami.

Debu dan udara yang sudah tercemar lalu terhirup akan membuat hidung jadi kotor. Untuk melindungi organ ini, maka baiknya kamu menutup hidung atau menggunakan masker selama beraktivitas di tempat yang kondisinya seperti itu.

Menjaga Kelembapan Udara di Dalam Ruangan

Udara yang kering akan menyebabkan organ sinus jadi kering. Akibatnya organ ini akan rentan terinfeksi bakteri yang berbahaya. Untuk itu, jaga dan tingkatkan kelembaban udara pada ruangan, terutama saat musim dingin. Agar hidung bersih dan sehat jagalah kelembaban udara, hal ini juga baik bagi kesehatan organ sinus maupun kulit.

Lengkapi Rumah dengan Jendela Agar Sirkulasi Udara Lancar

Apabila kelembaban udara di atas 60%, maka hal ini dapat dipastikan meningkatkan pertumbuhan debu, jamur, dan tungau. Kelembaban udara yang tepat akan membantu menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit misal asma atau penyebab alergi kulit yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan alat humidifier atau vaporizer.

Meningkatkan Kualitas Udara yang Bersih

Ini merupakan langkah sederhana dalam upaya melindungi agar hidung bersih dan sehat dan menjaga dari suatu hal yang dapat merugikan kesehatannya. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan supaya menciptakan udara yang bersih di lingkungan kamu.

Hal itu pun dapat menurunkan risiko indera penciuman mu dari gangguan kesehatan adalah dengan mencuci gorden atau sprei tempat tidur secara rutin, Bersihkan mainan anak dari debu dan kotoran, dan lain sebagainya. Hal ini tentu tak hanya baik pada organ hidung kamu, Dears. Lingkungan sekitar rumah jadi lebih bersih, sehat dan nyaman.

Nah, itulah 5 cara efektif untuk menjaga hidung bersih dan sehat, dengan menjaga kelembapan dan sirkulasi udara serta lingkungan bersih dan sehat, bisa dipastikan kamu pun dapat menghindari dari berbagai penyakit terutama penyakit organ pernapasan.

#ODOP day 7
#Estrilook Community

No comments:

Post a Comment