Saturday, June 27, 2020

Manfaat Mewarnai Buku Gambar dan Teknik Mewarnai dengan Pensil Warna


Manfaat Mewarnai Buku Gambar dan Teknik Mewarnai dengan Pensil Warna - Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata mewarnai dan menggambar, pastinya hal ini membawa kenangan saat masa kecil kala belajar di TK maupun SD.

Tapi apakah kamu sudah mengetahui kalau ada buku mewarnai untuk orang dewasa? Buku itu sedang trend sekarang ini, sangat menyenangkan mewarnai buku tersebut apalagi hal ini mengingatkan masa kecil yang kamu yang menyenangkan.

Manfaat Mewarnai Buku Gambar dan Teknik Mewarnai dengan Pensil Warna


Buku mewarnai ini ternyata bukan hanya membawa kenangan masa kecil kamu, tetapi buku itu juga memberi manfaat yang sangat baik.

Para ahli psikolog juga sepakat dengan hal ini, sebab dengan mewarnai mampu kurangi stres dan juga memberi kamu relaksasi terhadap rasa takut yang ada di pusat otak, dengan begitu, istirahat jadi lebih nyaman dengan pikiran yang jernih.

Terdapat banyak manfaat dari mewarnai buku gambar untuk orang dewasa. Dari manfaat inilah ada beberapa alasan yang membuat kamu harus punya buku mewarnai, berikut alasan penting mempunyai buku mewarnai, di antaranya:

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Tiap orang punya karakter yang berbeda. Dari kegiatan mewarnai ini mampu mengembangkan karakter dirimu. Sebab di sini kamu bebas jadi diri sendiri dan bebas mewarnai pola gambar dengan imajinasi yang dimiliki.

Keluarkanlah bakat yang kamu punya dan mulai untuk mewarnai pola gambar yang ada pada buku gambar tersebut. Tak perlu kamu pedulikan komentar mengenai gambar yang telah dibuat, hal terpenting ialah kamu menikmati saat mewarnai buku gambar itu.

2. Mengurangi dan Menghilangkan Stres


Dari hasil sebuah penelitian menyatakan kalau kegiatan mewarnai membuat pusat stres yang menyebabkan rasa takut di otak jadi rileks. Dan perasaan tertekanan dan ketegangan yang sering dialami secara signifikan menurun, sehingga kegiatan mewarnai membuat pikiran jadi lebih santai.

Buku mewarnai untuk orang dewasa ini juga bisa menjadi media untuk bermeditasi yang dapat dilakukan kapan pun kamu mau, Dears. Kegitan mmewarnai buku gambar akan membuat respons otak kamu pada tekanan maupun stres yang dialami tidak membahayakan kesehatan jasmani dan rohani kamu.

3. Membuat Otak Lebih Fokus


Alasan selanjutnya kenapa seharusnya kamu melakukan aktivitas mewarnai yaitu dapat membantu kamu dalam menyelesaikan masalah. Menurut clinical counselor, mewarnai suatu gambar dapat merangsang lobus frontal otak jadi terbuka, dengan demikian hal ini akan tingkatkan kemampuan pada pikiran kamu supaya tetap fokus.

Dengan mewarnai buku gambar bagi orang dewasa bisa melatih otak dalam mengelola permasalahan jadi lebih kritis. Sehingga ketika kamu berada pada masalah yang lumayan pelik, hingga membuat pikiran kamu mudah tertekan. Dengan begitu kamu bisa mencari solusi yang lebih baik.

4. Mendukung Meningkatnya Kecakapan Pada Motorik dan Visual


Tak hanya membantu untuk turunkan emosi kamu, mewarnai ternyata juga mampu meningkatkan kemampuan motorik serta visual. Sebab itu kegiatan mewarnai ini membutuhkan kecakapan dalam hal logika serta kreatif dan pandai dalam mengkombinasikan beberapa warna agar terlihat menarik. Jadi, kegiatan ini membuat kemampuan motorik dan visual akan terlatih dengan sangat baik.

5. Sebagai Sarana Bersosialisasi


Tak dapat disangkal bila mewarnai dikatakan sebagai kegiatan yang menyenangkan. Tidak heran kalau banyak yang menyukai menggambar. Hingga menjadi tren yang digemari berbagai kalangan. Karena itu, mewarnai bisa juga menjadi sarana untuk saling bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki minat sama. Melalui buku gambar untuk orang dewasa, kamu bisa membuat kegiatan ini bersama sahabat di akhir pekan atau waktu senggang di rumah.

6. Berimajinasi dengan Warna dan Nikmati Hidup


Mewarnai sebuah buku gambar adalah hal yang sangat menyenangkan, bukan cuma anak-anak saja yang menyukai mewarnai, tetapi orang dewasa juga suka melakukan itu. Karena kegiatan ini tak hanya menyenangkan, namun bisa mengurangi stres. Mewarnai juga membantu pikiran kamu lebih fokus dan membuat kamu bebas berimajinasi, sehingga kreativitas dan produktivitas individual kamu meningkat.

Sesudah membahas perihal manfaat dari menggambar buku mewarnai bagi orang dewasa, kini kita akan membahas teknik-teknik dalam mewarnai memakai pensil warna. Penasaran bagaimana ulasan teknik tersebut? Simak penjabarannya sampai selesai, ya, di bawah ini.

Teknik dalam Mewarnai Buku Gambar untuk Orang Dewasa


Alat yang digunakan untuk menggambar ada banyak macam, kamu dapat menggunakan pensil warna. Memang menggambar ataupun melukis dengan cat minyak dapat memberikan nilai artistik pada lukisan, dan tentunya hasil detail tersebut sangat memuaskan bagi kamu. Namun bukan berarti pensil warna tidak memiliki kelebihan itu.

Membuat gambar memakai pensil warna mudah dipakai dan simpel. Benda yang kamu butuhkan ketika mewarnai yaitu pensil, kertas, penghapus, dan rautan. Menggambar menggunakan alat itu tergolong murah daripada memakai media yang lain.

Hasil gambar pun cemerlang dan tak kalah dari yang lain baik itu dari bagian kebersihan, ketajaman warna, dan tekstur warna. Karena itu, menggambar memakai pensil warna mesti menggunakan teknik.

Terdapat banyak cara ketika memakai pensil warna. Tetapi sebelum kamu menggabungkannya dengan penggunaan pencil warna lebih lanjut, baiknya kamu kuasai dahulu teknik penggunaan pensil warna yang akan dijabarkan di bawah ini.

• Hatching


Metode coloring fine line markers ini dilakukan dengan cara menggambar rangkaian garis dengan siatem paralel. Garis yang dibuat harus sama arah, membuat garis ini pun bisa berjauhan, berdekatan, ataupun dengan kedua variasi itu. Pensil warna tersebut di angkat dari kertas sesudah kamu selesaikan tiap garis dan ditaruh kembali untuk gambar garis baru. Begitu pun selanjutnya, sampai pola gambar selesai kamu kerjakan.

• Cross-Hatching


Pada teknik ini kamu akan menggambar sejumlah garis pararel kemudian menggambar rangkaian garis pararel yang lain yakni dengan menghadap arah yang berbeda pada gambar rangkaian tersebut diawal. Ini adalah cara terbaik untuk menciptakan bayangan dalam gambar. Jika kamu berlatih dengan serius dan rutin, kamu mampu ciptakan tekstur gambar menarik selama menggambar dengan teknik cross-hatching.

• Stippling


Next techniques how to coloring fine line markers with coloring pens is stippling. Dalam metode ini kamu akan menyusun titik-titik kecil ke kertas gambar. Titik yang dibuat bisa jarang, rapat, ataupun gabungan keduanya. Buatlah gambar dengan menggambar titik yang menggunakan jarak antar titik maupun menggambar dengan titik yang saling berdekatan.

Terdapat perbedaan antara titik yang harus kamu perhatikan pada titik dibuat memakai pensil warna yang tajam dengan yang ujung pensil tumpul. Stippling adalah teknih yang bagus untuk memberikan tekstur menarik pada lukisan yang kamu buat.

• Back and Forth Stroke


Metode Back and Forth Stroke adalah teknik yang paling awam dipakai semua teknik dengan pensil warna, terutama pensil warna. Metode ini lebih mirip dengan cara menggambar memakai krayon ketika masa kanak-kanak. Adapun cara penggunaan teknik ini, kamu akan menggambar terus tanpa henti, baik itu menggambar secara maju dan mundur.

Pada dasarnya teknik Back and Fort Stroke ini adalah cara yang paling efektif untuk mengisi bermacam area yang beda satu dengan lainnya pada kertas gambar dengan menggunakan warna yang hasilnya solid.

• Scumbling


Di masa kecil kamu, mungkin sering menggunakan teknik ini saat mewarnai gambar Scumbling ini. Cara mewarnai marker garis halus dengan pensil warna memakai metode ini dapat menggambar lingkaran tanpa berhenti di kertas gambar. Banyak ruang di kertas untuk diwarnai yang bisa diisi menggunakan teknik berbeda dengan warna pensil warna.

Dari lima teknik menggunakan pensil warna ini dapat membentuk dasar untuk berkreasi memanfaatkan pensil warna pada gambar yang ingin dibuat. Kamu bisa memakai satu teknik atau dapat pula mengkombinasikan dua atau lebih teknik di atas sekaligus untuk satu gambar, sehingga tercipta karya yang menarik dan penuh warna.

Nah itulah manfaat dari melakukan kegiatan mewarnai serta penjabaran teknik mewarnai menggunakan pencil warna. Semoga penjelasan di atas dapat memberi info yang kamu butuhkan, Dears. 

No comments:

Post a Comment