Thursday, October 3, 2019

Pengaruh Obat Bius Bisa Bikin Badan Lemas, Lho! Pulihkan Tubuh dengan 5 Langkah Ini, Dears

Pengaruh Obat Bius Bisa Bikin Badan Lemas, Lho! Pulihkan Tubuh dengan 5 Langkah Ini, Dears


Pengaruh Obat Bius Bisa Bikin Badan Lemas, Lho! Pulihkan Tubuh dengan 5 Langkah Ini, Dears. Tindakan operasi adakalanya dibutuhkan bila suatu penyakit yang diderita pasien butuh penanganan secara serius. Tentunya para dokter sebelum melakukan operasi akan membius pasiennya, agar tidak kesakitan atau bahkan menjerit ketika akan dibedah (auto riweh ini mah,, hehe)

Nah, yang menjadi masalah yakni pasca operasi, sebab ada saja pasien yang didapati mengeluh merasa sakit kepala, badannya lemas, mual bahkan hingga muntah. Bisa jadi yang dialami mereka itu dikarenakan adanya efek dari obat bius yang diberikan pada saat operasi dan masih ada di dalam tubuhnya.

Pengaruh Obat Bius Bisa Bikin Badan Lemas, Lho! Pulihkan Tubuh dengan 5 Langkah Ini, Dears. Sumber foto .MSN. com


Tapi kamu gak perlu khawatir, Dears. 'Cause ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat pemulihan pengaruh obat bius ini. Bagaimana caranya? Simak terus ya, uraian selengkapnya di bawah ini.

Tips Untuk Mempercepat Pemulihan yang Disebabkan Efek Obat Bius


Umumnya obat bius akan bertahan dalam tubuh kurang lebih 24 jam ketika pertama kali diberikan saat mulai menjalankan operasi. Dan selama sisa-sisa obat bius masih ada dalam tubuh, maka kesempatan pasien bisa merasakan efek samping bius lainnya masih tinggi.

Seiring waktu, pengaruh dari obat bius lambat laun akan berkurang dan tubuh pun kembali berfungsi dengan normal. Daripada kamu hanya berdiam diri terus-terusan (auto bosen bed rest sepanjang hari).

Nah, kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini yang bisa mempercepat pemulihan dari efek obat bius, di antaranya:

Meminum Air Putih


Setelah operasi, terkadang kita akan mengalami kekurangan cairan, untuk menghindarinya pastikan kebutuhan cairan pada tubuh mu tetap terjaga dan terpenuhi. Tidak harus minum air putih saja, boleh juga mengonsumsi sup bening ataupun jus buah agar tidak terjadi dehidrasi tubuh.

Minum air putih yang cukup dapat membantu membilas sisa-sisa obat bius yang masih tertinggal di dalam tubuh. Hal ini juga dapat membantu mempercepat pemulihan setelah operasi, sehingga tubuh Anda semakin cepat fit dan sehat.

Minum Obat


Umumnya dokter akan memberikan obat nyeri supaya mengurangi rasa sakit di tubuh kamu setelah operasi. Namun, sering sekali ditemukan pasien yang merasa ragu atau bahkan sampai menolak minum obat karena mereka takut kecanduan maupun alasan lainnya.

Dears, perlu kamu ketahui. Jika kamu mampu mengendalikan rasa sakit dengan meminum obat, maka proses pemulihan pun akan makin cepat. Jadi, jangan baru minum obat ketika badan kamu baru terasa sakit. Ikuti aturan minum obat yang telah diberi dokter, baik itu jadwal ataupun dosisnya, supaya kamu sembuh lebih cepat.

Jaga Pola Makan


Kebanyakan pasien sehabis operasi mengeluh nafsu makan mereka menurun akibat adanya rasa mual maupun sembelit. Sensasi mual serta sembelit ini merupakan efek samping dari bius ketika operasi.

Bukan berarti karena sensasi tersebut kamu biarkan perut mu tetap kosong, ya, Dears! Justru itu, kamu mestinya tetap makan agar kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh tetap tercukupi. Selain itu, dapat memenuhi jumlah asupan makanan yang penting untuk proses pemulihan dan mengecilkan risiko komplikasi pasca operasi.

Kalau bisa, kamu tetap makan sebanyak mungkin semampu kamu. Seandainya kamu memang tak sanggup makan tiga kali dalam hari dengan porsi normal, maka coba untuk membagi porsi makan lebih sedikit namun sering.

Perhatikan pula jenis makanan yang kamu konsumsi. Banyak-banyak makan makanan yang mengandung serat, misalnya buah-buahan, sayuran dan roti gandum, supaya kamu tidak sembelit.

Untuk sementara waktu sebaiknya kamu menghindari berbagai makanan manis ataupun pedas. Karena jenis makanan seperti itu dapat menghambat pergerakan usus mu dan membuat sembelit makin parah.

Sembelit tak hanya membuat rasa tak nyaman, sebab sembelit juga bisa meningkatkan rasa sakit serta memperlambat proses pemulihan, lho, Dears.

Rehat yang Berkualitas


Pengaruh obat bius biasanya masih ada di dalam tubuh 24 jam sehabis operasi, maka dari itu sebaiknya tidak melakukan berbagai aktivitas yang membuat kamu letih atau butuh konsentrasi tinggi. Contohnya mengerjakan pekerjaan kantor, berjalan jauh, dan lain-lain.

Sebab si obat bius ini bisa berpengaruh pada koordinasi tubuh dan cara merespon atau berpikir kamu, Dears. Hal Ini pun yang menjadi alasan mengapa kamu sebaiknya ditemani keluarga, suami atau istri , maupun orang dewasa lainnya ketika kamu berada di tempat pemulihan. Mereka yang akan menjaga kamu sampai pulih.

Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan istirahat yang berkualitas tiap hari agar mempercepat proses pemulihan. Biarkan efek dari obat bius berkurang sampai tubuh kembali fit seratus persen pasca operasi.

Konsultasi Medis


Konsultasi ini perlu dilakukan untuk cepat pulih dari pengaruh obat bius, namun yang terutama adalah kamu akan selalu mengikuti instruksi dokter. Pasalnya, banyak pasien yang menyepelekan saran dokter hingga pada akhirnya memperlambat proses pemulihan sehabis operasi.

Jadi, kalau kamu diminta dokter untuk tetap berbaring selama 24 jam setelah operasi. Anjuran tersebut tentu bukan sesuatu hal yang tanpa sebab, justru ini merupakan hal yang bermanfaat agar mengurangi sakit kepala yang sering kali terjadi pasca operasi. Berbaring pun penting untuk mencegah adanya infeksi dan bekas luka operasi lekas sembuh.

Jika kamu tetap merasakan sakit kepala, mual, maupun muntah-muntah tanpa henti, baiknya segera konsultasikan hal ini ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa memantau perkembangan kesehatan kamu dan melakukan perawatan yang tepat guna mengurangi efek dari bius dalam tubuh mu, Dears.

Nah, itulah jabaran mengenai pengaruh obat bius pada tubuh dan beberapa langkah pemulihannya. Semoga penjelasan diatas mampu mengatasi efek samping pasca operasi bagi kalian. Lekas sembuh dan sehat selalu.

Salam

#ODOP #day12

#Estrilook Community

No comments:

Post a Comment