Post Top Ad

Post Top Ad

7 Tips Melahirkan Bayi Sehat Walafiat

7 Tips Melahirkan Bayi Sehat - Bagi wanita yang sedang hamil, menjaga kandungan tentu hal yang sangat penting dilakukan agar bayi dalam kandungan sehat walafiat sampai ia dilahirkan. Kadang kebiasaan yang tidak sehat dilakukan ibu hamil padahal hal tersebut tidak baik untuk dedek bayi.

Kebiasaan seperti begadang atau merokok rentan menyebabkan masalah yang akan berdampak pada bayi, terutama ketika kamu melahirkan nanti.
Ibu hamil harus mempraktikkan pola hidup yang sehat selama hamil agar terhindar dari berbagai risiko yang akan mengganggu kesehatan bayi. Nah, beberapa pola hidup yang harus diterapkan pada ibu hamil akan diurai di bawah ini, so, simak baik-baik yo, mom's.

Baca Juga
5 Cara Membersihkan Telinga Anak yang Baik dan Benar
Manfaat MPASI dari Bahan Organik untuk Buah Hati Bunda

tips_melahirkan_bayi_sehat_walafiat
Dears, Agar Bayi Kamu Lahir Sehat Walafiat, Ini 7 Tips yang Perlu Dipraktikan Ibu Hamil, Tribunews.com

7 Tips Supaya Ibu Hamil Melahirkan Bayi Sehat Walafiat

Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein

Dears, kamu tahu gak? kafein dan alkohol ini adalah minuman yang perlu kamu hindari selama menjalankan program hidup sehat, nah, hal ini juga termasuk saat kamu hamil. Kedua kandungan ini dapat ditemukan dalam minuman keras, minuman bersoda, kopi, teh, dan cokelat.

Apabila ibu hamil mengonsumsi kafein tidak dikontrol terutama alkohol, maka pertumbuhan bayi dalam kandungan akan terhambat. Tak hanya itu, bayi kamu pun rentan terhadap risiko lahir cacat dan buah hati kamu mengalami keterbelakangan mental. Sebaiknya ibu hamil memperbanyak konsumsi air putih.

Alternative air putih tak hanya baik untuk bayi, si ibu pun mendapatkan manfaatnya. Tapi bagaimana bila kamu memiliki kebiasaan minum kopi sehari lebih dari dua cangkir. Nah, kalau begini lebih baik mengurangi mengonsumsi kafein ini sedini mungkin, supaya jika kamu hamil sudah bisa mengontrol kebiasaan tersebut.

Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Masa-masa kehamilan merupakan moment dimana sang ibu hamil perlu memperhatikan gaya hidup mereka dan berpedoman pada gaya hidup yang lebih sehat, terutama pada sisi makanan. Tentu ibu hamil harus menjaga makanannya, karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil itu pun yang ikut dikonsumsi si bayi dalam kandungan.

Dears, coba kamu bayangkan bila si ibu makan makanan yang tidak sehat, hal ini akan berpengaruh pada asupan gizi yang dibutuhkan bayi pastinya berkurang hingga mengakibatkan berat badan jabang bayi terlalu ringan ketika dilahirkan.

Namun, jumlah nutrisi yang diperoleh ibu hamil tidak dilihat dari banyak makanan yang ia makan, melainkan dari segi kandungan mineral, protein, dan kalsium di dalam makanan tersebut. Oleh karena itu, ibu hamil haruslah memperhatikan dan memilih makanan secermat mungkin sebelum masuk ke mulut.

Makan Kacang Almond Secara Rutin

Selain rasanya yang enak kacang almond sangat kaya akan Vitamin B2, B9, E, protein, dan juga serat yang sangat baik bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan. Kacang almond pun berguna untuk menambah energi, melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, mengatasi alergi, serta menjaga sistem kekebalan tubuh pada bayi saat ia lahir.

Tak perlu bingung atau cemas akan sulit mendapatkan kacang almond, sebab kacang yang memiliki nama ilmiah Prunus dulcis ini bisa kamu temui dalam beragam camilan sehat yang biasanya dijual di supermarket, misalnya ada pada biskuit, roti, atau coklat. Dengan nengonsumsi kacang almond secara teratur dan dalam jumlah yang tepat, maka janin pun akan merasakan manfaatnya.

Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Normalnya bagi orang dewasa butuh waktu tidur setidaknya selama 6-8 jam per hari. Nah, lalu berapa lama sebaiknya waktu tidur ibu hamil?

Tentunya ibu hamil memerlukan waktu tidur yang lebih panjang lagi dari waktu normal. Hal ini disebabkan ibu hamil mudah sekali lelah pada saat ia menjalankan aktivitas hariannya. Oleh karena itu, tidur yang cukup bagi ibu hamil bisa memulihkan tenaga jadi ia tidak mudah lelah.

Tak hanya tidur yang cukup, ibu hamil pun memerlukan tidur yang berkualitas. So, pastikan bila kamu hamil agar tidak memikirkan hal-hal yang akan membuat kamu berpikir keras ketika akan beranjak tidur hal ini perlu dilakukan supaya terhindar dari tidur yang tak nyenyak.

Jauhi Olahraga yang Terlalu Ekstrim

Semasa kehamilan, sang ibu sangat disarankan melakukan olahraga dengan teratur supaya memperlancar proses persalinan, apalagi untuk persalinan secara normal. Akan tetapi, perhatikan jenis olahraga yang dicoba terlebih dahulu.

Itu sebabnya Dears, kamu harus hindari olahraga yang kelewat ekstrim hingga bisa menyebabkan keguguran, contohnya sit up, push up, dan mengangkat beban. Sebetulnya olahraga sangat disarankan untuk ibu hamil itu seperti jalan sehat, senam, renang, maupun yoga. Pastikan pula si ibu berolahraga secara teratur sehingga tubuhnya tetap bugar meski sedang hamil.

Menghindari Produk yang Terdapat Kandungan Bahan Kimia

Mengenai bahan kimia ini ternyata tidak hanya terdapat pada makanan saja. maka dari itu Dears, ibu hamil harusnya memperhatikan kandungan yang ada di dalam produk kecantikan yang kamu punya. Hindari kosmetik yang mengandung bahan kimia seperti merkuri, retinoid, AHA, dan zat lain yang terbukti membahayakan kesehatan si ibu dan kandungannya.

So, mom's pilihlah produk kosmetik yang kandungannya memakai bahan-bahan alami dan ditujukan memang khusus untuk ibu hamil. Nah, untuk lebih aman, ibu hamil bisa mencoba dengan membuatnya sendiri. Misalkan, produk masker yang dibuat dari bahan alami seperti bengkuang atau timun yang telah dihaluskan.

Memeriksa Keadaan Janin Secara Rutin

Untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi baiknya ibu hamil lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin, hal ini dimaksudkan agar memastikan keadaan ibu serta janin apakah dalam kondisi sehat atau sebaliknya?

So, Dears, jauhi kebiasaan mengundur ataupun menunda waktu pemeriksaan kandungan bila waktunya telah tiba.

Saat akan melakukan pemeriksaan baiknya kumpulkan info dokter kandungan terbaik lalu pilih dokter kandungan terbukti terbaik dan dapat menjamin kesehatan janin kamu. Karena itu, percayakan kesehatan janin mu pada satu orang dokter saja, hal ini dilakukan agar terhindar dari perbedaan informasi mengenai pertumbuhan serta perkembangan bayi dalam kandungan.

So, mom's jaga kesehatan sebelum kamu menyambut kedatangan buah hati ke dunia ini.

Sebab, kesehatan bayi dalam kandungan sangat tergantung dari gaya hidup yang kamu terapkan semasa kehamilan. Oleh karenanya, lakukan pelbagai tips ibu hamil melahirkan bayi sehat walafiat yang telah dijabarkan di atas supaya buah hatimu akan lahir dengan sehat. Pastikan pula kondisi kesehatan dirimu terjaga dengan baik sampai proses persalinan bayi mungil dapat berjalan lancar saat waktu kelahiran tiba.

Take care and Happy Pregnancy Dears.

#ODOP day 3
#Estrilook Community

No comments:

Post a Comment