Friday, May 24, 2019

9 Keunikan Mudik yang Hanya Bisa Kamu Temui di Indonesia

9 Keunikan Mudik yang Hanya Bisa Kamu Temui di Indonesia


Tiap tahunnya Indonesia tepatnya pada hari libur Idul Fitri masyarakat Indonesia melakukan tradisi unik yaitu mudik. Jutaan orang berbondong-bondong pulang ke kampung dari kota perantauan tempat mereka mengais rezki demi bisa kumpul bersama keluarga di momen Hari Raya yang fitri.

Tradisi mudik ini termasuk unik, sebab hanya terjadi satu tahun sekali dan tidak semua negara di dunia mempunyai tradisi seperti ini. Dan inilah fakta-fakta unik seputar mudik yang perlu kamu ketahui, simak sampai selesai ya, Dears;

Sumber foto IND times (aliarf.com)

Mudik Merupakan Momen Di Mana Jutaan Orang Melakukan Pulang Kampung Bareng

Kapan lagi bisa melihat momen di mana jutaan orang pergi traveling alias pulang ke kampung halaman masing-masing secara bareng di waktu yang bersamaan? Ya, hanya diwaktu mudik libur lebaran pastinya. Di sini kamu bisa meliihat euforia para pemudik yang antusias melakukan perjalanan jauh demi berkumpul bersama keluarga.

Terdapat Ribuan Sepeda Motor Di Sepanjang Perjalanan Bahkan Jumlahnya Lebih Banyak Daripada Mobil Pribadi Maupun Bus

Kalau kamu pernah merasakan yang namanya mudik, pasti pernah melihat lautan pesepeda motor di jalan. Mereka adalah pemudik yang sama-sama ingin pulang ke kampung halaman masing-masing. Mereka pun rela naik motor hingga ribuan kilometer, bahkan tak jarang ada juga pengendara yang membonceng lebih dari dua orang. Belum lagi barang yang dibawa.

Sepanjang Jalan Bisa Dijadikan Tempat Refreshing Sejenak

Tempat refreshing biasanya identik dengan tempat yang indah dan memiliki spot-spot foto yang menarik. Tapi selama musim mudik, sepanjang perjalanan juga bisa menjadi tempat piknik ataupun refreshing dadakan.
Akan ada banyak pemudik yang menggelar tikar dan beristirahat sambil melihat lalu lalang kendaraan dari pinggir jalan. Tapi sekarang ini banyak juga posko-posko ataupun tenda yang menyediakan berbagai fasilitas. Ada juga yang gratis loh, Gaess.

Tempat Wisata Kuliner Mendadak Membanjiri di Pinggir Jalan yang Ramai Dilewati Pemudik

Bila di hari-hari biasa daerah pantura hanya ada jalanan yang panas dan pemandangan gersang, namun saat musim mudik tiba terdapat banyak pedagang makanan yang membuka lapak di sepanjang jalan. Pelbagai jenis kuliner yang tak biasa ada dijual di sana. Jadi terasa ada destinasi wisata kuliner baru pada saat musim mudik tiba.

Motor Menjadi Kendaraan Pengangkut dengan Alat dan Bahan Seadanya, Agar Bisa Mudik dengan Membawa Banyak Barang

Pada Umumnya motor hanya bisa membawa sedikit barang, apalagi sudah dinaiki 2 atau 3 orang. Tapi ketika mudik datang, motor berubah jadi kendaraan yang tak hanya membawa penumpang tapi tiba-tiba bisa juga memuat banyak barang.

Biasanya pemudik akan memasang alat tambahan berupa kayu yang diikatkan pada body motor supaya bisa menampung barang-barang bawaan yang menggunung. Hal Ini dilakukan agar dapat membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung.

Ada Saja Kendaraan Motor yang Memasang Tulisan Lucu yang Membuat Suasana Mudik Makin Ramai

Entah apa maksud dari para pemudik ini, pasti ada saja pemudik yang membuat tulisan yang lucu-lucu yang membuat kita tertawa geli membacanya. Tulisan tersebut di taruh di bagian belakang motor, tentunya dengan begitu dapat dibaca oleh pengendara lain di belakangnya.

Mungkin mereka menulisnya karena senang bisa pulang kampung bisa berkumpuk dengan keluarga atau bisa jadi karema terlalu senang dapat bertemu dengan pujaan hati. Apapun motifnya yang mereka lakukan membuat suasana mudik jadi lebih ceria dan menghilangkan suntuk.

Hampir Dua Pekan Semua Stasiun TV Isinya Berita Tentang Mudik

Saat libur lebaran tiba dari H-7 sampai H+7 lebaran semua stasiun TV di rumah pasti dipenuhi berita-berita speutar mudik, bahkan tiap satu jam sekali selalu ada berita mudik terbaru. Walaupun kamu hanya tinggal di rumah dan tidak mudik pasti ikut merasakan bagaimana susah senangnya para pemudik yang tengah melakukan perjalana panjang menuju ke rumah masing-masing.

Mudik Menjadi Salah Satu Momen Silaturahmi Terdahsyat Sepanjang Masa

Percaya tidak kalau mudik itu merupakan monen silaturahmi yang paling dahsyat sepanjang masa? Bayangkan saja, di jalanan terdapat jutaan pemudik. Dan pada saat istirahat bareng, meskip tak saling kenal pasti kamu banyak berkenalan dan berbincang-bincang dengab pemudik lain. Setidaknya bertanya dari mana dan ingin pulang kemana.

Malahan ada pula yang ujung-ujungnya saling tukeran nomor WA dan terus berlanjut komunikasi di medsos. Jadi menambah temen dan saudara baru jadinya. Bahkan kadang sampai lanjut ke mudik tahun depannya, jadi membuat mudik rombongan. Seru bukan Dears?

Musim Mudik Selalu Menarik Perhatian Banyak Orang, Meski Sudah Biasa Dilakukan Tiap Tahun

Kamu tahu gak? Kalau di daerah-daerah itu banyak orang yang rela duduk di pinggir jalan hanya ingin menonton orang-orang yang lagi mudik. Mereka ikut seneng saja kalau melihat banyak pemudik yang lewat di daerah mereka lengkap dengan barang bawaan yang menggunung. Bagi mereka itu adalah hal yang unik dan hanya dapat dilihat setahun sekali.

Meski tidak ikut mudik, tapi nonton prang mudik sudah membuat mereka bahagia sekali. Serasa ikut merasakan keseruan mereka yang mudik. Tapi kadang malah orang-orang ini malah membuat kemacetan makin parah.

Mudik memang selalu memiliki cerita tersendiri dan tak ada habisnya.Selalu ada cerita menyenangkan, menyedihkan dan bahkan mengharukan di tiap perjalanan mudik. Senang karena membayangkan mereka yang mudik dapat segera bertemu keluarga di kampung. Sedih bila ada berita kecelakaan dari para pemudik.

Pokoknya mudik selalu penuh dengan berjuta rasa. Tahun ini kamu ingin mudik kemana Dears?? 

No comments:

Post a Comment