Inilah Cara Tepat Mengatur Uang THR Biar Gak Kebablasan

Inilah Cara Tepat Mengatur Uang THR Biar Gak Kebablasan


Memasuki bulan Ramadan yang penuh dengan keberkahan, di bulan inipun bagi kalian yang telah bekerja dalam masa kerja 12 bulan, maka Anda berhak menerima Tunjangan Hari Raya atau yang akrab dikenal dengan THR. Biasanya jumlah THR yang diberikan sebesar satu bulan gaji yang dibagi bagikan 1 atau 2 minggu sebelum hari Raya Idul Fitri.

Namun, jika kamu yang baru bekerja dan masa kerja baru 3 bulan, jadi THR yang kamu dapatkan diberikan secara proporsional sesuai masa kerja yakni perhitungan masa kerja dibagi 12 dikalikan jumlah 1 bulan upah. Adanya jeda waktu sampai hari raya, sebaiknya Anda bisa membuat anggaran uang THR dengan bijak, sehingga pengeluaran yang adapun tak menguras semua uang THR kamu.

Sumber foto Hipwee
Seharusnya THR digunakan sebagai sumber dana untuk membiayai semua hal yang menyangkut dengan belanja untuk Hari Raya itu sendiri. Akan tetapi, untuk jenis biaya rutin tetap memakai sumber dana dari pendapatan yang biasanya diperoleh.

Berikut ini beberapa cara jitu agar kamu bisa mengatur uang THR kamu biar gak bocor alias bablas semua, simak sampai selesai ya, Gaess, ulasannya.

Rencanakan Anggaran dengan Cermat Supaya Tabunganmu Tidak Jebol

Setelah kamu mendapatkan THR, rencanakanlah anggaranmu secara cermat, lebih baik tidak menggunakannya untuk pengeluaran bulananmu. Gunakan THR tersebut untuk membeli kebutuhan yang berhubungan dengan Hari Raya, misalnya zakat atau sebagai anggaran tuk pulang ke kampung halaman. Dan alangkah baiknya jangan terlalu berlebihan ketika membeli kebutuhan untuk makanan maupun pakaian baru untuk Hari Raya.

Bayar Utangmu

Supaya kamu tidak dihantui oleh utang-utang. Nah, dengan adanya dana THR ini, kamu bisa membayar sisa-sisa utangmu, meskipun risikonya nanti kamu tidak dapat memakai THR secara penuh. Akan tetapi, setidaknya kamu bisa bernafas dengan lega bahwa utang-utangmu telah lunas.

Anggarkan untuk Dana Tak Terduga

Jika kamu sudah merencanakan untuk mudik atau pulang ke kampung halaman, maka sediakan dana tak terduga, untuk keperluan kamu di kampung halaman nanti. Seperti dana untuk kamu makan, tempat untuk tinggal jika tidak tinggal bersama dengan sanak saudara, ataupun uang pecahan lima atau sepuluh ribu untuk kamu bagi-bagikan pada keponakan.

Tentukan Prioritasmu

Berikan point di setiap kebutuhan, contohnya point pada kebutuhan yang memang harus dibayar seperti zakat. Lalu point berikutnya ialah kebutuhan yang bisa dibiayai sesudah semua kebutuhan wajib untuk Hari Raya telah terpenuhi. Jadi, utamakanlah untuk kebutuhan Hari Idul Fitri baru yang lainnya.

Persiapkan THR untuk Asisten Rumah Tangga

Jika kamu memiliki asisten rumah tangga maka persiapkan THR untuk mereka yang selama ini membantu pekerjaan di rumahmu, seperti sopir, asisten rumah tangga bahkan pembersih kebun. Jangan sampai kamu berhutang THR pada mereka.

Simpan Kartu Kredit

Dears, jika saat ini kamu telah berutang untuk keperluan Hari Raya. Lebih baik hentikan dahulu belanjanya, bila tidak dihentikan, hal seperti ini bisa-bisa membuat kamu jadi tidak merasakan THR yang kamu dapatkan. Apalagi kalau kamu menggunakan kartu kredit, kemungkinan besar bisa membuat tagihan membengkak, dan lagi-lagi tak dapat merasakan THR yang kamu dapat.

Investasi

Menurut para konsultan perencanaan keuangan, sebuah keluarga seharusnya bisa mengelola uang THR sebagaimana ia mengelola gaji bulanan biasanya. Contoh untuk utang setiap bulan yang ada pada kartu kredit maksimal sebesar 30%, investasi minimal yang harus kamu keluarkan 10% saja, sedangkan sisa THR dapat digunakan untuk keperluan Hari Raya nanti.

Namun apabila pengeluaran saat Hari Raya justru melebihi anggaran 2 kali lipat dari pengeluaran bulananmu, maka lebih baik berhati-hati dan lakukan evaluasi secara detail lagi.  Karena hal itu akan mengganggu kesehatan pada neraca keuanganmu.

Jadi, Dears, gunakan THR mu dengan cermat, gunakan dana tersebut untuk keperluan utama saja, mudah-mudahan tips-tips yang telah diuraikan sebelumnya dapat membantu kamu mengatur uang THR biar bisa direm pengeluarannya dan gak kebablasan.

Sumber referensi Hipwee

Aliaarf.com

No comments:

Post a Comment

Followers

SUBSCRIBE