Tuesday, February 19, 2019

Cara Ampuh Mematikan Program Not Responding di Komputer atau Laptopmu

Sumber foto IND Times

Cara Ampuh Mematikan Program Not Responding di Laptopmu


Komputer tiba-tiba tidak merespon atau terdapat program atau aplikasi yang tidak mau ditutup, sehingga membuat komputer atau laptopmu hang.

Kalau sudah begitu kamu pasti pusing gegara ada program yang tidak bisa ditutup karena komputer yang hang atau mungkin ada indikator lain yang memicu si program tidak bisa ditutup.

Sebenarnya ada berapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi komputer atau laptop yang hang atau program not responding, cara ampuh untuk mematikan program tersebut dengan menghentikan programnya secara paksa. Sehingga komputer kamu bisa kembali seperti semula.

Untuk melakukan hal tersebut ada tiga cara yang mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu. Perhatikan baik-baik ya, langkah untuk mematikan program yang bandel ini sampai tidak mau ditutup. Oke, Gaess, Langkah-langkah yang perlu kamu ikuti sebagai berikut:

Cara pertama untuk mematikan proram not responding yaitu melalui task manager


Cara seperti ini yang sering digunakan oleh banyak pengguna windows ialah, melalui task manager.

Langkah pertama untuk membuka task manager, kamu bisa menggunakan tombol Ctrl+Shift+Esc pada keyboard. Dan cara lain untuk membuka aplikasi ini, cukup dengan klik kanan di taskbar kemudian pilih task manager.

Langkah kedua cari program atau aplikasi yang mau kamu matikan secara paksa. Lalu klik kanan pada aplikasi tersebut dan kamu pilih End task.

Cara kedua untuk mematikan program not responding yaitu melalui windows powershell


Pada windows powershell ini adalah CLI atau command line interface yang digunakan untuk perintah pemrogaman. Fungsi lain dari aplikasi tersebut yaitu, untuk menghentikan aplikasi yang running secara paksa.

Langkah pertama buka Run dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard, lalu ketikkan powershell, kemudian tekan Enter.

Langkah kedua agar kamu mengetahui program apa saja yang sedang berjalan atau running, silakan ketikkan get-process.

Langkah selanjutnya Ketikkan kill -processname [nama-program], lalu kamu tekan Enter. Sebagai contoh, jika kamu ingin mematikan program Google Chrome, jadi perintahnya atau yang diketij sebagai berikut : kill -processname google chrome, kemudian tekanlah Enter.

Langkah terakhir dengan mengetik perintah lain yang dapat digunakan yaitu stop-process [nama-program], lalu kamu tekan Enter.

Cara ketiga untuk mematikan program not responding yaitu  melalui command prompt


Command prompt ini merupakan sebuah program windows yang dipakai sebagai interpreter perintah di DOS. Anda bisa menggunakan command prompt ini supaya dapat menghentikan program yang sedang berjalan secara paksa, berikut ini tahapan atau langkah yang perlu kamu ikuti:

Langkah pertama yaitu membuka Run dengan menekan tombol Windows+R, lalu kamu ketik cmd untuk membuka aplikasi command prompt, kemudian tekan Enter.

Langkah kedua di jendela cmd, ketikkan tasklist untuk melihat progam yang berjalan pada komputer atau laptop.

Langkah ketiga gunakan perintah taskkill /im [nama-program]. Sebagai contoh, kalau kamu mencoba untuk mematikan program sticky notes, jadi perintah yang dipakai yaitu taskkill /im stikynot.exe. Reply yang bertuliskan Succes menandakan bahwa program yang not responding tersebut berhasil dimatikan.

Langkah keempat ini merupakan langkah perintah lain yang bisa kamu gunakan ialah dengan mengetik taskkill /pid 5496, yaitu mematikan program not responding sesuai PIDnya. Contohnya, PID dari sticky notes adalah 5496.

Nah, Begitulah ketiga cara yang bisa kamu lakukan pada komputermu untuk mematikan program not responding secara paksa. Semoga cara-cara yang telah dijelaskan diatas dapat menyelesaikan permasalahan kamu, khususnya mengenai suatu program yang bandel sekali sampai tidak mau ditutup.

Sumber Nesabamedia.com

#SETIP
#EstrilookCommunity
#Day4

No comments:

Post a Comment