Memaknai Berkah Ramadan di Bulan Suci Bagi Umat Islam

Memaknai Berkah Ramadan di Bulan Suci Bagi Umat Islam

Makna akan Berkah Ramadan di Bulan yang Suci Bagi Umat Islam. Bulan suci Ramadan ialah bulan yang penting dan dimuliakan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Sejarah pun mencatat banyaknya peristiwa penting telah terjadi dibulan Ramadan di mana hal itu mempengaruhi Islam sampai saat ini. Contohnya saja, diturunkannya wahyu pertama kali kepada baginda Rasul Muhammad SAW yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5, dan wahyu tersebut diturukan saat bulan Ramadan.

Hal ini diceritakan dengan jelas dalam Al-Qur'an, surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya: ''(Beberapa hari yang ditentukan itu adalah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk untuk manusia dan penjelasan tentang petunjuk itu dan pembeda (antara hak dan bathil)''.

Sumber foto NU Online

Dan masih banyak peristiwa-peristiwa penting lain yang terjadi di bulan suci Ramadan yang akan membuat kita memaknai Ramadan menjadi hal yang sangat penting dan penuh berkah serta rahmat bagi umat Islam di seluruh dunia.

Dears, bulan Ramadan pastinya tak lepas dari keistimewaan ibadah puasa. Saat Ramadan tiba, sebagai umat Islam tentu kita diwajibkan untuk melakukan puasa. Melaksanakan puasa artinya kita menahan diri dari hawa nafsu, makan, minum, dan segala sesuatu hal yang dapat membatalkannya. Puasa dimulai Subuh hingga azan Magrib, selama kira-kira 29 atau 30 hari yang diakhiri dengan hari kemenangan yaitu Idul Fitri.

Berikut ini rangkuman adalah beberapa hal yang dapat kita maknai tentang berkah Ramadan untuk umat Islam yang dirangkum dari sumber Liputan 6, Jumat (3/5/2019). Dibaca sampai akhir ya Geass.

Puasa di Bulan Ramadan

Rasulullah SAW pernah bersabda makna makna puasa Ramadan, yang diriwayatkan dalam hadist oleh Bukhari dan Muslim yaitu; Nabi Muhammad SAW juga bersabda yang artinya, Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.

Jadi friends, jika kita menjalankan ibadah puasa karena iman, dengan begitu puasa di bulan Ramadan ini bisa memberikan kita berkah seperti mendapatkan pahala berlipat ganda dan juga menghapus dosa-dosa kita. Puasa pun dapat mengajarkan kita untuk selalu bersabar serta bersyukur atas segala nikmat Allah Azawajallah yang telah diberikan pada semua makhluk-Nya.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Berkah Ramadan yang tidak akan kita temukan di bulan-bulan yang lain ialah satu malam yang  mana dirahasiakan oleh Allah SWT pada bulan Ramadan, apabila kita beribadah maupun beramal baik pada malam itu maka pahalanya lebih baik dari seribu bulan. Malam istimewa itu adalah malam Lailatul Qadar.

Terdapat beberapa ayat yang menerangkan bahwa malam Lailatul Qadar di malam ganjil pada akhir bulan ramadan. Malam Lailatul Qadar ini dijelaskan dalam Quran Surat Al-Qadar. Artinya: ''Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Quran) di malam kemuliaan[1]Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan (Lailatul Qadar) itu?[2]Malam kemuliaan (Lailatul Qadar) itu lebih baik dari seribu bulan[3]Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril (Ar Ruh) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. [4]Malam itu (penuh) kesejahteraan (Salaam) sampai terbit fajar[5]''.

Amal Ibadah dan Perbuatan Baik Akan Diberi Pahala Berlipat Ganda

Berkah Ramadan yang juga sangat istimewa untuk kaum muslimin muslimat pada bulan suci Ramadan ialah segala jenis amal ibadah dan perbuatan baik yang kita lakukan didasari atas keikhlasan serta karena Allah SWT, maka kita pun akan mendapatkan ganjaran dan pahala yang berlipat ganda.

Karena itu Dears, jangan kamu sia-siakan amalan ibadah maupun perbuatan baik di bulan penuh berkah ini. Walaupun tidur di bulan ramadan mendapatkan pahala (asal jangan kebablasan tidurnya sampe tidak salat loh, Gaees), akan lebih baik kita mengisinya dengan tadarus, salat sunnah Dhuha, dan masih banyak lagi amalan yang bermanfaat dan yang pastinya pahalanya berlimpah.

Bila di pagi hari hingga petang kita berpuasa, nah, di malam hari amalan yang tidak boleh kita tinggalkan adalah salat sunnah Tarawih, meski hanya sunnah puasamu takkan lengkap tanpa Tarawih. Salat Tarawih dapat dilakukan berjamaah ataupun sendiri, namun jika kamu ingin memperoleh pahala yang lebih, maka salat tarawih jama'ah di mesjid akan lebih baik bagimu.

Sedekah dengan Memberi Makan Pada yang Berpuasa

Gaess, kalian pasti tahu manfaat dari sedekah itu, tak ada kata miskin bila kita bersedekah melainkan akan diberikan rezki yang berlimpah oleh Allah Azawajalah. Tapi perlu kalian ketahui juga makna rezki tak hanya berupa uang, rezki itu dapat berupa rezki kesehatan, terhindar dari bala atau musibah, penghapus dosa-dosa dan masih banyak yang lain rupa dari rezki itu.

Maka sebaiknya-baikknya manusia itu yang menerima segala nikmat yang diberi dan bersyukur atas rezkinya. Karena kadang manusia menjadi kufur ni'mat, padahal ia memperoleh rezki yang lebih tapi tidak bersyukur hanya karena tidak mendapatkan yang diinginkan. Apakah kamu tahu Dears, mungkin saja permintaanmu itu tidak baik untukmu. Karena itulah Allah memberi yang lain. Sebab Allah tahu apa yang terbaik bagi umat-Nya, termasuk kamu Dears.

Bersedekah dengan memberikan makanan kepada orang yang berpuasa di bulan yang berkah, maka takkan terbayang pahala yang akan kamu dapatkan. Jika kamu bersedekah di bulan Ramadan rezkinya dilipat gandakan barkali lipat,  apalagi memberi makan pada orang yang berpuasa dan pada anak yatim. Kita memberi makan orang yang berpuasa saja, maka kamu akan memperoleh pahala puasa dari orang yang kita beri makan itu.

Jadi, misalnya nih, kamu menyiapkan 100 takjil untuk jama'ah di masjid yang berbuka puasa di masjid tersebut. Nah, setiap takjil yang dimakan oleh orang yang berbuka itu, di situ kamu akan mendapatkan pahala yang sama persis dari orang tersebut. Masya Allah, mantul kan Dears.

Dibukanya Pintu Surga Lebar Lebar dan Ditutup Rapat Pintu Neraka

Karena banyaknya amal ibadah yang disyariatkan ketika bulan Ramadan, membuat orang-orang jadi mudah untuk masuk ke dalam surga. Seperti halnya dijelaskan pada Q.S. An-Nahl ayat 32 yang artinya: ''Masuklah kamu ke dalam surga itu dikarenakan apa yang telah kamu kerjakan''

Selain itu, di bulan suci Ramadan pintu neraka pun ditutup. Hal ini disebabkan sedikitnya maksiat yang dilakukan pada bulan Ramadan. Hal ini diterangkan dalam Q.S. An-Nazi'at ayat 37-39 yang artinya: ''Adapun orang yang melampaui batas[37]Dan lebih mengutamakan kehidupan dunia[38]Maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya)[39]''.

Memaknai berkah Ramadan pasti tak akan ada habisnya bila dibahas. Namun di bulan yang suci ini, ada baiknya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk beramal shalih. Agar kita selalu mendapatkan berkahnya terutama Malam Lailatul Qadar.

Aliaarf.com

No comments:

Post a Comment

Followers

SUBSCRIBE