Langkah Efektif untuk Jual Rumah di Zaman Now Agar Cepat Laku

Persoalan jual rumah bukanlah suatu hal sederhana. Sebab banyak hal yang patut dipertimbangkan, meskipun harga jualnya bisa mendapatkan untung yang banyak. Akan tetapi, rumah merupakan aset yang sifatnya tak mudah diperdagangkan. Hanya kemungkinan kecil bila kamu beriklan sekarang dan langsung ada yang menawar dan terjual seketika.

Wajar saja hal ini terjadi, karena seseorang yang ingin beli rumah pastinya perlu pertimbangan  cukup besar baik dari sisi keuangan, lokasi dan lainnya. Maka dari itu, untuk memuluskan perjuangan kamu menjual rumah. Kamu mesti punya strategi ampuh dan tepat sasaran, mengingat zaman now yang memiliki akses internet mumpuni, bisa kamu manfaatkan.

Baca Juga



langkah-efektif-jual-rumah-di-zaman-now
sumber foto Property Inside

Cara Efektif Jual Rumah di Zaman Now

Dari pada kamu berkoar ke sana ke mari tidak ada juntrungannya, yang ada tenaga dan waktu terbuang sia-sia. Kamu perlu mengetahui dan ikuti cara efektif serta efisien memasarkan rumah yang satu ini. Apa saja itu? Berikut uraian selengkapnya.

1. Sebelum Pasang Iklan Renovasi Dahulu Rumah Kamu

Renovasi adalah solusi terbaik agar penampakan rumah jauh bagus dari pada sebelumnya dan tentunya akan menambah nilai positive di mata calon pembeli. Dalam hal ini, tak perlu mengerjakan  renovasi secara besar besaran. Cukup dengan renovasi kecil saja, tapi semua itu dilihat pada kondisi rumah yang kamu tempati.

Namun, apabila kerusakannya terlihat jelas seperti plafon bocor, lantai pecah, tembok berlumut atau yang lainnya. Hal demikian itu akan membuat harga rumahmu turun secara tidak langsung. Karenanya penting sekali melakukan renovasi supaya tampilan rumah indah dan menjual.

Kontruksi rumah yang baik dan lainnya yang berhubungan dengan rumah dalam keadaan prima tentunya bisa menarik minat pembeli. Setidaknya bila suatu saat jika ditanya pembeli, kamu bisa menjawab tanpa beban apalagi berbohong bahwa rumah 100% non cacat.

2. Mengecek Harga Tanah di Area Sekitar Rumah

Hal yang tak kalah penting saat akan menjual rumah ialah menentukan harga jualnya. Nah, kalau kamu sudah tahu harga pasaran dari tanah yang ada di daerah dekat rumah, dengan begitu kamu bisa dengan mudah mematok atau menentukan harga jual yang wajar. Sesuai pula dengan keadaan rumah kamu.

Untuk itu, kamu perlu melakukan riset guna memperoleh data akurat dengan memanfaatkan situs-situs pencarian properti yang ada di Indonesia. Kemudian hitung kira-kra berapa harga luas bangunan rumah kamu. Apabila harga bangunan rumah dan tanah sudah menemui titik temu, jumlahkan kedua harga tersebut. Hasil dari penjumlahan itu bisa dibilang sebagai valuasi harga rumahmu.

Nilai Jual Obyek Pajak yang merupakan akronim dari NJOP. Nah, NJOP ini dapat kamu periksa di area sekitar rumah. Di mana dalam nilai PBB yang diterima tiap tahunnya, terdapat beberapa informasi tentang NJOP, di antaranya mengenai harga tanah maupun bangunan.

Pada umumnya orang-orang menjual rumahnya seharga dua atau tiga kali lipat harga di atas NJOP. Terkadang dilihat pula dari letak rumah, makin strategis rumah kamu berada, maka makin memungkinkan bagi kamu menaikkan harga rumah tersebut. Harganya bisa menyentuh milyaran atau bahkan puluhan milyar hingga triliyun.

Jadi intinya, dengan melakukan riset harga jual rumah kamu bisa memperkirakan harga jual yang pas. Sehingga tidak merugikan kamu dengan menjual rendah ataupun terlalu mahal yang bisa mengakibatkab rumah laku lama atau kemungkinan buruk tidak laku-laku.

3. Memanfaatkan Situs Jual Beli

Zaman now merupakan era digital yang kini jadi bagian hidup manusia sekarang ini. Kemudahan yang diberikan era ini membuat segala kegiatan dapat dilakukan dengan cepat. Begitupun dengan menjual rumah, adanya internet menwarkan situs jual beli yang sangat berguna mempercepat rumah dipinang pembeli.

Jika ingin mempromosikan rumah, tak lupa letakkan foto rumah yang representatif. Agar lebih afdal manfaatkan fitur advertise di e-commerce tepercaya. Memakai fitur itu iklan kamu akan tampil di laman pertama, walaupun kamu harus merogoh kocek dengan menggunakan fitur tersebut. Namun, responnya lebih cepat.

4. Memuat Iklan di Media Sosial

Media sosial sudah menjadi bagian rutinitas harian sebagian besar populasi penduduk dunia. Saking besar pengaruhnya, membuat orang-orang memanfaatkan akun mereka untuk berjualan atau beriklan. Sebut saja Instagram, sosial media ini sangat efektif tuk melakukan baik itu soft selling ataupun hard selling.

Melalui Intagram kamu dapat memposting foto-foto rumah dari berbagai sudut dan ruang. Lalu, postingan tersebut di-boost dan yang terpenting buat target siapa saja yang bisa melihat postingan itu. Sebelumnya pastikan profil akun kamu pada posisi profil bisnis dan perbanyak follower.

Sebaiknya, tak hanya akun Instagram  bagusnya kamu promosikan rumah, namun disemua akun medsos yang ada. Seperti Facebook, Twitter, Line, LinkedIn, Tumbler, YouTube, dan medsos lainnya. Dengan mengiklan pada akun kamu di berbagai media sosial, memperbesar kemungkinan rumahmu laku cepat.

Adapun YouTube sebagai medsos terpoler dengan status video yang patut kamu coba. Bila kamu punya akun tersebut, segera mulai merekam rumah dengan real dan tampilan harus menarik. Di situ kamu bisa memperlihatkan bagian rumah dari halaman depan hingga belakang. Selesai memposting di YouTube kamu dapat menyebar atau share ke akun lainnya.

5. Cari Tau Waktu Tepat tuk Menggunakan Fitur Iklan

Status atau iklan yang kamu buat di situs jual beli maupun media sosial, biarkan saja jangan dihentikan ataupun dihapus. Namun kamu tak boleh terburu-buru mengaktifkan fitur advertise. Telusuri kapan sekiranya waktu yang baik dan tepat melakukannya?

Lantas bagaimana cara ntuk mengetahui hal tersebut? Yakni dengan mengetahui dan memahami kapan waktu padat transaksi jual rumah berlangsung. Umumnya harga rumah naik ketika suku bunga BI naik. Jadi, kalau perekonomian naik dan politik stabil serta kondusif, transaksi jual beli pun ramai..

6. Menggunakan Agen Properti untuk Muenjual Rumah

Memanfaatkan jasa agen tersebut merupakan cara jitu untuk mempersingkat waktu laris rumahmu. Apalagi bagi kamu yang tidak memilik waktu luang untuk promosikan rumah. Sebab agen akan mengerjakan hal tersebut.

Untuk mendapatkan jasa ini, tentu ada biayanya. Mereka akan bekerja menawarkan rumah kamu sampai laku terjual. Nah, ketika rumah dipinang mereka akan memperoleh komisi dari harga penjualpenjualanan rumah tersebut. Sesuai kesepakatan yang berlaku.

Biasanya, agen properti akan meminta komisi sebanyak 2,5 persen dari keseluruhan harga penjualan rumah milik kamu. Untuk hal ini sebaiknya tak perlu bernegosiasi, kalau komisi yang diminta 2,5 persen. Komisi sebesar itu sudah pas, dikhawatirkan jika terlalu kecil mereka akan malas-malasan bekerja dan kalau lebih dari itu kamu yang merugi.

Langkah-langkah ini cukup efektif dalam hal jual rumah di zaman modern atau yang lebih kekiniannya dikenal dengan istilah zaman now. Mengingat kegunaan digital yang makin canggih dan fleksibel, jalur tersebut paling efektik mempromosikan rumah kamu dengan tingkatan rumah laris lebih cepat. 


No comments for "Langkah Efektif untuk Jual Rumah di Zaman Now Agar Cepat Laku"