Thursday, April 18, 2019

Aksesori Untuk Dekorasi Rumah Gaya Bohemian

Aksesori yang Harus Ada Pada Dekorasi Rumah Gaya Bohemian Dihunianmu


Dekorasi Gaya Bohemian, Ketidakaturannya Justru Menambah Nilai Estetika dan Menjadi Seni yang Luar Biasa


Dekoration interior pada Bohemian Style yang umumnya bernuansa vintage dan juga out of the box atau lain dari pada gaya dekorasi lainnya, meliputi dekorasi, furniture, pencahayaan, dinding, sampai pada flooring dan karpet yang tak biasa. Bohemian Style identik pada hal-hal yang berbau etnik khas kaum gipsy, di mana kaum ini biasanya nomaden dan tak suka menetap dalam jangka waktu lama.

Sumber foto Glitzmedia.co

Gaya bohemian sudah lama diterapkan sebagai konsep dekorasi rumah. Gaya ini memiliki kesan dekorasi yang jauh dari mewah dan mahal. tidak jarang, konsep desain gaya bohemian menggunakan barang bekas yang dimanfaatkan lagi sebagai dekorasi. Karakter gaya bohemian yang bebas, membuat konsep bohemian sangat mudah diterapkan.

Pada dasarnya karakter yang pasti dari gaya Bohemian ini adalah ''Tidak Ada'', alasannya Bohemian style hadir dengan ketidakpastian dan ketidakteraturan. Semua dibuat secara spontan dan memanfaatkan benda-benda apa saja yang ada.

Walaupun begitu, ada fitur khas pada Bohemian style. Mengenai dekorasi ruangan, gaya Bohemian juga banyak dilirik karena menampilkan sesuatu yang absurd, tapi estetis dan make sense. Hal yang diperlukan hanyalah pemikiran serta ide-ide yang tidak normal, tidak mainstream, dan juga out of the box.
Aksesori tersebut membuat dekorasi rumah bohemian terasa makin kental. Sehingga untuk mempertegas konsep dari gaya bohemian pada desain rumahmu, berikut ini aksesori bohemian yang tak boleh kamu abaikan.

Pernak-Pernik Penuh Warna

Konsep bohemian seringkali menngarah pada kepribadian yang bebas. Karena itu, penerapan warna pada dekorasi rumah gaya bohemian diterapkan secara bebas dengan penuh warna tanpa memperhatikan faktor keserasian. Pernak-pernik penuh warna biasanya diaplikasikan pada karpet di lantai kayu rumah dengan gaya bohemian. Tampak cerah dan ramai penuh warna merupakan salah satu ciri khasnya.

Aksen Bulu

Aksesori pada gaya bohemian biasanya menggunakan unsur bulu pada dekorasi ruangnya. Unsur bulu-bulu ini dapat diaplikasikan pada kain tebal atau karpet lantai. Unsur tersebut akan memberi kesan hangat dan nyaman pada ruangan.

Kain dengan Motif Etnik

Dekorasi rumah gaya bohemian biasanya menggunakan aksesori kain yang menerapkan corak tribak atau motif etnik. Kain ini umumnya berfungsi untuk cover bed, aksesori penghias dinding, alas lantai dan kain penutup sofa.

Furniture Vintage

Gaya bohemian merupakan desain ruang yang jauh dari kesan mewah dan mahal. Aksesori bohemian yang digunakan biasanya furniture vintage, barang bekas atau benda lama yang harganya tidak mahal. Maka tak heran jika rumah dengan desain gaya bohemian, banyak menggunakan barang daur ulang sebagai dekorasinya. Konsep ini memperlihatkan kesan hangat, ramah, dan low profile pada pemilik rumah.

Tanaman Indoor

Dekorasi rumah gaya bohemian selalu dekat dengan alam. Maka tak heran jika ciri khas dari bohemian style ialah dengan menggunakan tanaman indoor untuk mempercantik dekorasi rumah. Dengan menerapkan tanaman ke dalam ruangan, membuat rumah terasa lebih segar, sejuk, dan sehat.

Memanfaatkan Pola Etnik dan Vintage yang Rumit

Bohemian Style banyak menggunakan material usang yang dihadirkan dengan sentuhan baru. Dekorasi ini berusaha untuk menyatukan benda dengan pola rumit, warna yang beraneka ragam dan kaya akan tekstur. Warna yang ditampilkan cenderung gelap, namun tak jarang warna tersebut dapat dipadukan dengan warna pastel yang lembut.

Pencahayaan Mengadopsi Desain Vintage

Pencahayaan yang biasanya ditempatkan pada dekorasi rumah gaya bohemian ialah  lampu yang cenderung vintage, seperti lampu Maroko, lampu dengan vintage seltzer bottle table lamp, hingga lampu unik kreasi buatan sendiri. Pastinya lampu tersebut akan menciptakan efek warm glow. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih bohlam dengan warna kuning yang lembut.

Dinding Ruang dengan Gaya Bohemian

Dinding mempunyai peran penting pada gaya bohemian. Tempatkan dekorasi yang tidak biasa di dinding, misalnya gantung piring, baki, toples pada dinding, atau dengan menempelkan cover majalah yang unik dengan motif dan nuansa bohemian. Anda harus cermat mengatur komposisi bentuk dan warna, sehingga benda yang tak lazim itu tidak terlihat aneh dilihat.

Makrame Gantung

Makrame pada dekorasi gaya Bohemian merupakan aksesoris pelengkap yang menjadi ciri khasnya. Hasil kerajinan tangan ini umumnya dipasang secara gantung pada langit-langit atau dinding rumah. Tak hanya berfungsi sebagai hiasan, kadang dimanfaatkan pula sebagai tirai antar ruangan. Makrame yang dipasang pada dinding ruangan pun dapat dipercantik dengan lampu hias.

Bohemian Style Dikenal Jauh dari Kesan Mahal dan Mewah

Kalau kamu mau menciptakan konsep Bohemian Style pada interior hunianmu, maka jauhi kata mewah dan juga mahal. Bohemian Style mengkolaborasi benda dan juga furnitur yang cenderung murah serta merakyat. Bahkan tak segan-segan jadikan barang sehari-hari jadi salah satu dekorasi rumah, contoh toples bekas, tutup botol, kardus bekas, papar craft, sedotan, dan benda lainnya yang bisa dikumpul dan dibentuk sehingga memiliki nilai estetika yang terlihat chic dan cantik.

Penggunaan Kembali Barang-Barang Usang

Masih menyimpan lampu bekas, jam dinding bekas, kursi bekas, sofa bekas, radio bekas dan lemari bekas di gudang? Coba periksa kembali lalu lihat apakah dapat diperbaiki. Kalau iya, cobalah untuk menggunakannya kembali. Bohemian kerap menambahkan benda-benda dan furnitur agak usang daripada memajang furnitur baru. Akan lebih baik jika benda yang dipilih bernuansa old, misal benda-benda itu asal tahun 20an ataupun 30an.

Flooring dari Hardwoor yang Dilengkapi Karpet

Sebagai penyempurna semua detail Bohemian style di atas, maka lengkapi dengan pemilihan lantai bahan kayu karena dekat dengan nuansa alam yang sering ditemui pada ruangan dengan gaya Bohemian. Untuk hardwood flooring itu menggunakan karpet, misal karpet Persia. Karpet yang  dipilih sebaiknya memiliki fitur polos atau bermotif, asalkan tidak terlalu mencolok dan memberi kesan sederhana namun elegan. Maka, kamu akan berasa sensasi tinggal di rumah ala kaum gipsy.

Walaupun dekorasi rumah gaya bohemian menggunakan barang daur ulang, tidak mengurangi estetika pada tampilan gaya Bohemian.

Oke Dears, buat kamu yang mau dekor mendekor cus gaya Bohemian bisa jadi pilihan mu

#SETIP
#EstrilookCommunity
#Day20

No comments:

Post a Comment