Jalan Jalan saat Puasa, Ini Tips Supaya Liburanmu Tetap Seru dan Puasa pun Tetap Lancar

Jalan Jalan saat Puasa, Ini Tips Supaya Liburanmu Tetap Seru dan Puasa pun Tetap Lancar


Di bulan Ramadan banyak orang yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersantai di rumah ketika berpuasa. Banyak pula yang menghindari jalan-jalan saat puasa karena takut tak kuat dan ingin fokus pada ibadah. Padahal, travelling pada saat puasa bisa menjadi sarana ibadah yang menyenangkan juga lho, Dears.

Pada artikel ini akan saya bagikan beberapa tips agar liburan kamu tetap seru dan lancar walaupun sedang berpuasa yang bisa kamu jadikan referensi. Tips ini dikutip dari sumber medium.com (05-06-2017). Buat kamu terutama treveller lover baca sampai akhir ya, supaya liburan kamu lebih seru dan tetap bisa menjalankan ibadah.

Sumber foto IND Times

Memilih Negara Muslim atau Negara yang Ramah Muslim

Jika kamu pilih jalan-jalan ke luar negeri saat bulan Ramadan, kamu bisa memilih negara muslim ataupun negara yang ramah pada muslim sebagai tujuan liburan. Selain bisa jalan-jalan saat puasa, kamu dapat beribadah dengan mudah karena terdapat masjid di sana. Kamu pun masih bisa merasakan suasana Ramadan di negara tersebut karena masyarakatnya juga berpuasa.

Jika masyarakat di sana muslim maka kamu tak perlu khawatir lagi soal makanan karena pasti banyak makanan dan minuman yang halal dan banyak pula tempat makan atau restoran yang buka di saat waktu sahur, jadi kamu tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik meski berada di negeri orang.

Jalan-jalan saat puasa di negara yang ramah muslim pun biasanya memiliki banyak fasilitas pendukung untuk wisatawan muslim, sehingga kamu dapat travelling ke tempat-tempat wisata tujuan kamu tanpa halangan sehingga kamu bisa beribadah dengan baik.

Rencanakan Liburan Kamu dengan Baik

Setelah menentukan negara atau kota yang akan dikunjungi, mulailah membuat perencanaan yang baik dan tepat agar liburan tetap asyik namun puasa tetap jalan tanpa hambatan. Cari tahu informasi sebanyak mungkin tentang di mana tempat yang bisa temukan masjid maupun mushola dan di mana saja restoran yang menyediakan makanan halal.

Dengan begitu, ketika kamu jalan-jalan saat puasa kamu bisa memperkirakan seberapa jauh dan lamanya waktu dibutuhkan saat mengunjungi suatu tempat wisata sebelum mencari takjil ataupun makanan ringan untuk kamu berbuka puasa.

Memilih Tempat Wisata yang Tepat

Jika di negara atau kota tujuan travelling kamu terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi, maka buatlah prioritas kunjungan ke tempat wisata supaya kamu tidak kelelahan dan bisa mempengaruhi puasamu. Untuk itu, sementara waktu lupakan dahulu keinginan untuk arung jeram, naik gunung, atau aktivitas yang dapat menguras tenaga lainnya.

Sebaliknya, pilihlah tempat-tempat wisata yang masuk pada kategori santai dan mudah dijangkau, misalnya hunting tempat fotogenik di pusat kota, mengunjungi masjid atau museum bersejarah, mengunjungi situs-situs sejarah lainnya ke mall shopping, bermain di pantai dan lain sebagainya.

Membawa Barang Seperlunya Saja

Saat menjelajah suatu kota ataupun negara, jangan terlalu banyak membawa barang karena akan membuatmu cepat lelah saat jalan-jalan. Bawalah barang seperlunya saja, misal dompet, paspor, kamera, dan tidak lupa membawa perlengkapan salat. Jadi kamu masih bisa tetap beribadah saat kamu mengeksplor tempat tujuan liburanmu.

Mempersiapkan Diri

Sebelum mengekplor tempat tujuan wisata liburan kamu, pastikan kamu telah mempersiapkan segalanya terutama kesehatan diri dengan baik. Dimulai dengan memakan makanan yang bernutrisi dan juga bergizi tinggi ketika sahur, mengonsumsi vitamin agar stamina tubuhmu tetap terjaga selama jalan-jalan saat puasa, dan tidak lupa untuk perbanyak minum air putih saat sahur.

Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh itu penting terlebih lagi di saat puasa untuk itu cukupilah kebutuhan cairan Anda supaya terhindar dari dehidrasi selama kamu travelling saat puasa. Dan tidak lupa untuk istirahat yang cukup agar tubuhmu lebih segar dan bugar, maka kamu pun siap untuk menjelajah lebih jauh ke tempat tujuan liburan walaupun sedang puasa.

Nah, bagaimana Dears, pendapat mu tentang tips-tips di atas, jadi jangan lagi jadikan puasa sebagai alasan untuk mager dan tidak pergi kemana-mana ya. So, ayo Gaess rencanakan liburan kamu meski sedang puasa. Jalan-jalan saat puasa? Ke luar negeri? Kenapa tidak. Selamat berpuasa dan liburan ya, Amigo

Aliaarf.com

No comments:

Post a Comment

Followers

SUBSCRIBE