5 Alasan Pentingnya SEO di Dalam Dunia Digital Marketing

Sumber foto kumparan.com

5 Alasan Pentingnya SEO di Dalam Dunia Digital Marketing, Sekarang jika bisnis kamu tidak mengikuti perkembangan zaman dan melakukan perbaiki diri, lambat laun bisnis yang kamu bangun akan gulung tikar. Bukti baru - baru ini tutupnya majalah Rolling Stone, Hai sampai FHM di Indonesia.

Pentingnya SEO dalam Dunia Digital Marketing

Perkembangan zaman membuat bisnis - bisnis harus berbenah. Banyak pula startup dan juga e-commerce terkemuka di Indonesia menambahkan kemampuan dasar seperti SEO sebagai syarat penting untuk menjadi bagian marketing. Sebenarnya seberapa penting SEO itu?

Data menunjukan pembelian dari konsumer sebanyak 89% berasal dari mesin pencari, dalam hal ini Google yang merupakan mesin pencari paling sering digunakan atau diakses. Lalu apa hubungannya dengan SEO? Karena dengan adanya Search Engine Optimization yang disingkat SEO ini merupakan praktik untuk bisa menaikkan traffic website dengan pencarian di mesin pencari.

Misalkan kamu mencari suatu barang di Google lalu meng-klik link yang berada diatas? Itulah efek dari SEO. Dengan SEO, website milik Anda bisa menjadi nomor satu atau paling teratas di pencarian Google, yang memungkinkan berakhir dengan pembelian pada produk Anda.

Dan itulah mengapa menguasai dasar SEO amat penting jika kamu mau menjadi marketing di era modern ini, menguasai SEO lebih dalam merupakan suatu kewajiban. Sebagai marketers, kamu diwajibkan oleh startup dan juga e-commerce untuk memahami bahwa bagaimana keyword dan backlink ini berdampak kepada sebuah website. Memahami bagaimana cara kerja search engine. Dan semua itu adalah ilmu yang ada di SEO.

Lalu, kenapa SEO sangat penting bagi perusahaan? Terutama perusahaan yang mengandalkan website sebagai satu-satunya platform?

Berikut ada beberapa alasan SEO penting di dunia digital marketing

Meningkatkan business visibility dan juga brand awareness

Alasan mengapa pentingnya SEO dalam digital marketing adalah karena dengan SEO dapat meningkatkan brand awareness serta business visibility. Kebanyakan milennial zaman now membeli barang atau brand baru menggunakan mesin pencari seperti Google.

Jika SEO website milik kamu berada pada urutan paling teratas di mesin pencarian, kemungkinan brand yang kamu bangun dari sebuah bisnis akan lebih cepat terkenal serta akan semakin besar. Bila semakin sering website kamu muncul di mesin pencari, otomatis dapat meningkatkan kredibilitas yang akan membuat brand recall atau reapet order.

Dapat memberikan ROI terbaik

Dengan adanya SEO dalam digital marketing bisa memberikan Return on Investment atau ROI terbaik terutama untuk bisnismu. Misalkan website kamu yang terlihat paling atas di mesin pencari dapat mendapatkan 33% engagement dari pengunjung website. Oleh karena itu, perusahaan yang berinvestasi menggunakan SEO akan benar – benar mendapatkan ROI lebih besar dari pada paid ads ataupun dari Social Media Marketing. Itupun didapatkan dengan harga yang lebih murah dari cara marketing lainnya.

Bisa dibilang SEO sebagai salah satu bentuk investasi, dalam sebuah produk ataupun brand tak akan mendapatkan manfaat SEO dalam waktu yang singkat saja, karena SEO merupakan suatu strategi untuk jangka panjang.

Meningkatkan Traffic

Meningkatnya traffic SEO dalam dunia marketing berpengaruh juga pada websitemu, ketika website milik kamu mempunyai peringkat yang bagus dalam mesin pencari sehingga dapat meningkatkan traffic ke website yang kamu kelola. Meningkatnya traffic pun dapat berdampak ke banyak hal, seperti meningkatnya brand awareness, semakin tinggi kemungkinan brand atau produkmu dibeli, dan untuk penghasilan tambahan dengan memanfaatkan adsense dan pay perklik pada website Anda.

Sebagai ibound marketing

Menggunakan inbound marketing yang merupakan salah satu bagian dari SEO dalam dunia digital marketing. Umpamanya ada 4 dari 5 marketers akan lebih memilih menggunakan inbound marketing sebagai taktik marketing yang dipakai. Inbound Marketing pun dapat meningkatkan 92% pengunjung ke website bisnismu. Seperti halnya dengan 84% pelaku bisnis lainnya yang telah memakai inbound marketing dengan konsisten untuk menarik para cotummer ke websitenya.

Inbound Marketing itu sendiri adalah sebuah teknik pemasaran atau promosi yang sekarang ini menjadi populer di dunia marketing, inbound marketing merupakan suatu proses agar lebih mudah ditemukan konsumen atau calon konsumen. Sebelum adanya istilah inbound marketing ini, metode ini dikenal sebagai sebutan Search Engine Optimization atau SEO. Semenjak tahun 2006, inbound marketing inu sudah menjadi metode pemasaran atau promosi yang lebih efektif untuk melakukan bisnis online.

Content writing

Content writing yang disuport dengan SEO dalam dunia digital marketing sangat penting untuk memantapkan posisi dalam menghadapi persaiangan bisnis, dan hampir semua perusahaan telah melakukan hal itu. Content writing yang dimaksud yakni memuat banyak artikel atau tulisan mengenai bidang (niche) yang berhubungan dengan websitemu. Contohnya, website kamu tentang travelling maka terbitkanlah tulisan atau artikel tentang destinasi wisata yang menarik dan juga terbaik dan lain – lain.

Evolusi marketing membuat mu harus belajar mengenai digital. Karena, bila sudah menguasai dasar SEO dalam dunia digital yang merupakan salah satu pintu masuk untuk kamu menguasai lainnya. Hal ini telah dimulai dari startu-up dan e-commerce besar di Indonesia, yang membentuk marketing staf dan menjadikan SEO sebagai dasar kemampuan.

Jadi tidak ada ruginya jika kamu mempelajari SEO di dunia digital marketing karena tetap menjadi aset yang dapat diaplikasikan sehingga menjadi tambahan penghasilan. Atau kalau kamu menguasai dasar SEO marketing, maka kamu akan mendapatkan uang dari Adsense atau Paid Ads. Bahkan, kemampuan SEO juga bisa dijual sebagai servis.

Sumber fauziananta.com dan fblikeandshare.com

Aliaarf.com

No comments:

Post a Comment

Followers

SUBSCRIBE